2 Cara Membuat Sertifikat di Microsoft Word & Canva [Keren]

Ingin membuat sertifikat tapi tidak memiliki keahlian desain grafis di photoshop atau coreldraw? Jangan khawatir, karena ada banyak cara lain yang bisa digunakan, salah satunya dengan menggunakan Microsoft Word ataupun membuatnya secara online. Cara membuat sertifikat dengan menggunakan Microsoft Word ataupun secara online itu sangat mudah kok. Jika kamu belum memahaminya, artikel ini akan memandu kamu membuatnya.

Kamu hanya membutuhkan komputer atau PC, Microsoft Word dan koneksi jaringan internet. Jika kamu sudah memilikinya maka kamu bisa membuat sertifikat yang keren dengan mudah walau kamu tidak ahli photoshop ataupun coreldraw.

A. Macam-macam sertifikat

Tahukah kamu bahwa sertifikat itu ada banyak sekali jenisnya. Setiap jenis memiliki tujuan dan fungsinya secara khusus. Selain itu, setiap jenis sertifikat ini juga cara bikin nya berbeda loh karena ada beberapa komponen yang membedakan antara sertifikat satu san lainnya.

Adapun beragam jenis sertifikat yang sering digunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sertifikat Hak Milik (SHM)

Sertifikat hak milik merupakan sertifikat yang penting dan sangat berharga. Contohnya adalah sertifikat kepemilikan tanah atau rumah. Sertifikat ini merupakan bukti yang paling kuat serta dapat di alihkan (baik itu di jual atau di wariskan).

SHM ini di sebut sertifikat paling kuat karena pihak lain tidak akan bisa campur tangan atas kepemilikan tanah atau rumah. Surat Hak Milik (SHM) ini diakui legalitas nya secara yuridis atau hukum yang kuat. Hanya orang atau pemilik syah yang diperbolehkan menggunakan Surat Hak Milik tersebut.

2. Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS)

Sertifikat ini berlaku untuk seseorang atas kepemilikan rumah vertical atau rumah susun atau apartemen yang di bangun di atas tanah dengan kepemilikan bersama.

Sertifikat ini memiliki karakteristik tersendiri diantaranya adalah: hak milik atas satuan rumah susun bersifat perorangan, strata tilte yang di bangun atas kepemilikan bersama, jangka waktu strata title mengikuti status tanah tempat bangunan apartemen berdiri.

3. Sertifikat Hak Guna Bangunan

Sertifikat ini merupakan hak seseorang untuk mendirikan bangunan di atas tanah yang bukan miliknya sendiri. Misalnya membangun rumah di atas tanah pemerintah ataupun tanah perseorangan lainnya. Sertifikat ini berlaku selama 30 tahun dan dapat diperpanjang hingga 20 tahun.

4. Girik atau Petok

Girik atau petok sebenarnya bukan merupakan sertifikat kepemilikan. Namun girik atau petok merupakan surat untuk menunjukan penguasaan atas lahan dan keperluan perpajakan.

5. Sertifikat Akta Jual Beli (AJB)

AJB bukan merupakan sertifikat rumah, namun surat ini merupakan pernyataan perjanjian jual beli dan salah satu bukti pengalihan hak atas tanah (akibat jual beli) .

B. Cara Membuat Sertifikat Keren

Membuat sertifikat pada dasarnya sangatlah mudah, kita bisa menggunakan beberapa cara, baik menggunakan software desain grafis ataupun menggunakan program lain seperti Word dan lainnya.

Nah, berikut ini saya uraikan beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat sertifikat dengan mudah menggunakan program Microsoft Word 2010 dan juga dengan menggunakan program Canva secara online. Berikut adalah tahapan dan langkah-langkahnya:

A. Cara Membuat Sertifikat dengan MS Word

Walau Microsoft Word merupakan program yang ditujukan untuk mengolah data, namun ada beberapa fitur yang bia digunakan untuk membuat sertifikat juga. Jika kamu belum tahu, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Jalankan aplikasi Ms Word  di komputer atau laptop kamu
  • Khusus untuk Ms Word 2010, klik File lalu klik baru, kemudian pilih sebuah opsi Certificate dan pastikan dulu bahwa komputer kamu sudah terhubung ke internet
cara membuat sertifikat
  • Pilih salah satu model piagam sesuai selera kamu, lalu klik unduh yang opsi nya terletak di panel sebelah kanan
cara membuat sertifikat
  • Setelah template sertifikat yang kamu inginkan berhasil diunduh, maka Ms Word akan secara otomatis membuka dokumen tersebut dan kamu tinggal mengedit sertifikat tersebut sesuka hati kamu atau sesuai dengan kebutuhan
cara membuat sertifikat
  • Jika kamu merasa isi sertifikat yang kamu buat tersebut sudah benar dan sesuai dengan kebutuhan, maka tinggal simpan sertifikat tersebut di komputer dan langsung cetak

B. Cara Membuat Sertifikat Online di Canva

Selain bisa menggunakan Microsoft Word, cara bikin sertifikat juga bisa dilakukan secara online dengan menggunakan situs Canva. Canva adalah situs terbaik yang dapat kita gunakan untuk membuat beragam jenis desain grafis secara online. Cara bikinnya juga sangat mudah sekali, berikut adalah proses dan tahapan nya:

  • Buka situs canva
  • Klik login
  • Silahkan login dengan akun yang anda punya jika akun nya, jika belum silahkan buat dan daftar dulu
  • Setelah login, klik buat baru
  • Pilih sertifikat
cara bikin sertifikat
  • Kamu akan dibawa ke halaman desain sertifikat di Canva
  • Klik pada menu template
  • Pilih jenis template yang akan digunakan untuk membuat sertifikat
cara bikin sertifikat
  • Edit data yang ada pada layout sertifikat tersebut
  • Caranya tinggal kamu klik pada tulisan yang akan di edit
  • Lalu ketikan dengan data yang benar
cara bikin sertifikat
  • Jika sertifikat yang kamu desain sudah selesai, silahkan kamu unduh untuk disimpan dan di cetak
  • Klik pada menu unduh di pojok kanan atas berbentuk tanda panah bawah
  • Pilih jenis file yang akan di unduh
  • Lalu klik unduh
  • Pilih tempat penyimpanan di PC
  • Klik simpan
cara membuat sertifikat

Sampai pada tahapan ini proses cara membuat sertifikat dengan menggunakan Microsoft Word 2010 dan secara online menggunakan canva sudah selesai. Sangat mudah sekali bukan? Silahkan kamu coba buat sendiri dan ikuti langkah-langkah diatas.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.