cara membuat mind map
Contoh mind map yang dibuat di microsoft Word 2010

Cara Membuat Mind Map Simple di Word & HVS +Contohnya

Diposting pada

Bila sahabat pedi adalah orang yang sulit untuk menghapal sebuah materi maka sahabat pedi bisa mengakalinya dengan menggunakan mind maps. Mind maps adalah peta pikiran yang dapat membantu untuk mempermudah memahami materi. Cara membuat mind map sangat mudah kok, sahabat pedi bisa mendapatkan caranya di artikel ini.

Menggunakan mind map, bisa membantu sahabat pedi untuk membuat catatan menjadi lebih cepat dan memahaminya lebih mudah. Karena mind map berisi ringkasan isi pemikikiran atau pembahasan singkat seputar materi tertentu.

Banyak orang menggunakan mind map untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari mencatat mata kuliat supaya lebih mudah, merangkum materi persentase agar lebih mudah di sampaikan dan lain sebagainya.



Apa itu mind map?

Untuk sahabat pedi yang belum tahu arti dan maksud dari mind map kasmin akan bahas. Jadi, mind map itu merupakan sebuah metode pengelolaan informasi secara keseluruhan menggunakan pemetaan peta pikiran yang berbentuk cabang-cabang pikiran yang kemudian di tuangkan kedalam media tulisa atau gambar.

Pada umumnya, mind map berbentuk percabangan bagan-bagan pemikiran dari sebuah materi.

Manfaat mind map

Jika dilihat dari sisi manfaatnya, mind map memiliki banyak sekali manfaat yang bisa sahabat pedi dapatkan. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat yang mind map secara umum:



  1. Mempermudah proses pengingatan materi yang sedang di bahas
  2. Membantu mempermudah dalam mencatat materi
  3. Mempermudah membuat materi persentasse agar mudah dipahami

Jenis-jenis mind map

Jika di lihat dari jenisnya, mind mapping memiliki banyak jenis dan fungsi yang berbeda-beda untuk setiap jensinya. Nah berikut ini adalah beberapa jenis mind mapping biasa dibuat:

A. Min map silabus

Yaitu merupakan sebuah mind mapping yang memberikan gambaran mengenai sebuah materi yang akan di pelajari. Mind mapping ini biasanya di buat dengan ukuran yang jauh lebih besar ketimbang mind map lainnya.



Jika sahabar pedi merupakan seorang guru maka pasti mengenal jenis mind map yang satu ini dengan baik. Untuk mempermudah menyampaikan materi kepada siswa maka sahabat pedi bisa membuatkan mind map di perangkat pembelajaran yang akan digunakan.

B. Mind map paragraf

Mind map paragraf merupakan sebuah jenis mind map yang memberikan informasi secara ringkas, detail dan jelas. Dimana sahabat pedi akan mendapatkan informasi dari setiap pararaf materi yang di bahas.

Mind map ini bisa dibuat oleh sahabat pedi yang saat ini berada di bangku kuliah atau sekolah. Mencatat materi pelajaran dengan teknik ini bisa membuat sahabat pedi lebih mudah menghafal materi yang di bahas.



C. Mind map bab

Kalau mind map yang satu ini adalah sebuah mind map yang merupakan rangkaian dari setiap bab yang sudah di pelajari. Mind map jenis ini merupakan ringkasan point per point dari materi yang di pelajari sebelumnya.

Mind map ini juga cocok sahabat pedi buat ketika sedang dalam suasana belajar dalam kelas. Merangkum materi yang di bahas menjadi lebih mudah dengan menggunakan mind map bab.

Bagaimana cara membuat mind map?

Cara membuat mind map sangatlah mudah. Di artikel ini kasmin akan membuatnya dengan menggunakan 2 cara yaitu dengan membuatnya di Word dan juga dengan cara manual menuliskannya di kertas HVS.



Untuk sahabat pedi yang belum tahu bagaimana cara membautnya, berikut adalah langkah-langkah cara membuatnya:

A. Cara membuat mind map di Word

Cara pertama, sahabat pedi bisa menggunakan microsoft Word. Untuk Versi microsoft yang digunakan bebas, mau pake word versi tahun berapa saja boleh-boleh aja. Berikut tutorial selengkapnya:

  1. Buka program microsoft Word dari laptop atau komputer sahabat pedi
  2. Buat lembar kerja baru klik file> new> blank document (CTRL+N)
  3. Langsung klik menu insert
  4. Pilih shapes
  5. Pilih jenis kotak yang sahabat pedi ingin gunakan, saya sendiri memilih bentuk lingkaran
  6. Sesuaikan warna dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan sahabat pedi
  7. Tuliskan pikiran utama atau materi utamanya di dalam lingkaran tersebut, misalnya saya membuat materi utamanya adalah “pola hidup sehat” maka saya tuliskan kalimat tersebut kedalam lingkaran
  8. Kemudian buat lingkaran kedua dengan ukuran yang sama
  9. Sesuaikan kembali warnanya
  10. Masukkan ide cabang dari materi utamanya atau faktor pendukung yang menjabarkan materi utama, misalkan saya buat percabangan dari pola hidup sehat itu adalah “olahraga teratur”
  11. Setelah itu, hubungkan antara pikiran utama dengan cabang pemikirannya dengan menggunkan garis, klik insert> pilih shapes> pilih line
  12. Sesuaikan garis penghubungnya sesuai dengan yang sahabat pedi inginkan
  13. Selanjutnya, sahabat pedi buat lagi cabang pemikian kedua dari cabang pikiran pertama tadi, contoh saya buat cabang pikiran dari olahraga teratur tersebut adalah dengan “bersepeda 15 menit”
  14. Buatlah sebanyak mungkin percabangan pikirannya sesuai dengan materi yang ada
  15. Kemudian hubungkan antar pikiran percabangan tersebut dengan menggunakan garis
  16. Jika semuanya sudah selesai tinggal sahabat pedi simpan file tersebut dengan cara klik file> Save> Pilih tempat penyimpanan> Klik save



B. Cara membuat mind map di HVS

Selain menggunakan microsoft Word, membuat mind map juga bisa menggunakan kertas HVS. Cara membuatnya juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan microsoft Word.

Nah berikut adalah langkah-langkah cara membut mind mapping dengan menggunakan HVS:

  1. Siapkan kertas kosong dan pensil gambar (warna-warni) yang dibutuhkan untuk membuat dna mewarnai kotak mind map nya
  2. Tentukan ide utamanya, ide utama ini yang akan sahabat pedi bahas nantinya misalnya saya akan bahas “pola hidup sehat”
  3. Kemudian selanjutnya silahkan buat percabangannya atau penjabaran dari ide utamanya seperti saya buat cabang nya dengan olahraga, makan yang sehat, mengkonsumsi sayur, makan buah, tidur yang cukup dan lain sebagainya
  4. Kemudian selanjutnya tambahkan kata kunci lainnya dari setiap cabang yang di buat tadi, untuk memudahkan pencarian kata kunci yang akan di buat, bisa riset menggunakan mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan yang lainnya
  5. Tinggal ketikan saja kata apa yang akan di cari di google, sebagai contoh saya ketikan olahraga (kata kunci cabang) pada browser> enter
  6. Nah kemudian anda scrool ke bawah, lihat pada hasil penelusuran terkait seperti hasil pencarian kata kunci olahraga hasil pencarian terkaitnya adalah olahraga tangan, olahraga bola dan lain-lain, pilih keyword paling sesuai
  7. Setelah itu cari lagi hasil pencarian terkait tersebut dengan pencarian terkait berikutnya hingga materi pokok bahasannya jelas
  8. Masukkan semua keyword tersebut kedalam lingkaran atau kotak-kotak tertentu dan menghubungkannya dengan menggunakan garis
  9. Setiap cabang berikan warna yang berbeda-beda



C. Contoh mind map simple

Nah berikut ini adalah contoh-contoh yang sudah kasmin buat dengan menggunakan kedua cara diatas. Sahabat pedi bisa membuat dengan pola yang sama ataupun dengan pola berbeda sesuai kebutuhan.



1. Contoh mind map di microsoft word

cara membuat mind map
Contoh mind map yang dibuat di microsoft Word 2010

2. Contoh mind map dengan HVS

cara membuat mind map
Contoh mind map yang dibuat di HVS | Gambar by muhammadnoer.com

Nah itulah 2 cara membuat mind map dengan menggunakan word dan juga HVS. Silahkan sahabat pedi pilih dan gunakan salah satu cara di atas cara mana yang paling mudah.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action