Cara Memilih Payroll Service Online untuk Bisnis
Ilustrasi Data payroll

Cara Memilih Payroll Service Online Untuk Bisnis Anda

Diposting pada

Cara Memilih Payroll Service Online Untuk Bisnis- Setiap bisnis perlu menjalankan sistem penggajihan karyawan  atau staf yang harus dibayar.  Banyak perusahaan saat ini memilih payroll service online untuk membuat proses penggajian lebih sederhana dan lebih nyaman.

Pada umumnya, payroll service online beroperasi pada sistem cloud. Sistem ini tidak memerlukan server sendiri untuk dipasang atau dipelihara, dan bisnis dapat dikelola dan dijalankan dari mana saja. Jika Anda mencari payroll service online pada tahun 2018 ini, berikut semua hal yang perlu diketahui tentang payroll dan bagaimana cara memilih payroll service online untuk bisnis. Sudah tahu apa yang Anda cari?

Fasilitas Payroll  Service Online

Apa saja fasilitas dari sebuah payroll service online? Payroll service online biasanya mencakup berbagai layanan:

  1. Proses administrasi penggajian

Payroll service online otomatis menghitung berapa banyak karyawan yang harus dibayar setiap periode pembayaran. Sistem ini memperhitungkan perbedaan shift, lembur, hari libur dan pajak, serta jaminan sosial dan pemotongan manfaat. Kemudian, setelah semua data lengkap dan siap dieksekusi, perusahaan dapat melakukan pembayaran kepada karyawan dengan setoran langsung, kartu debit prabayar atau cek kertas.

  1. Integrasi

Payroll service online dapat berintegrasi dengan berbagai program bisnis yang terkait penggajian yang sudah digunakan, seperti sistem waktu dan kehadiran kerja karyawan, bonus, potongan pajak, dan lainnya. Biasanya, layanan ini akan mampu langsung melacak banyaknya cuti dan jam kerja karyawan yang diterima dan yang digunakan perusahaan atas jasa kerjanya.

  1. Akses seluler

Sebuah payroll service akan menawarkan aplikasi seluler atau situs web mobile-friendly yang memungkinkan bisnis dikelola dan dijalankan dari seluler atau tablet.

Biaya Payroll  Service Online

Setelah anda mengetahui manfaatnya, biasanya pembicaraan biaya akan menjadi tahap penelitian selanjutnya. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk penggunaan payroll service Online?

Biaya payroll service akan bervariasi, tetapi kebanyakan mengikuti struktur penetapan harga standar yaitu biaya dasar tetap yang dibebankan per bulan atau per periode pembayaran untuk setiap per pengguna. Provider akan menawarkan beberapa rencana harga untuk berbagai tingkat layanan. Berikut ditampilkan contoh harga yang diberikan oleh LinovHR sesuai dengan paket yang dibutuhkan oleh sebuah kebutuhan bisnis perusahaan.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Payroll Service?

Tidak semua provider menawarkan tingkat layanan yang sama. Berikut adalah beberapa hal spesifik yang harus dicari oleh bisnis anda dari penyedia payroll service, termasuk:

  1. Fitur

Selain proses penggajian dan penanganan semua kewajiban pajak, harus dipertimbangkan apakah payroll service memberikan opsi pembayaran, seperti setoran langsung, cek kertas atau kartu debit prabayar.

  1. Kemudahan penggunaan

Payroll service yang terbaik adalah payroll service yang tidak terlalu rumit untuk dipahami. Pengoperasian harus mudah digunakan dan memungkinkan mengelola administrasi penggajian ke dalam sistem dalam hitungan menit.

  1. Biaya

Bisnis selalu ingin mencari layanan yang sesuai dengan kemampuan finansial perusahaannya. Selain biaya, perlu ditentukan juga apakah kontrak diperlukan. Banyak payroll service beroperasi dalam basis bulan ke bulan tanpa kontrak jangka panjang, sementara yang lain membutuhkan komitmen tahunan.

  1. Integrasi

Payroll service haruslah terintegrasi dengan program yang sudah anda gunakan, seperti waktu dan sistem absensi dan sistem akuntansi lainnya.

  1. Mandiri

Payroll service harus memungkinkan karyawan untuk mengakses sendiri seluruh data secara digital.

Begitulah setidaknya bagaimana cara memilih payroll service online untuk bisnis Anda saat ini. Seluruh tampilan artikel ini membahas sistem payroll service online LinovHR. Mengapa? Karena LinovHR dipercaya menjadi platform penyedia aplikasi HR dan Payroll terbaik di Indonesia. Ayo coba sekarang juga.