cara membuat vlog
Cara Membuat Vlog | carapedi Indonesia

Cara Membuat Vlog Modal HP Saja! Pemula Wajib Baca!

Diposting pada

Para vlogger pemula banyak yang berpikiran bahwa cara membuat vlog itu butuh biaya yang mahal, harus punya kamera bagus dan lain sebagainya. Padahal kenyataannya, untuk memulai membuat konten video tidak harus melulu menggunakan kamera mahal loh, kamu bahkan bisa membuat konten video hanya dengan menggunakan hp saja.

Apa itu vlog?

Vlog merupakan sebuah konten video yang memiliki tema tertentu serta di kemas dengan konsep dokumentasi jurnalistik yang kemudian di muat pada sebuah halaman website.

Video vlog biasa berisi tentang cerita pribadi, ketertarikan akan sesuatu hal, opini ataupun hal lainnya.

Vlog jika di persepsi kan hampir mirip dengan tayangan yang ada dalam acara televisi, meski pada proses pembuatannya tidak se rumit itu.

Sejarah Vlog!

Buat kamu yang belum tahu, vlog itu berasal dari kata video blog. Yang mana hal tersebut merupakan bagian dari konten sebuah blog yang di kemas dalam bentuk video.

Sebenarnya, istilah vlog ini sudah muncul sejak tahun 2000. Namun di Indonesia baru booming pada tahun 2014 an.

Istilah vlog ini bermula dari seorang blogger Adam Kontras dan Adrian Milles yang pada waktu itu menambahkan video pada konten blog nya yang kemudian mereka menyebutnya dengan istilah vlog (video blog).

Banyak orang yang membuat vlog, apa sih keuntungannya?

Banyak orang yang membuat konten vlog, hal ini tentu bukan tanpa alasan. Perlu kamu ketahui banyak loh keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu membuat vlog dengan konten yang bagus. Nah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah seperti:

  1. Mendapatkan popularitas dan terkenal dimana-mana
  2. Memiliki banyak fans
  3. Bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan
  4. Menyalurkan hobi dan kreatifitas
  5. Mendapatkan uang dengan cara yang menyenangkan

Sulit gak sih membuat vlog?

Jika kamu bertanya seperti ini maka akan saya jawab tidak! Kenapa? Di banyak hal yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan sebuah konten yang bagus.

Namun tentu yang harus kamu pikirkan adalah modalnya. Membuat konten yang bagus memang butuh modal yang lumayan.

Namun kamu jangan dulu berpikir kesana. Karena ternyata cara membuat vlog itu gak mahal-mahal banget. Bahkan kamu bisa mulai membuatnya hanya dengan bermodalkan hp saja loh.

Saya masih pemula bagaimana cara membuat vlog yang bagus?

Kamu masih pemula dan belum pernah membuat vlog? Tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan. Namun dengan catatan kamu mau melakukannya.

Sebagai contoh, cara membuat vlog sebenarnya bisa menggunakan handphone atau smartphone hanya saja kualitasnya berada di bawah vlog dengan kamera DSLR ataupun yang lainnya.

Seharusnya hal tersebut bukanlah masalah jika tujuan anda ingin membuat vlog sukses. Toh orang sukses tidak selalu dari kalangan orang bermodal cukup, melainkan banyak yang berkekurangan.

So manfaatkan apa yang kamu miliki untuk menghasilkan karya luar biasa. Buat vlog dengan hp, kamu bisa mulai dengan cara seperti di bawah ini nih.

1. Manfaatkan kamera handphone saja

Kamu punya handphone atau smartphone? Maka kamu dipastikan bisa membuat vlog. Karena kamera yang terdapat pada handphone atau smartphone jaman sekarang sudah tinggi-tinggi.

Kamu bisa mulai membuat vlog yang kamu sukai dengan menggunakan handphone saja yang kamu miliki.

2. Mulai rekam gambar dengan baik

Meski hanya dengan menggunakan handphone saja, kamu bisa mulai membuat konten vlog. Namun, dalam proses pembuatan vlog nya buatlah dengan sebaik-baiknya.

Nah, agar hasilnya maksimal dan bagus maka rekam video dengan posisi horizontal. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan agar hasil video lebih bagus dan lebarnya sesuai.

Jika anda merekam video dengan posisi kamera portrait maka hasil gambarnya akan kecil dan kurang menarik.

3. Gunakan tripod

Merekam video atau membuat vlog dengan bantuan handphone tentu tidak semudah membuat vlog dengan menggunakan DSLR.

Nah agar kualitas gambar yang di hasilkan bagus maka anda bisa menggunakan tpidod.

Tripod dapat membuat kamera handphone berdiri dengan baik dan tidak goyang-goyang. Sehingga hasil gambarnya lebih bagus dan lebih jernih.

4. Pilih & gunakan aplikasi editing video yang tepat

Untuk membuat vlog dengan kualitas bagus maka kamu harus memilih dan menggunakan aplikasi editing video yang bagus dan yang tepat untuk kamu gunakan.

Jangan sampai asal-asalan karena kualitas vlog dapat di tentukan dengan hasil editing nya. Vlog sejelek apapun jika aplikasi editing nya bagus maka bukan tidak mungkin hasilnya jadi lebih baik.

5. Jangan zoom

Zoom adalah teknik memperbesar objek gambar ketika melakukan perekaman. Nah ketika kamu membuat vlog dengan menggunakan handphone maka sebaiknya jangan sesekali di zoom saat proses record.

Hal ini akan berpengaruh pada kualitas video yang dihasilkan. Biasanya jika anda zoom maka kualitas gambarnya akan pecah dan buram sehingga kualitas vlog menjadi jelek.

Penutup

Nah itulah beberapa cara membuat vlog dengan menggunakan hp yang bisa anda gunakan. Cara ini adalah salah satu cara yang bisa anda manfaatkan untuk membuat konten vlog.

Cara ini tepat sekali di lakukan oleh anda yang memang masih pemula dalam membuat video blog. Dengan cara ini maka anda bisa menyangkal anggapan bahwa membuat vlog harus dengan modal besar.

Gambar Gravatar
Saya Mustakim, seorang lulusan sarjana pendidikan yang tertarik dengan dunia blogging sejak 2017. Kesibukan saya sehari-hari adalah menulis di blog sendiri. Namun, terkadang juga menulis di blog orang lain yang jadi klien saya.