Cara Membuat Makalah SMA yang Baik dan Benar

Mau membuat makalah? pahami dulu definisi-nya . Makalah di definisikan secara umum sebagai sebuah karya tulis yang di dalamnya memuat pemikiran tentang suatu topik tertentu. Dengan penulisan sistematis, runtut, jelas, serta di sertai dengan analisis yang logis dan sistematis. Berikut cara membuat makalah sma yang baik dan benar dan bisa kamu aplikasikan dalam tugas makalah kamu.

Membuat Cover Makalah SMA yang Unik

Sebelum kamu menyusun sebuah makalah, hal yang harus kamu pastikan bagus dan benar adalah cover makalah. Jangan membuat cover makalah dengan asal-asalan karena cover makalah termasuk dalam sebuah penilaian.

Buatlah cover makalah yang runtut, memakai tulisan dengan jenis huruf yang jelas dan mudah di baca. Memakai sistematika penulisan yang standar. Jangan lupa sisipkan tujuan kamu membuat makalah serta tahun makalah itu di buat.

Cover makalah SMA yang unik dan menarik yaitu dalam cover tersebut di tulis judul makalah dengan jelas dan memakai ukuran huruf yang besar. Tulis tujuan kamu membuat makalah dengan ukuran huruf yang kecil di bawah judul. Sisipkan logo sekolah anda di bawah tujuan membuat makalah.

Di bawah logo bisa kamu tulis nama-nama penyusun makalah tersebut dengan di sertakan nomor induk siswa sesuai nama masing-masing. Di bawah nama-nama penyusun bisa kamu tulis nama sekolah kamu dengan huruf besar. Lalu di paling akhir kamu tulis tahun pembuatan makalah tersebut.

Membuat Latar Belakang Makalah SMA yang Benar dan Menarik

Setelah cover makalah di buat langkah selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah dalam membuat latar belakang makalah itu sendiri. Latar belakang dalam sebuah karya tulis ilmiah atau makalah SMA bisa di definisikan sebagai alasan utama kamu dalam mengambil judul makalah tersebut.

Konsep dalam membuat latar belakang untuk makalah SMA terdiri dari tiga poko utama diantaranya adalah:

  • Definisi-definisi atau pengertian dari pembahasan pokok judul makalah kamu
  • Ceritakan masalah yang sering terjadi seputar pembahasan masalah pokok makalah kamu
  • Ceritakan solusi cara mengatasi masalah seputar pembahasan pokok makalah kamu

Supaya latar belakang makalah anda bisa di pahami pembaca dengan jelas. Kamu wajib memperhatikan cara membuat makalah sma itu dari segi keruntutan bahasa saat menceritakan latar belakang. Biasakan ceritakan terlebih dahulu poko bahasan yang bersipat umum dan selanjutnya ke arah pokok bahasan yang lebih khusus.

Membuat Daftar Tabel dan Daftar Gambar dalam Makalah SMA yang Baik dan Benar

Jika dalam makalah kamu terdapat data-data berupa tabel. Buatlah tabel dalam makalah tersebut dengan sistematika penulisan yang baik dan benar. Hal ini tujuannya supaya para pembaca mudah untuk membaca data dalam tabel tersebut. Sehingga tidak muncul kesalahpahaman. Berikut cara membuat tabel dan daftar tabel yang baik:

Selanjutnya adalah daftar gambar. Apabila dalam makalah yang kamu buat terdapat gambar-gambar yang menunjukan beberapa pokok pembahasan tertentu. Cantumkan sumber gambar tersebut tepat di bawah gambar. Buat judul gambar dan juga nomor gambar secara runtut.

Daftar gambar di buat dengan tujuan untuk mempermudah pembaca melihat halaman-halaman yang berisi gambar dari pembahasan makalah kamu.

Dapat di simpulkan bahwa cara membuat makalah sma yang baik dan benar. Selain isi dari makalahnya hal yang penting untuk di perhatikan juga yaitu cover, latar belakang, daftar gambar dan daftar tabel. Untuk isi makalah sendiri bisa kamu sesuaikan dengan judul dan tema yang kamu ambil.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.