7 Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak Hanya 1-2 Menit

By

Cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak sebenarnya sangat mudah. Jika kamu sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, kamu juga pasti bisa memperbaiki flashdisk OTG dengan mudah. Karena caranya yang cuma gitu-gitu doang aja sih.

Flashdisk OTG atau Flashdisk On The Go merupakan jenis Flashdisk multifungsi yang memungkinkan perangkat USB seperti android, IOS ataupun lainnya bisa dipasang padanya dengan mudah.

Masalahnya, saat kita gunakan pada perangkat ponsel android ataupun lainnya, kadang USB OTG sering mengalami masalah. Seperti Flashdisk tidak terbaca, Flashdisk terbaca tapi datanya tidak muncul dan masih banyak keluhan lainnya.

Masalah ini lebih sering dialami ketika dipasang pada perangkat ponsel pintar seperti android ataupun IOS. Lantas bagaimana cara mengatasi flashdisk OTG yang rusak?

Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak

Di artikel ini saya akan coba jelaskan beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki Flashdisk OTG dengan mudah. Kamu mungkin bisa menggunakan salah satu cara dari beberapa cara yang saya tulis ini.

Adapun beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki Flashdisk OTG, di antaranya yaitu:

Cara ke 1: Cek Kabel USB OTG

Kita mulai dengan mengecek kabel USB OTG terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kabel USB baik-baik saja. Cara ini paling mudah digunakan untuk memastikan USB OTG yang kamu miliki.

  • Siapkan HP lain. Untuk memastikan bahwa USB OTG kamu baik-baik saja, maka cek dengan menggunakan ponsel lain. Kamu bisa pinjam ponsel teman kamu ataupun ponsel kamu lainnya yang support ke USB OTG
  • Hubungkan alat tersebut ke ponsel. Kamu hubungkan USB OTG ke perangkat ponsel lain. Jika masih tidak berfungsi, maka dipastikan bahwa USB OTG kamu memang rusak

Cara ini dapat memastikan bahwa USB OTG kamu baik-baik saja. Sehingga kamu bisa memastikan dengan apakah Flashdisk OTG kamu rusak atau tidak. Jika di ponsel alin bagus, tentu Flashdisk OTG kamu baik2 saja.

Cara ke 2: Cek Flashdisk di Komputer

Selain di ponsel, kamu juga bisa cek Flashdisk OTG kamu dengan menggunakan perangkat komputer (PC). Cara ini juga sama seperti dengan menggunakan cara pertama. Hanya beda jenis perangkat yang kamu gunakan.

  • Hubungkan Flashdisk ke komputer. Hubungkan Flashdisk OTG ke komputer ke bagian USB komputer mana saja yang kamu mau
  • Pastikan Flashdisk terbaca di komputer. Pastikan bahwa komputer bisa membaca Flashdisk OTG yang kamu pasang
  • Cek format Flashdisk. Setelah itu, kamu cek juga format dari Flashdisk yang kamu pasang. Pastikan format Flashdisk dalam tipe FAT atau FAT32. Jangan kamu gunakan file sistem NTFS. Karena beberapa jenis ponsel tidak dapat membacanya

Dengan cara ini, kamu bisa tahu kondisi Flashdisk OTG yang kamu miliki apakah bermasalah ataukah baik-baik saja.

Cara ke 3: Restart HP atau Komputer

Dalam kondisi tertentu, ponsel ataupun komputer sering kali mengalami eror pada sistem mereka. Sehingga bisa jadi kemungkinan ada kesalahan pada saat membaca USB OTG yang kamu koneksikan ke komputer ataupun ke ponsel yang kamu gunakan.

  • Cabut Flashdisk OTG dari ponsel atau komputer. Apabila Flashdisk masih terpasang pada perangkat komputer ataupun ponsel yang kamu gunakan, maka segera cabut terlebih dahulu agar tidak mengacaukan sistem
  • Restart Komputer atau ponsel. Kemudian, kamu restart ponsel tersebut dengan klik tombol power, lalu pilih dan klik restart.
  • Tunggu proses restart selesai. Proses restart akan berlangsung secara otomatis. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai
  • Hubungkan kembali Flashdisk OTG ke perangkat. Jika proses restart selesai, silahkan kamu hubungkan kembali Flashdisk OTG ke perangkat komputer ataupun ponsel

Jika masalahnya teratasi dengan baik, maka Flashdisk OTG kamu akan dapat terhubung ke ponsel ataupun PC yang kamu gunakan. Tapi jika tidak, kamu gunakan cara lainnya.

Cara ke 4: Instal Ulang Driver USB

Salah satu faktor kenapa Flashdisk OTG kamu bisa rusak, mungkin karena driver Flashdisk tersebut mengalami kerusakan pada sistemnya. Jika terjadi semacam ini, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara menginstal ulang driver USB teresbut.

  • Hubungkan flashdisk OTG ke komputer. Pertama kamu hubungkan dulu flashdisk OTG ke komputer. Kamu bebas mau coloki ke USB komputer manapun
  • Buka Cpanel (control Panel). Untuk membukanya, kamu cuku klik pada menu start atau tekan tombol Windows di keyboard, lalu pilih dan klik control panel atau panel kontrol
cara memperbaiki flashdisk otg yang rusak
Ilustrasi Cara Memperbaiki Flashdisk OTG yang Rusak
  • Pilih hardware and sound. Akan muncul banyak pilihan, silahkan kamu pilih hardware and sound yang bergambar printer
  • Pilih Driver manager. Untuk mulai proses intalasi, kamu pilih driver manager. Kemudian cari universal serial bus controler
  • Pilih USB dan uninstal. Jika USB flashdisk kamu bermasalah akan muncul tanda seru berwarna kuning. Klik kanan pada USB flashdisk tersebut, klik uninstal. Tunggu sampai proses selesai. Jika sudah selesai cabut kembali USB flashdisk OTG tersebut
  • Hubungkan kembali USB. Setelah proses instalasi selesai, kamu pasang kembali USB flashdisk tersebut

Cara ke 4 ini adalah prosedurnya adalah dengan menghapus driver lama dan menginstal driver baru. Pada saat kamu pasang kembali USB flashdisk, itu langsung instal ulang drivernya.

Cara ke 5: Menggunakan HDD Low Level Format

Cara ke lima ini bisa memperbaiki flashdisk OTG kamu dengan lebih mudah. Adapun langkah-langkah cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak dengan HDD low level format adalah:

  • Hubungkan flashdisk ke komputer. Kamu pasang USB flashdisk ke komputer terlebih dahulu
  • Unduh software HDDGURU Low Level Format. Kamu bisa unduh software ini di hddguru.com melalui browser Google chrome ataupun browser lain yang terpasang di komputer kamu
  • Instal program HDDGURU. Buka file HDDGURU yang sudah diunduh, kemudian klik kanan, pilih dan klik run administrator, tunggu proses instalasi hingga selesai
  • Format flashdisk. Setelah itu, kamu format saja flashdisk kamu tersebut seperti kamu format biasa

Cara ke 6: Menggunakan Write Protected

Cara ke enam ini juga masih dibantu dengan menggunakan tools lain yaitu tools Write Protected. Tools ini akan membantu memperbaiki flashdisk OTG kamu dengan mudah.

Namun untuk dapat menggunakan tools ini, kamu akan membutuhkan aplikasi CMD. Adapun cara menggunakannya adalah:

  • Buka aplikasi CMD. Tekan tombol start, ketikan CMD lalu enter
  • Ketikan perintah diskpart. Ketik diskpart, lalu enter
  • Ketik list disk. Selanjutnya kamu ketik list disk untuk melihat media penyimpanan yang tersedia. Lalu pilih select disk 2 (tergantung dari posisi flashdisk OTG kamu)
  • Ketik perintah attributes disk clear readonly. Kemudian klik clean, lalu crate participation primary
  • Ketik perintah format. Ketika saja fs=fat32 (fat32 dapat diganti dengan ntfs, sesuai kebutuhan)
  • Klik exit. Prosesnya sudah selesai, kli exit saja

Cara ke 7: Menggunakan Flashdisk Merek Lain

Kamu juga bisa menggunakan Flashdisk merek lain agar lebih simpel tanpa harus kamu ikuti langkah-langkah cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak ini.

Kamu pilih jenis flashdisk lain yang beda merek dan spesifikasinya. Jangan lupa untuk tes terlebih dahulu sebelum membelinya.

Faktor Penyebab Rusaknya Flashdisk OTG

Rusaknya flashdisk OTG kamu bisa disebabkan oleh banyak hal. Kamu harus paham hal ini agar bisa menentukan cara perbaikan yang tepat. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada flashdisk OTG, yaitu:

  • Kelamaan digunakan atau sudah terlalu lama
  • Flashdisk kotor dan jarang dibersihkan
  • Flashdisk kena virus
  • Mengalami eror sistem pada USB komputer atau ponsel
  • Beda sistem operasi
  • ketidakmampuan ponsel membaca sistem driver Flashdisk OTG yang kamu miliki

Dan masih banyak lagi faktor lain yang bisa menyebabkan rusaknya Flashdisk OTG kamu. namun apa pun itu faktor penyebabnya, cara memperbaiki flashdisk OTG yang rusak tersebut bisa kamu gunakan salah satu cara di atas.