cara membuat paspor online
Contoh paspor Amerika

Cara Membuat Paspor Online, Ini Syarat Daftar Dan Biayanya

Diposting pada

Cara membuat paspor online merupakan salah satu inovasi terbaru yang bisa kamu gunakan untuk membuat paspor dengan lebih mudah. Kamu yang sering pulang pergi keluar negeri tentu harus tahu cara ini. Dengan membuat paspor secara online maka kamu tidak perlu antri lama-lama di kantor imigrasi.

Membuat paspor online tidak jauh berbeda dengan membuat paspor seperti pada umumnya. Kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa persyaratan saja dan membayar biaya pendaftarannya.

Nah buat kamu yang saat ini ingin pergi ke luar negeri, tapi malas antri di loket imigrasi maka kamu bisa membuat paspor nya secara online. Berikut adalah beberapa persyaratan dan langkah-langkah cara bikin paspor secara online.

Cara membuat paspor online 2019

Daftar paspor online 2018 ataupun 2019 tidaklah sulit. Tidak jauh berbeda dengan membuat paspor konvensional. Nah berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus kamu lalui ketika ingin membuat paspor secara online.

A. Dapatkan antrian paspor online

cara membuat paspor online
Ilustrasi daftar paspor

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendapatkan antrean membuat paspor online. Untuk mendapatkan nomor antrean ini kamu kini tidak perlu lagi datang ke kantor imigrasi, kamu bisa mendapatkannya secara online.

Kamu bisa mendapatkan nomor antrian ini melalui nomor kontak WhatsApp kantor imigrasi. Untuk mendapatkan nomor kontaknya kamu bisa mendapatkannya situs migrasi atau dari berbagai situs yang menyediakan informasi ini.

Melalui nomor kontak kantor imigrasi ini maka kamu bisa mendapatkan daftar antrian paspor online dengan mudah. Jadi kamu tidak perlu mengantre lama-lama lagi di kantor imigrasi nya.

Kamu cukup menghubungi kontaknya, dan memberikan data yang dibutuhkan kepada customer services imigrasi maka dapatkan nomor antrean nya.

B. Lengkapi syarat pembuatan paspor 2018-2019

cara membuat paspor online
Persyaratan paspor online

Setelah kamu mendapatkan nomor antrean nya, maka langkah berikutnya tinggal kamu lengkapi persyaratan yang akan dibutuhkan ketika membuat paspor online nya.

Untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di daerah tertentu dan anak dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Indonesia maka persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat paspor online ini berbeda-beda. Nah berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan jika kamu ingin membuat paspor online.

1. Syarat untuk Warga Negara Indonesia (WNI) luar daerah (domisili)

Beberapa persyaratan untuk warga negara Indonesia jika ingin membuat paspor online adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran atau surat keterangan baptis
  4. Buku nikah atau ijazah
  5. Surat keterangan domisili jika kamu berada diluar daerah

2. Syarat untuk anak Warga Negara Indonesia (WNI) dalam negeri

Sedangkan persyaratan untuk anak Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal dalam negeri persyaratan membuat paspor online nya adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) kedua orang tua
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Buku nikah orang tua

C. Kunjungi kantor imigrasi

Setelah nomor antrean dan persyaratan nya kamu lengkapi kini saatnya kamu daftar paspor online 2018-2019. Silahkan kamu kunjungi kantor imigrasi terdekat di daerah kamu.

Saat kamu tiba di kantor imigrasi, kamu akan diberikan formulir pengajuan paspor online. Silahkan kamu isi formulir tersebut dengan menggunakan data valid sesuai dengan persyaratan yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

Saat kamu berada di kantor imigrasi untuk pembuatan paspor online, maka kamu akan di tanya ingin membuat paspor biasa atau ingin membuat paspor elektronik.

Paspor elektronik yang di maksud disini adalah sebuah paspor yang memiliki data biometrik wajah dan sidik jari pemilik paspor jadi paspor ini memiliki security sistem yang lebih bagus.

Silahkan kamu berikan persyaratan atau berkas-berkas yang kamu bawa sebelumnya di stopmap.

Setelah itu, kamu akan di panggil untuk pengambilan foto wajah dan wawancara untuk pembuatan paspor. Salah satu yang sering di tanya dalam sesi wawancara adalah apa tujuan membuat paspor.

Perlu kamu perhatikan, sebelum kamu membuat paspor maka kamu kenakan pakaian yang sopan dan rapi. Pilih pakaian berkerah seprti kemeja dan blazer.

D. Bayar biaya pembuatan paspor 2018-2019

Setelah kamu mengurus paspor online di kantor imigrasi terdekat maka berikutnya tinggal kamu lakukan pembayaran. Kamu akan mendapatkan slip pembayaran dari kantor imigrasi. Silahkan kamu lakukan pembayaran melalui mesin ATM atau mesin EDC.

Biaya yang akan kamu bayarkan untuk pembuatan paspor elektronik dengan paspor biasa tentu berbeda, berikut adalah biaya nya:

  1. Biaya paspor biasa Rp.355.000 48 halaman
  2. Biaya paspor online Rp.655.000 48 halaman

E. Konfirmasi pembayaran

Setelah kamu melakukan pembayaran, maka kamu perlu melakukan konfirmasi. Maka dari itu, kamu perlu persiapkan slip bukti pembayaran dari ATM. Konfirmasi melalui kontak WhatsApp saja agar lebih mudah dan lebih cepat.

Jika pembayaran sudah di approve dan diterima oleh pihak imigrasi, maka berikutnya silakan kamu cek apakah paspor kamu sudah selesai atau belum. Jika sudah selesai, maka kamu bisa mengambilnya di kantor imigrasi tempat kamu membuatnya.

F. Ambil paspor

Setelah cara membuat paspor online 2018 ini sudah selesai, maka berikut nya kamu tinggal ambil paspor online tersebut di kantor imigrasi. Kamu tinggal kunjungi kantor imigrasi nya, datang ke loket kunjungan, ambil nomor antrian dan ambil paspor online kamu.

Nah itulah beberapa langkah cara bikin paspor online yang harus kamu lakukan. Cara nya sangat mudah bukan? Jika sudah mengerti, silahkan kamu buat paspor online nya sekarang.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action