√7 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format [Ampuh]

By

Apa kamu mendapatkan pesan “you need to format the disk in drive :E before you can use it” saat memasang flashdisk ke komputer? Pesan ini muncul karena flashdisk yang kamu miliki mengalami masalah pada sistem lalu minta di format. Pilihan yang bisa kamu ambil hanya 2, yaitu format disk atau cancel. Lalu bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang minta format seperti ini.

Dalam kondisi semacam ini kamu pasti akan sangat bingung. Apalagi jika dalam flashdisk kamu terdapat data penting.

Kamu mungkin bisa saja mengatasi masalah ini dengan mudah, yaitu dengan klik format saja. Tapi data di flashdisk kamu akan hilang dan akan sulit untuk kamu kembalikan.

Agar data kamu di flashdisk tetap aman, maka kamu harus klik cancel. Lalu kamu atasi pesan flashdisk minta format di atas dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format Terus

Mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca sebenarnya sangat mudah. Malahan sudah ada banyak orang yang membagikan solusi untuk hal ini dengan baik dan detail.

Namun bagi kamu yang belum menemukan cara yang work (OK), mungkin artikel ini bisa menjadi solusi yang tepat. Karena saya tulis dari pengalaman pribadi secara langsung.

Cara ke 1: Menggunakan CMD Administrator

Cara pertama ini mirip seperti cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca yang sudah saya tuliskan beberapa hari lalu. Dengan menggunakan CMD, kamu bisa rapairing flashdisk dengan mudah.

  • Colokan flashdisk ke komputer. Pasang flashdisk pada USB komputer atau laptop yang kamu miliki. Jika muncul pesan minta di format seperti di atas, hiraukan saja
  • Buka CMD administrator. Buka apliksi CMD administrator dengan cara klik tombol start atau tombol Windows dari keyboard komputer kamu, lalu ketikan “CMD” pada kolom pencarian, klik “cmd.exe”
cara memperbaiki flashdisk yang minta format
Halaman Start CMD di WIndows
  • Ketik perintah cek flashdisk. Kamu langsung ketik saja kalimat ini: ” chkdsk E:f ” tanpa tanda kutip. Huruf F di sini adalah letak flashdisk kamu di komputer. Apakah di disk E, F, G, H atau yang lainnya. Jika ada di tempat lain, maka ganti sesuai dengan letak flashdisk kamu di komputer. Setelah itu, tekan tombol enter
  • Tunggu proses scanning and repairing berlangsung. Proses perbaikan flashdisk akan berlangsung beberapa menit. Tunggu saja sampai prosesnya selesai

Untuk mengetahui letak flashdisk di komputer, kamu bisa buka Windows Explorer. Apabila proses scanning dan perbaikan flashdisk sudah selesai, maka akan muncul keterangan sukses dan data kapasitas flashdisk.

Oh ya, cara ke 1 ini juga bisa kamu gunakan untuk memperbaiki flashdisk OTG yang rusak lho. Caranya juga sama persis seperti ini.

Cara ke 2: Menggunakan Terminal USB

Cara lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang minta format terus menerus adalah dengan menggunakan Port USB lain. Salah satunya bisa pakai terminal USB.

Terminal USB memiliki banyak Port yang bisa dipilih untuk memasang flashdisk. cara ini bisa digunakan jika flashdisk yang minta di format tersebut memang karena kerusakan pada USB komputer atau laptop.

  • Pilih terminal USB baru. Baru di sini gak harus kamu beli dulu kok. Kamu bisa pakai terminal USB yang sudah lama gak di pasang USB lain. Minimal 1-2 jam gak dipakai perangkat lain
  • Colokan flashdisk ke terminal USB. Kamu colokan flashdisk ke salah satu Port terminal USB. Cobain satu persatu sampai menemukan Port USB yang bagus. Di mana jika ada Port USB yang bagus, tidak akan muncul pesan minta di format

Perangkat komputer atau laptop memiliki kemampuan untuk mendeteksi perangkat USB karena tergantung dari driver.

Driver ini adalah sekumpulan file yang bisa diinstal agar sistem operasi dapat mengenali sekaligus dapat berinteraksi dengan perangkat keras (hardware) yang terhubung dengan komputer atau laptop, seperti Printer, Modem ataupun flashdisk.

Dalam kasus flashdisk minta di format, bisa jadi karena terjadi kesalahan pada sistem driver flashdisk itu sendiri. Sehingga mengakibatkan salah satu Port USB mendeteksinya sebagai RAW.

Jadi, dengan menggunakan terminal USB ini maka akan membuat driver tersebut berfungsi dengan baik. Kalaupun tidak menggunakan terminal USB, kamu bisa colokan flashdisk dari USB satu ke USB lain di komputer yang kamu gunakan.

Cara ke 3: Restart Komputer atau Laptop

Cara ketiga yang bisa digunakan adalah dengan merestart komputer atau laptop yang kamu gunakan. Ini merupakan cara memperbaiki flashdisk yang minta format tanpa menghilangkan data di flashdisk.

Cara ini seperti cara kedua. Di mana indikasi dari munculnya permintaan format ini dari kesalahan driver pada komputer kamu. Maka untuk atasinya, kamu bisa langsung restart komputer yang kamu gunakan.

  • Cabut flashdisk dari komputer. Pastikan flashdisk tidak terpasang pada komputer. Jika masih terpasang, maka cabutlah terlebih dahulu agar driver bisa kembali ke posisi awal
  • Restart komputer. Kemudian kamu restart komputer. Tekan tombol start pada keyboard, kemudian klik pada menu restart
  • Tunggu sampai komputer nyala. Tunggu beberapa saat sampai komputer muncul screen sever
  • Colokan kembali flashdisk ke USB komputer. Silahkan kamu colokan kembali flashdisk pada USB komputer. Coba beberapa USB, jika satu USB masih muncul permintaan format

Jika flashdisk kamu tidak bermasalah pada hardware, maka cara ini cukup bagus digunakan untuk atasi masalah flashdisk yang minta di format. Jika tidak bekerja dengan baik, gunakan cara lain.

Cara ke 4: Colokan Flashdisk ke Komputer Lain

Apabila cara ketiga masih tidak dapat mengatasi masalah flashdisk minta di format, maka kamu bisa gunakan cara ke empat dengan memanfaatkan komputer lain. Cara ini mirip seperti cara ke dua.

  • Pilih komputer dengan sistem operasi yang sama. Saya sarankan untuk menggunakan komputer dengan sistem operasi yang sama. Hal ini agar tidak menimbulkan maslah yang baru
  • Colokan flashdisk ke USB komputer. Kamu colokan ke USB komputer lain. Coba semua USB komputer tersebut
  • Lakukan berulang-ulang. Lakukan sampai kamu benar-benar yakin

Cara ke 5: Menggunakan Antivirus

Di khawatirkan terkena virus, maka kamu bisa mengatasi masalah flashdisk yang minta di format ini dengan menggunakan anti virus. Saya sarankan pakai Smadav pro agar lebih aman.

  • Pasang aplikasi smadav pro. Pasang smadav pro pada perangkat komputer kamu
  • Colokan flashdisk. Pasnag flashdisk pada perangkat komputer kamu. Jika ada pesan minta format, acuhkan saja
  • Scan flashdisk dengan Smadav. Scanning flashdisk dengan menggunakan Smadav
  • Tunggu proses scanning selesai. Proses scanning akan berlangsung. Tunggu sampai prosesnya selesai
  • File yang mencurigakan atau yang terdeteksi virus hapus saja. Jika ada virus yang terdeteksi atau ada file yang aneh, maka hapus saja dari Smadav

Cara ke 6: Gunakan Aplikasi Pengambil data

Jika ke 5 cara memperbaiki flashdisk yang minta format di atas tidak dapat mengatasi masalah dengan baik. Maka kamu selamatkan saja data di flashdisk dengan menggunakan aplikasi pengambil data.

Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk menyelamatkan data kamu di flashdisk dengan muda. Salah satu aplikasi yang bagus digunakan adalah minitool.

  • Download aplikasi minitool. Download terlebih dahulu aplikasi minitool melalui halaman resminya di minitool.com
  • Kemudian Instal minitool. Instal aplikasi minitool pada komputer yang kamu miliki
  • Buka aplikasi minitool. Klik kanan pada aplikasi minitool, pilih dan klik open
  • Cari data flashdisk. Pada aplikasi minitool tadi, kamu scrool ke bawah, cari menu minitool data recovey. Pilih menu removable disk, klik scan, akan muncul nama-nama file di flashdisk.
  • Simpan file dari flashdisk. Pilih nama-nama file dari flashdisk yagn ignin kamu simpan ke direktori komputer

Cara ke 7: Format Flashdisk

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki flashdisk yang minta di format terus menerus adalah dengan format flashdisknya secara langsung. Namun pastikan, data-data di flashdisk sudah kamu backup menggunakan cara ke 6.

Karena jika tidak maka, kamu akan kehilangan semua data di flashdisk kamu tersebut.

  • Colokan flashdisk ke komputer. Pasang flashdisk ke komputer, kamu bisa pasang di USB mana saja
  • Klik format disk. Jika muncul keterangan “you need to format the disk in drive :E before you can use it” maka kamu klik format disk
  • Tunggu sampai selesai. Proses formating flashdisk akan berlangsung. Tunggu sampai prosesnya selesai

Setelah kamu lakukan format pada flashdisk, maka tidak akan muncul pesan minta di format kembali.

Faktor Penyebab Flashdisk Minta di Format

Flashdisk mengalami masalah minta di format terus menerus bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

Faktor ke 1: Terkena Virus

Virus pada Flashdisk bisa mengakibatkan banyak masalah, salah satunya adalah akan muncul pesan minta di format secara terus menerus. Hal ini karena terjadinya kerusakan pada sistem Flashdisk ataupun file di dalamnya.

Atau bahkan komputer yang terkena serangan virus. Sehingga mengakibatkan kerusakan pada driver USB Flashdisk. Hal ini akan membuat driver tidak dapat bekerja dengan baik.

Faktor ke 2: Pemindahan File Terganggu

Pada proses pemindahan data, pastikan semau berjalan dengan baik dan lancar. Jika terganggu, file tidak terkirim dengan baik atau dihentikan secara mendadak, maka akan membuat Flashdisk menjadi RAW.

Ini akan sangat mengganggu sistem dan kinerja driver. File pada Flashdisk tidak akan dapat terbaca dengan sempurna yang membuatnya muncul pesan eror seperti minta di format.

Faktor ke 3: Sistem Tidak Dikenali

Pada tingkatan tertentu, komputer memiliki proteksinya tersendiri. Sehingga mengakibatkan, munculnya pesan eror. Ini merupakan implikasi dari perlindungan komputer terhadap data-data asing.

Bisa jadi, Flashdisk kamu pernah digunakan pada komputer lain dengan sistem operasi yang berbeda. Seperti kamu pernah menggunakan dan menyimpan data dari komputer lain dengan sistem operasi berbeda baik linux ataupun lainnya yang tidak sama dengan sistem operasi di komputer kamu.

Faktor ke 4: Flashdisk Sudah Rusak

Bisa jadi, Flashdisk yang kamu miliki memang sudah rusak dan usang. Sehingga mengubah sistem yang ada pada Flashdisk kamu tersebut. Hal ini mengakibatkan driver tidak dapt membaca sistem pada Flashdisk dengan baik.

dari ke 7 cara memperbaiki flashdisk yang minta format, mana yang paling worth it digunakan? Saya sudah menggunakan semuanya. Cara ketujuh yang paling baik menurut saya.

Karena toh, walaupun bisa diperbaiki, ada kemungkinan data bisa hilang. Jadi mending saya amankan terlebih dahulu datanya sebelum pakai cara penanganan yang lain.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.