Cara Membuat Surat Izin Sakit Sekolah SD-SMA + 5 Contoh

Ketika kamu mengalami sakit dan tidak memungkinkan untuk masuk sekolah maka kamu harus membuat surat izin sakit kepada pihak sekolah. Selain sebagai bukti ketaatan aturan, juga agar nilai kamu tidak berkurang di mata wali kelas kamu. Namun, apa kamu sudah tahu bagaimana cara membuat surat izin sakit sekolah?

Cara buat surat izin sakit sangat mudah kok. Jika kamu belum memahaminya, artikel ini akan membahasnya untuk kamu. Silahkan simak baik-baik artikel ini.

Format Surat izin Sakit Sekolah

Surat izin masuk sekolah (sakit) termasuk kedalam jenis surat resmi. Maka dari itu penulisannya harus baik dan todak bisa sembarangan. Walau sebenarnya surat izin sakit sekolah ini tidak ada format bakunya.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat membuat surat izin adalah bahasa yang digunakan serta informasi yang jelas. Gaya bahasa penulisan serta detail isi jadi bagian penting dalam penulisan surat izin sakit sekolah.

Adapun format penulisannya secara umum yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

Tanggal Surat

Tanggal surat adalah waktu penulisan surat atau tanggal dimana siswa yang membuat surat meminta izin tidak masuk. Tanggal surat ini ditulis pada bagian pojok kanan atas surat izin masuk sekolah.

Tanggal surat ini penting dicantumkan agar pihak sekolah dan wali kelas tahu kapan siswa tersebut tidak masuk sekolah. Format tanggal surat biasanya adalah tanggal-bulan tahun, contoh 27-Juli-2020.

Tujuan Surat

Tujuan surat adalah alamat atau nama penerima surat. Cara membuat surat izin sakit sekolah pada bagian tujuannya harus ditujukan kepada pihak wali kelas yang bertanggung jawab penuh atas siswa di kelas tersebut.

Cara penulisan tujuan surat izin ini diawali dengan kata hormat terlebih dahulu. Contoh penulisannya yang paling baki adalah dengan menulis Kepada Yth. Wali kelas 8A SMPN 2 Cisewu Garut.

Salam Pembuka

Selain tujuan surat, format surat izin surat sakit selanjutnya yang harus ada pada surat izin adalah salam pembuka. Salam pembuka merupakan rasa hormat pada pembuka surat izin.

Salam.pembuka ini ditulis dengan menggunakan bahasa baku dan resmi. Contoh penulisan salam pembuka paling umu adalah “dengan hormat”.

Data Siswa dan Wali Murid

Dalam surat izin sakit sekolah juga harus ada data siswa dan wali murid pembuat surat. Ini bagian penting dalam sebuah surat izin karena akan menunjukkan siapa yang membuat suratnya dan siapa pula siswa yang meminta izinnya.

Penulisannya dimulai dengan atas nama orang tua, dilanjutkan dengan nama siswa dan data kelas siswa nya.

Isi Surat

Format cara membuat surat izin sakit sekolah berikutnya adalah isi surat. Isi surat izin ini adalah berupa keterangan dan alasan kenapa siswa bersangkutan atau kamu tidak masuk sekolah.

Alasan dan keterangan sakit ini disertai dengan tanggal siswa tersebut tidak masuk sekolah berdasarkan surat keterangan dari dokter.

Penutup Surat

Setelah isi surat, format selanjutnya adalah penutup surat. Dalam penutup surat disampaikan permohonan izin dan rasa terimakasih atas maklum nya ketidakhadiran siswa yang tidak masuk sekolah.

Salam penutup

Bagian terakhir dari surat izin sakit ini adalah salam penutup yang di iringi dengan tanda tangan dan nama orang tua yang membuat surat izin masuk sekolah.

Cara Membuat Surat Izin Sakit Sekolah yang Benar

Mengetik Surat Izin Masuk Sekolah Sendiri di Laptop dan Kirim ke Email Sekolah Juga Bisa lho.

Setelah paham format surat izinnya, sekarang kamu tinggal mulai proses cara pembuatannya. Cara membuat surat izin sakit sekolah ini sangat mudah kok, berikut adalah langkah-langkahnya:

Tulis Tanggal Surat

Langkah pertama kamu harus tulis tanggal dibuatnya surat tersebut. Tulislah persis pada hari dimana kamu membuat surat tersebut. Format penulisannya dibagian depan ditulis nama kota, lalu ikuti tanggal, bulan dan tahun.

Tanggal surat ditulis pada bagian pojok kanan atas surat. Jangan lupa penulisan tempat atau nama kota diawali dengan huruf kapital. Contoh penulisannya seperti ini “Bandung, 30 Juli 2020.

Tulis Tujuan atau Alamat Surat

Langkah kedua, kamu harus menulis alamat atau penerima surat. Karena kali ini kamu membuat surat izin sakit ke sekolah, maka tujuan surat yang kamu buat ditujukan bagi wali kelas kamu.

Tujuan surat ini dibuat pada bagian kiri surat dengan format rata kiri. Penulisan tujuan surat tidak diawali dengan kata “kepada” karena merupakan kata penghubung.

Penulisan tujuan surat diawali dengan kata Yth dan diikuti tanda titik (.). Kemudian tulis penerima surat dalam hal ini adalah wali kelas dengan awalan nama pakai kapital. Tulis alamat sekolah setelah nama penerima surat.

Contoh penulisan tujuan surat kurang lebih seperti ini: Yth. Wali Kelas 9A SLTPN 02 Cisewu-Garut Jalan Desa Nyalindung-Cisewu 44169.

Tulis Salam Pembuka

Langkah ke tiga cara membuat surat izin sakit sekolah adalah menuliskan salam pembuka surat. Salam pembuka ditulis dengan bahasa umum dan formal.

Ini menjadi bagian penting dari sebuah surat yang berfungsi sebagai sapaan dan sopan santun penulisan surat. Salam pembuka ini ditulis dengan bahasa resmi dan menggunakan huruf kapital di awal kalimat, seperti “Dengan Hormat”.

Tulis Data Siswa dan Wali Murid

Langkah ketiga kamu harus menuliskan data siswa dan nama orang tua wali murid yang menulis surat izin tersebut. Data ini harus jelas dan benar agar pihak sekolah bisa tahu dengan baik siapa yang meminta izin atas nama siswa di sekolahnya.

Penulisannya diawali dengan: “Yang bertanda tangan dibawah ini:” Kemudian Enter, tulis nama orang tua dan alamatnya. Setelah itu Enter lagi dan tulis data siswa: “Orang tua/Wali murid: ” tulis nama siswa dan kelasnya”. Contoh:

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Mustakim

Alamat: Jl. Cirangrang Barat Taruna II, Kompleks Syukur, Margasuka, Babakan Ciparay, Bandung 40225.

Orang Tua/Wali Murid dari:

Nama: Ghefira

Kelas: VIII A

Tulis Isi Surat atau Alasan Izin Tidak Masuk Sekolah

Ini adalah bagian inti dari surat izin sakit masuk sekolah. Dalam bagian isi ini harus dijelaskan apa alasan siswa tidak masuk sekolah. Bagusnya disertakan pendukung lain seperti hasil test dokter.

Tuliskan dengan jelas alasan siswa tidak masuk sekolah dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk istirahat di rumah.

Tulis Penutup Surat

Pada bagian penutup, tulis ucapan rasa terimakasih atas maklum nya siswa yang izin tidak masuk masuk sekolah. Cara penulisannya dimulai dengan “demikian surat ini kami buat, terimakasih atas perhatiannya dan harap maklum atas ketidahadiran putra/i kami”.

Tulis Salam Penutup

Dibagian akhir surat, silahkan kamu tulis salam penutup lengkap dengan tanda tangan dan nama kamu atau pembuat surat terpampang disana.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah yang Benar

Setelah paham proses dan cara membuat surat izin sakit sekolah yang benar seperti di atas, agar kamu lebih mudah memahami proses dan cara pembuatannya, berikut ini adalah contoh-contoh surat izin sakit sekolah:

Contoh Surat Sakit Sekolah Buatan Sendiri

Sebenarnya membuat surat izin sekolah itu tidak boleh dibuat sendiri harus dibuat oleh orang tua atau keluarga. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu kamu bisa membuatnya sendiri selama itu jujur dan tidak berbohong. Contoh surat sakit sekolah buatan sendiri kurang lebih seperti ini:

Bandung, 26 Agustus 2020

Yth.

Wali Kelas 8A SMPN 21 Bandung

Gg. Lumbung 2, Babakan Ciparay, Kec.Babakan Ciparay, Bandung

Dengan Hormat, 

Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

Nama                    : Mustakim

Kelas                     : 8A

Alamat                  : Jalan Cirangrang Barat Gg.Taruna II Komplek Syukur

Melalui surat ini menyampaikan permohonan maaf kepada bapak/ibu wali kelas bahwa pada hari ini saya tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya dikarenakan sedang sakit.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

(Mustakim)

Contoh Surat Sakit Sekolah Buatan Orang Tua

Surat izin sakit harusnya memang dibuat orang orang tua atau kerabat yang menjadi wali dari siswa yang bersangkutan. Ini lebih bagus dan lebih dipercaya oleh pihak sekolah. Adapun contoh cara membuat surat izin sakit sekolah oleh orang tua adalah seperti ini:

Bandung, 27 Agustus 2020

Yth.

Wali Kelas 9A SMPN 11 Bandung

Jalan H.Samsudin No.34 Ciateul, Bandung

Dengan Hormat, 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                    : Mustakim

Alamat                  : Jalan Cirangrang Barat Gg.Taruna II Komplek Syukur No 50

Orang tua dari   :

Nama                    : Ghefira Azahra

Kelas                     : 9A SMPN 11 Bandung

Alamat                  : Jalan Cirangrang Barat Gg.Taruna II Komplek Syukur No 50

Saat ini tidak bisa mengikuti proses kegiatan belajar dikarenakan sedang sakit. Mohon pengertian dan izinnya.

Demikian surat ini disampaikan. Atas perhatian ibu/bapak wali kelas 9A saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

(Mustakim)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Pergi

Tidak masuk sekolah karena pergi bersama keluarga juga harus ada surat izin sebagai tembusan kepada pihak sekolah. Surat ini boleh dibuat sendiri ataupun oleh orang tua. Bagusnya sih dibuat oleh orang tua saja. Adapun contohnya seperti ini:

Bandung, 25 Agustus 2020

Yth.

Wali Kelas 12 IPA I SMAN 20 Bandung

Gg. Lumbung 2, Babakan Ciparay, Kec.Babakan Ciparay, Bandung

 

Dengan Hormat, 

Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

Nama                    : Mustakim

Kelas                     : 12 IPA I

Alamat                  : Jalan Cirangrang Barat Gg.Taruna II Komplek Syukur

Memberitahukan bahwa saya izin masuk sekolah pada tanggal 25 Agustus-28 Agustus 2020.  Hal tersebut dikarenakan saya bersama keluarga pergi ke Lombok untuk menengok kakek yang sedang sakit dan sudah masuk rumah sakit. Saya bersedia mengejar ketertinggalan pelajaran dengan ikut jam belajar tambahan.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

(Mustakim)

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMK

Sakit memang tidak bisa dipungkiri, siapa saja bisa sakit kadang terjadi secara mendadak. Namun kamu jangan sampai tidak memberitahukan ke pihak sekolah. Jika kamu merupakan seorang siswa SMK, berikut ini adalah contoh cara membuat surat izin sakit sekolah SMK yang ditulis oleh orang tua siswa:

Bandung, 25 Agustus 2020

Yth.

Wali Kelas XII A Akuntansi SMKN I Bandung

Jalan Wastu Kancana No 3, Bandung

 

Dengan Hormat, 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                    : Mustakim

Alamat                  : Jalan Cirangrang Barat Gg.Taruna II Komplek Syukur No 50

Orang tua dari   :

Nama                    : Ghefira Azahra

Kelas                     : XII A  Akuntansi SMKN I Bandung

Alamat                  : Jalan Cirangrang Barat Gg.Taruna II Komplek Syukur No 50

Saat ini tidak bisa mengikuti proses kegiatan belajar dari 26-28 Agustus 2020, dikarenakan sakit dan harus bedrest selama 3 hari sesuai anjuran dokter. Mohon pengertian dan izinnya.

Demikian surat ini disampaikan. Atas perhatian ibu/bapak wali kelas XII A Akuntansi saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

(Mustakim)

Contoh Surat Izin Sekolah untuk Kegiatan

Terkadang, sering sekai ada acara atau kegiatan di luar sekolah yang akan menuntut kamu untuk tidak masuk sekolah. Jika itu memang penting dan mengharuskan kamu untuk tidak masuk sekolah maka buatlah surat izin ke pihak sekolah. Contoh surat izin masuk sekolah karena ada kegiatan kurang lebih seperti ini contohnya:

Bandung, 25 Agustus 2020

Yth.

Wali Kelas XII A Pemasaran SMKN I Bandung

Jalan Wastu Kancana No 3, Bandung

 

Dengan Hormat, 

Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

Nama                    : Mustakim

Kelas                     : XII A Pemasaran

Alamat                  : Jalan Cirangrang Barat Gg.Taruna II Komplek Syukur

Dalam rangka [sebutkan kegiatan luar sekolahnya] yang diadakan oleh  [sebutkan nama instansi], saya selaku penanggung jawab acara tersebut tidak dapat ikut kegiatan belajar pada tanggal 26-27 Agustus 2020.

Demikian surat permohonan izin kegiatan ini saya sampaikan. Atas perhatian dan izinnya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

(Mustakim)

Kesimpulan

Setelah kita membaca artikel cara membuat surat izin sakit sekolah diatas dapat kita simpulkan bahwa membuat surat izin itu bisa dilakukan oleh orang tua siswa atau oleh siswa nya sendiri. Tergantung dari kondisinya memungkinkan atau tidak.

Hal yang perlu diperhatikan

Namun, saat membuat surat izin sakit ada beberapa hal yang penting dan harus diperhatikan, yaitu:

  • Penulisan tanggal izin masuk sekolah
  • Detail nama siswa yang izin masuk sekolah
  • Alasan tidak masuk sekolah
  • Surat rujukan dokter

FAQ

Diantara kamu, mungkin akan muncul beberapa pertanyaan, seperti:

  • Apakah surat izin sakit harus dibuat orang tua?
    • Jawaban: seharusnya IYA, tapi jika tidak memungkinkan bisa dibuat sendiri
  • Apakah harus ada surat keterangan dokter?
    • Jawaban: harusnya sih ada surat dari dokter dan dilampirkan, kalaupun tidak ada tidak masalah
  • Apakah surat izin sakit masuk sekolah harus ditulis tangan?
    • Jawaban: boleh diprint dan diketik di komputer atau di ketik menggunakan mesin tik
  • Apa boleh buat surat izin sakit online?
    • Jawaban: boleh-boleh saja, sertakan dengan keterangan lain dengan telpon oleh orang tua ke pihak sekolah

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.