cara membuat kopi ala barista

7 Cara Membuat Racikan Kopi Nikmat Ala Barista

Diposting pada

Harus kita akui bahwa Kopi ala barista kafe memang terasa lebih nikmat ketimbang kopi bikinan sendiri. Di balik rasanya yang nikmat, teknik pengolahan dan pemilihan bahan sangat diperhatikan. Hal inilah yang membuat kopi ala barista teras lebih nikmat. Meski demikian, cara membuat kopi ala barista juga mudah kok, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah.

Buat kamu yang belum tahu, berikut ini saya rangkum teknik pemilihan, pengolahan, hingga teknik penyajian kopi ala barista yang nikmat dengan menggunakan bantuan mesin kopi khusus. Buat kamu yang ingin tahu banyak tentang hal ini, yuk baca artikel ini sampai usai.

1. Pilih Biji Kopi Terbaik

 cara membuat kopi ala barista
Gambar Biji Kopi By Canva

Rahasia dibalik kenikmatan kopi bikinan barista, salah satu resep rahasia yang mereka gunakan adalah memilih biji kopi berkualitas. Tidak semua biji kopi bagus digunakan untuk membuat kopi nikmat. Maka dari itu, mereka memilih jenis biji kopi pilihan agar bisa meracik kopi dengan hasil terbaik.

Kopi yang bagus digunakan adalah kopi biji bukan kopi instan. Kopi biji yang bagus adalah kopi biji yang memang sudah matang bentuknya sempurna. Biji kopi ini harus di sangrai terlebih dahulu dengan tingkat kematangan sempurna.

2. Giling Kopi dengan Grinder

cara membuat kopi ala barista
Gambar Mesin Grinder By Canva

Setelah kamu menemukan biji kopi pilihan, maka langkah selanjutnya yang penting dan harus kamu lakukan adalah menggiling biji kopi tersebut dengan menggunakan grinder kopi atau mesin penggiling kopi.

Namun sebelum kamu menggiling biji kopi sangrai dengan menggunakan grinder, pastikan bahwa mesin grinder tersebut memang sudah bersih. Jangan sampai ada kotoran atapun mesin grinder memiliki bau yang tidak sedap atau aneh.

Karena jika mesin grinder terdapat kotoran ataupun berbau aneh, maka hal tersebut akan mempengaruhi kualitas dan rasa pada kopi yang akan kamu buat nantinya. Cuci terlebih dahulu grinder yang akan kamu gunakan dan keringkan.

3. Perhatikan Komposisi Air dan Kopi

cara membuat kopi ala barista
Ilustrasi Air dan Kopi By Canva

Jangan salah, komposisi air dan kopi dapat mempengaruhi rasa pada kopi lho. Maka dari itu, sebelum kita campur kan kedua bahan ini harus diperhatikan dengan komposisi antara kedua bahannya dengan baik.

Jika air terlalu banyak, maka rasa kopi akan menjadi hambar. Sedangkan jika terlalu sedikit, rasa kopi akan menjadi pahit. Takaran kopi dan air yang adalah 1 gram bubuk kopi harus di seduh dengan 15 CC air panas.

4. Perhatikan Suhu Air Panas

cara membuat kopi ala barista
Gambar Seduhan Air Kopi Bay Canva

Selain takaran nya, suhu air yang digunakan untuk menyeduh kopi juga akan mempengaruhi rasa kopi nya lho. Air yang terlalu panas justru akan merusak rasa kopi yang sesungguhnya. Air yang mendidih kurang bagus digunakan untuk menyeduh kopi.

Air panas yang bagus digunakan untuk menyeduh kopi adalah yang memiliki tingkatan panas mencapai 890-960. Suhu ini adalah suhu terbaik digunakan untuk menyeduh kopi.  Jangan gunakan air mendidih untuk menyeduh kopi.

Baca Juga: Masker tepung beras rose brand dan kopi

5. Gunakan Teknik Dripper

cara membuat kopi ala barista
Ilustrasi Mesin Dripper Copy By Canva

Teknik dripper ini adalah salah satu cara membuat kopi ala barista yang paling banyak diminati. Bukan tanpa alasan, hal ini karena teknik dripper dapat menghasilkan kopi yang lebih nikmat dengan cara penyajian yang sederhana.

Cara sangat mudah kok, pertama kamu tuangkan air panas ke dalam kettle yang sudah ada bubuk kopi di dalamnya. Selanjutnya silahkan tuangkan air kopi ini ke dalam gelas atau cangkir kopi secara perlahan agar menghasilkan air kopi yang berkualitas.

6. Tambahkan Susu atau Creamer

cara membuat kopi ala barista
Ilustrasi Susu By Canva

Untuk menambah kopi nikmat ala barista, maka kamu bisa tambahkan susu atau creamer agar kopi terasa lebih nikmat. Jika kamu ingin mendapatkan rasa manis kopi yang kuat, maka kamu bisa tambahkan susu kedalamnya.

Namun jika kamu ingin mendapatkan rasa kopi yang lebih kalem dan tidak terlalu manis maka pilih creamer. Karena creamer tidak memiliki rasa manis yang kuat sehingga lebih kalem ketika di campur kan ke dalam segelas kopi.

7. Kopi Siap Dihidangkan

cara membuat kopi ala barista
Gambar Hidangan Kopi By Canva

Setelah semua tahapan nya selesai, sekarang tinggal kamu hidangkan kopi buatan kamu yang tidak kalah dengan bikinan caffe. Hidangkan kopi ini dengan makanan ringan dan konsumsi selagi kopi masih hangat agar terasa lebih nikmat.

Teknik membuat kopi ala barista ini juga bisa kamu gunakan jika kamu ingin membuka kedai kopi di kotamu. Pelajari dengan baik, karena ada banyak teknik pengolahan kopi untuk menghasilkan kopi yang nikmat.

Baca Juga: Cara membuat obat nyamuk bakar dari ampas kopi

Nah itulah 7 cara membuat racikan kopi nikmat ala barista dengan mesin giling dan dripper. Sangat mudah bukan? Silahkan kamu coba dan praktek-kan sendiri di rumah untuk membuat kopi senikmat kopi caffe.

Gambar Gravatar
Menulis adalah seni dan hobi, selain mengelola blog juga berkonstribusi di berbagai media cyber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.