cara membuat website yang menghasilkan uang
Install website Wordpress di Cpanel

Cara Membuat Website yang Menghasilkan Uang Jutaan

Diposting pada

Perkembangan dunia website kian ramai saja, perkembangannya ini tidak jauh dari iming-iming penghasilan yang di gadang-gadang bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. Benarkah Sebuah website bisa menghasilkan uang sebanyak itu? Bagaimana cara membuat website yang menghasilkan uang? Berbagai pertanyaan tersebut biasanya muncul dari para blogger pemula yang penasaran dengan penghasilan  para mastah.

Pada dasarnya website memang bisa menghasilkan uang, namun tidak semua website digunakan untuk menghasilkan uang. Banyak orang yang justru membuat website hanya untuk sekedar mendapatkan popularitas atau hanya sekedar hobi saja.

Jika anda ingin membuat sebuah website yang bisa menghasilkan uang hingga jutaan setiap bulannya maka cara yang harus anda lakukan tentu berbeda dari cara-cara yang orang lain biasa lakukan. Membuat website untuk sekedar hobi dan membuat website dengan tujuan untuk menghasilkan uang caranya sedikit berbeda.

Benarkah website bisa menghasilkan uang?

Tentu saja, sebuah website bisa memberikan uang kepada anda jika anda kelola dengan baik. Banyak orang yang sudah membuktikannya. Sebut saja situs besar ecommerce Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan berbagai situs ecommerce lainnya. Penghasilan mereka milyaran rupiah setiap bulannya.

Selain website ecommerce banyak juga situs lain yang sudah terbukti menghasilkan uang hingga ratusan juta. Banyak cara yang mereka lakukan dalam mengoptimalkan website yang mereka kelola hingga bisa menghasilkan uang.

Siapa yang memberi uang kepada pemilik website?

Pada dasarnya sebuah website bisa menghasilkan uang dengan cara dan teknik tertentu yang disebut dengan “monetize”. Monetize ini adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menghasilkan uang dari sebuah website.

Monetize sebuah website agar bisa menghasilkan uang ini ada banyak cara. Berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa menghasilkan uang diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Memasang jasa, seperti jasa pembuatan website, jasa desain, jasa peulisan, jasa services dan berbagai jasa lainnya yang di tawarkan di website yang anda miliki
  2. Jual produk, jika anda ingin menghasilkan uang dari website maka anda bisa monitize website anda tersebut dengan berjualan produk. Dalam ilmu internet marketing produk yang bisa dijual ada 2 jenis yaitu produk digital dan produk fisik. Produk digital seperti ebook, kumpulan video atau musik. Sedangkan produk fisik adalah produk nyata seperti baju, sepatu, makanan, minuman dan lain sebagainya
  3. Menjadi publisher, selain kedua hal diatas anda juga bisa mendatangkan uang dari website anda dengan menjadi seorang publisher. Di internet ada banyak advertiser yang membutuhkan website anda untuk bekerjasama dengan mereka. Salah satu yang paling populer adalah Google Adsense. Anda tinggal daftarkan saja website yang anda miliki ke Google Adsense. Nantinya anda bisa pasang skrip iklan di web yang anda miliki, dimana setiap ada klik pada iklan tersebut anda akan mendapatkan uang
  4. Pasang iklan banner, jika website yang anda sudah memiliki ribuan pengunjung setiap harinya maka anda bisa pasang iklan banner di website anda. Nanti akan datang pemilik situs lain yang ingin memasang iklan di website anda tersebut

Artikel relevan:Panduan lengkap membuat akun blogger

Cara membuat website yang menghasilkan uang

Membuat sebuah website pada dasarnya sangat mudah sekali. Namun yang sedikit lebih sulit dan butuh kerja keras adalah mendatangkan uang dari website yang sudah dibuat.

A. Install website

Sebelum anda mendapatkan uang dari sebuah website maka terlebih dahulu anda harus memiliki dan membuat websitenya. Membuat website tidaklah sulit, anda bisa membuatnya hanya dalam hitungan menit saja.

Ada banyak platform website yang bisa anda gunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun jika tujuan anda ingin mendapatkan uang dari website maka gunakan yang premium atau berbayar.

Contohnya saya akan memilih dan menggunakan WordPress sebagai platform website saya.

  • Silahkan anda sewa hosting dan beli domain terlebih dahulu, untuk membeli hosting yang bagus anda bisa beli klik disini, jika anda ingin beli domain murah dan bagus maka beli disini
  • Silahkan anda beli hosting dan domain di tempat yang sama, pada link di atas agar lebih mudah menginstall websitenya
  • Setelah anda memiliki domain dan website, maka langkah berikutnya anda tinggi Install websitenya
  • Silakan anda buka Cpanel hosting anda
  • Kemudian anda scrool ke bawah cari menu softaculous apps installer
  • Pilih dan klik WordPress
cara membuat website yang menghasilkan uang
Install website WordPress di Cpanel
  • Klik Install Now
cara membuat website yang menghasilkan uang
Mulai Install website WordPress
  • Halaman selanjutnya anda harus setting pengaturan dasar Install website anda
  • Pada kolom choose protocol pilih jenis porokol yang anda inginkan
  • Pada kolom choose domain pilih domain yang anda inginkan
  • Pada kolom site nama masukkan nama website anda, misalnya carapedi.id
  • Pada kolom set description masukkan deskripsi website anda contoh “situs informasi keren dan menarik”
  • Enable multysite (ceklis jika anda ingin buat website multi)
  • Kolom admin username isi dengan username WP-admin yang akan anda gunakan untuk login ke website anda nanti
  • Kolom admin password isi dengan password Wp-admin yang akan anda gunakan saat login ke website anda nanti
  • Admin email isi dengan email admin website anda
  • Ceklis select plugins
  • Pilih tema dasar website yang akan anda gunakan
  • Jika semua sudah selesai klik pada menu “Install”
cara membuat website yang menghasilkan uang
Setting website WordPress sebelum Install
  • Jika semua sudah selesai selanjutnya anda tinggal login ke website anda dengan mengakses www.domainwebanda.com/wp-admin/ contoh www.carapedi.id/wp-admin. Masuk dengan menggunakan username dan password yang sudah anda buat

B. Update website

Setelah anda memiliki sebuah website yang sudah anda Install maka anda tidak akan langsung mendapatkan aung dari website yang anda buat tersebut. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengupdate website yang anda miliki.

Ini merupakan langkah awal yang harus anda lakukan sebagai orang yang memiliki sebuah website dan ingin menghasilkan uang dari website. Percayalah semua website penghasil uang diluar sana selalu update setiap hari. Maka dari itu anda juga harus update website anda.

update website anda dengan memposting artikel setiap hari. Jangan lupa untuk mengganti tampilan template nya dengan template yang lebih user friendly dan lebih ringan ketika di akses.

Oh ya, dalam update website alangkah baiknya anda update website anda dengan postingan artikel sesuai niche web anda 3 artikel minimal setiap hari dengan panjang artikel minimal 600 kata.

Artikel relevan:Cara buat web dengan hosting sendiri

C. Optimasi website

Sebuah website bisa menghasilkan uang hingga jutaan karena mereka optimasi website mereka dengan baik. Nah begitu juga dengan website yang anda miliki. Agar bisa menghasilkan uang maka optimasi lah situs anda dengan baik.

Tujuannya adalah tiada lain agar website anda bisa bekerja dengan baik, baik untuk mesin pencari maupun untuk manusia agar mudah di temukan. Optimasi perlu dilakukan untuk mendongkrak kinerja website anda lebih baik guna mendatangkan visitor yang banyak.

D. Monetize website

Pada tahapan ke empat yang harus anda lakukan adalah dengan memonetize website. Ini adalah cara yang akan anda gunakan pada website anda agar bisa menghasilkan uang. Monetize website ada banyak cara yang bisa digunakan, mulai dari jual produk, pasang jasa, ataupun daftar jadi publisher seperti google adsense.

Namun dalam melakukan monetize, pastikan monetize sesuai dengan niche website anda.

Artikel relevan:Buat blog di blogger.com

E. Iklankan website

Kunci utama pendapatan sebuah website tergantung dari seberapa banyak visitor yang datang ke website anda. Biarpun produk anda tidak begitu berguna jika yang melihatnya jutaan orang pasti akan terjadi penjualan.

Itulah kenapa saya sarankan anda untuk selalu update website anda dengan banyak artikel agar orang bayak yang datang ke website anda.

Nah selain dengan update mendatangkan visitor juga bisa dengan cara beriklan. Iklankan lah website anda, baik iklan melalui media sosial, melalui Google Ads, atau jika anda punya modal anda bisa pasang iklan di radio atau bahkan di televisi.

Dengan beriklan maka visitor akan datang ke website anda. Selanjutnya tinggal anda mengkonversikannya menjadi uang.

Nah itulah beberapa cara membuat website yang bisa anda gunakan untuk menghasilkan uang. Ini adalah cara yang saya lakukan pada website ini. Pendapatan dari website ini memang masih kecil namun seiring bertambah waktu kemungkinan akan terus naik. Selama ini ya baru cukup untuk bayar kontrakan, makan sama, bayar cicilan dan sedikit jadi uang jajan.

Jika anda tertarik dengan artikel ini, silahkan anda lakukan. Tapi jangan lupa share ke sosial media yang anda miliki. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action