Panduan Lengkap Cara Membuat Makalah Kuliah+Contoh

Masa-masa kuliah merupakan masa yang paling seru dan penuh dengan tantangan. Salah satu hal yang akan selalu di ingat ketika kuliah adalah tugas membuat makalah. Sebagai mahasiswa, kamu tentu harus tahu dong cara membuat makalah kuliah agar dapat nilai yang bagus dari dosen.

Namun fakta nya, masih banyak lho mahasiswa yang masih belum tahu cara buat makalah kuliah dengan baik. Untuk itu, kali ini tim carapedi akan membuatkan panduan lengkap agar kamu bisa bikin makanan tugas kuliah dengan mudah.

Mengenal Apa Itu Makalah

Makalah memiliki ruang lingkup tersendiri, makalah tidak bisa di samakan dengan karya-karya ilmiah lainnya. Meskipun terlihat mirip seperti paper, namun makalah memiliki banyak perbedaan.

Sebelum kita bahas cara membuat makalah kuliah, alangkah baiknya jika anda mengenal dulu dengan baik apa itu makalah dan hal-hal terkait dengan makalah.

A. Pengertian Makalah

Secara definisi makalah merupakan sebuah karya ilmiah yang membahas suatu pokok materi tertentu. Makalah dibuat dari hasil penelitian dan pengamatan langsung di lapangan dengan menggunakan metode tertentu.

Makalah biasanya di buar oleh siswa ataupun mahasiswa sebagai tugas dari guru atau dosen agar lulus mata pelajaran ataupun mata kuliah tertentu.

Sedangkan menurut W.J.S.Poerwadarminta 1994 memberikan definisi makalah sebagai uraian tertulis yang membahas sebuah masalah yang di kemukakan agar mendapatkan pembahasan lebih lanjut.

Di lain pihak BSN (Badan Standarirasi Nasional) mengemukakan arti makalah. Menurut BSN sebuah karya tulis asalkan memenuhi syarat seperti belum dipublikasikan, bersifat ilmiah dan mengandung unsur kekinian dapat disebut sebagai sebuah makalah.

B. Karakteristik Makalah

Dilihat dari sisi karakteristik nya, makalah memiliki beberapa perbedaan dengan karya ilmiah lainnya, baik paper ataupun yang lainnya. Adapun beberapa karakteristik makalah diantaranya adalah:

  • Makalah membahas sebuah kajian literatur yang sudah ada dari laporan kegiatan lapangan (hasil pengamatan)
  • Makalah dibuat untuk di persentase kan baik dalam seminar, diskusi ataupun yang lainnya
  • Memiliki 3 bagian penting mulai dari pendahuluan, isi dan penutup

C. Kategori Makalah

Makalah juga memiliki beberapa kategori lho. Berdasarkan sifatnya, makalah dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu:

  • Makalah Deduktif, merupakan sebuah makalah yang dibuat berdasarkan kajian teoritis yang sesuai dengan materi yang di bahas
  • Makalah Induktif, merupakan sebuah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang ada dan bersifat objektif dari hasil penelitian lapangan
  • Makalah Campuran, merupakan sebuah makalah yang dibuat berdasarkan kajian teoritis dan juga data empiris yang sesuai dengan materi yang di kaji

Struktur Makalah

Makalah tidak bisa asal buat lho, ada kerangka yang harus anda perhatikan. secara sederhana makalah hanya terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup saja.

Namun didalamnya terdapat beberapa komponen lain penyusun nya yang disebut dengan struktur makalah. Nah berikut ini adalah struktur makalah yang baik dan benar yang harus kamu pahami dengan baik.

A. Cover Makalah

Cover makalah merupakan bagian paling depan dari sebuah makalah. Cover merupakan sampul dari sebuah makalah yang isinya meliputi, judul, logo kampus, identitas penulis dan juga tahun terbit makalah.

Cover makalah dibuat dengan menggunakan huruf times new roman, ukuran 14 (judul), harus rata tengah dan juga dibuat dengan rapi menggunakan kertas A4.

B. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan bagian pembuka dari sebuah makalah yang berfungsi sebagai pembukaan dari sebuah makalah. Isi dari kata pengantar ini adalah berupa pengantar materi awal hingga masuk ke isi.

Kata pengantar ini penting untuk dibuat, sebagai latar belakang kamu membuat makalah itu untuk apa dengan tujuan apa. Bisa dikatakan, bahwa kata pengantar itu adalah basa-basi dalam sebuah karya ilmiah.

C. Daftar Isi

Daftar isi merupakan daftar materi yang ada dalam makalah. Semua materi yang dibahas dalam makalah ada dalam daftar isi. Biasanya yang di cantumkan dalam daftar isi ini adalah berupa judul dan sub judul saja.

Daftar ini penting untuk dibuat, fungsinya untuk mempermudah para pembaca menemukan materi yang paling mereka inginkan dengan mudah. Dalam daftar isi terdapat judul, sub judul dan juga nomor halamannya.

D. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan materi pembuka dalam sebuah makalah. Sebelum kamu tahu cara membuat makalah kuliah, kamu harus tahu dulu struktur dalam pendahuluan sebuah makalah.

Setidaknya ada 3 komponen dalam bagian pendahuluan yang menjadi struktur dalam penyusunan makalah. Adapun beberapa komponen yang ada pada pendahuluan makalah, yaitu:

  • Latar Belakang, merupakan sebuah jawaban dari pertanyaan seputar masalah dalam pembuatan makalah tersebut, atau hal yang melatarbelakangi pembuatan makalah tersebut, seperti mengapa memilih topik tersebut?, untuk apa melakukan penelitian tersebut? dan apa yang membuat kamu ingin menyelesaikan masalah tersebut?
  • Rumusan Masalah, merupakan daftar masalah yang akan di uraikan dalam sebuah makalah yang akan dibuat, biasanya berupa beberapa pertanyaan sesuai dengan masalah yang akan di angkat
  • Tujuan, merupakan deskripsi tujuan dari pembuatan makalah dengan memilih topik tersebut, biasanya di tuliskan secara singkat saja dalam beberapa poin

E. Isi Makalah

Isi makalah merupakan uraian materi yang di bahas dalam makalah. Mulai dari pengertian hingga pembahasan masalah dan solusi yang di temukan. Bagian isi makalah merupakan bagian yang paling penting dalam proses pembuatan makalah.

Bagian isi sebuah makalah dibuat berdasarkan rumusan masalah yang sudah dibuat pada bagian pendahuluan. Isi makalah biasanya berupa landasan teori, uraian materi serta solusi yang ditawarkan agar masalah tersebut bisa selesai.

F. Penutup

Penutup makalah merupakan ringkasan dari hasil uraian masalah pada bagian isi hingga penemuan solusi. Penutup makalah biasanya memiliki 2 komponen, yaitu:

  • Kesimpulan, merupakan rangkuman dari hasil uraian masalah dan penemuan solusi pada bagian isi makalah, sehingga pembaca bisa menemukan intisari dari pembahasan dalam makalah
  • Saran, merupakan bagian dari makalah yang di tujukan bagi pembaca makalah, atau merupakan harapan penulis bagi para pembaca yang sudah membaca makalah mereka

G. Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan daftar referensi yang digunakan penulis untuk membuat atau menyusun makalah tersebut. Referensi yang dimaksud bisa berupa sumber dari internet, buku, ataupun media lainnya yang menjadi sumber rujukan pembahasan materi dalam makalah.

Penulisan daftar pustaka harus memenuhi kaidah tertentu. Daftar pustaka biasanya ditulis meliputi dari judul buku, nama pengarang dan halaman buku yang di ambil sebagai sumber referensi.

Langkah Cara Membuat Makalah Kuliah

Cara buat makalah sebenarnya sangat mudah, baik itu tugas kuliah atau tugas di sekolah, bisa kamu buat dengan dengan menggunakan struktur makalah diatas.

Namun buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau kampus, hal ini tentu akan terasa sedikit sulit, karena biasanya takut salah. Jika demikian, maka silahkan kamu ikuti panduan lengkap berikut ini:

A. Pilih Topik Makalah yang Dikuasai

Hal pertama ketika pembuatan makalah yang harus diperhatikan adalah memilih topik yang akan digunakan. Dalam pemilihan topik usahakan kamu jangan asal pilih topik makalah.

Karena topik makalah akan menentukan tingkat kerumitan penyusunan nya. Maka dari itu pilih topik makalah yang benar-benar kamu kuasai dengan baik, atau paling tidak kamu punya referensi yang tepat untuk itu.

B. Buat Judul Makalah

Judul merupakan bagian spesifik dari sebuah tema makalah. Setelah kamu menentukan tema makalah, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat judul makalah.

Buatlah judul sesuai dengan tema yang kamu pilih. Agar terlihat lebih berkesan, buat judul yang menarik. Pastikan bahwa judul yang kamu buat memang bisa kamu buat dan kamu benar-benar memahami isinya dengan baik.

C. Cari Referensi Makalah

Ketika kamu membuat makalah kuliah, maka hal yang paling kamu butuhkan adalah referensi makalah. Silahkan kamu cari referensi makalah baik dari majalah, koran, buku, ataupun sumber lainnya.

Cari sumber referensi yang benar-benar relevan dengan makalah yang akan kamu buat. Jika kamu menemukan sumber dari internet, pastikan kamu mendapatkan sumber yang memang terpercaya.

D. Buat Kerangka Makalah

Sebelum kamu mulai membuat makalahnya, kamu harus membuat kerangka makalah terlebih dahulu. Ini memudahkan kamu dalam proses penyusunan nantinya.

Selain itu, hal ini juga membuat kamu agar tidak bingung saat akan menyusun makalah. Selebihnya, kamu bisa meminimalisir kesalahan dalam pembuatan makalah.

E. Tulis Makalah Sesuai Kerangka

Setelah kamu membuat kerangka makalah dengan baik, maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mulai menulis makalah yang akan kamu buat.

Mulailah buat cover, pendahuluan hingga ke isi makalah dan juga penutup makalah. Buat secara sistematis dan tersusun dengan baik antara judul, sub judul dan uraian materi pembahasanya.

F. Edit Makalah

Jika kamu sudah selesai menyusun makalah yang kamu buat tadi, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengedit makalah yang kamu buat tadi.

Jangan salah, proses ini sangat penting lho untuk memastikan tidak ada kesalahan kata atau pengetikan pada makalah yang kamu buat. Baca kembali makalah yang kamu buat cek setiap kata dan kalimatnya.

G. Jilid Makalah

Jika makalah sudah selesai kamu tik, maka langkah berikutnya tinggal kamu print out dan jilid makalah yang kamu buat tadi. Jilid dengan baik dan rapi menggunakan kertas A4.

Copy rangkap 2 makalah kamu untuk disetorkan ke dosen dan satu lagi untuk kamu gunakan sebagai bahan persentase.

Contoh Makalah Singkat

Untuk memahami langkah cara membuat makalah kuliah dengan lebih mudah, maka berikut ini saya berikan beberapa contoh makalah yang pernah saya buat pada waktu kuliah dulu.

Makalah ini memang bukan yang paling bagus, karena cuma dapet nilai C. Kamu jangan sampai seperti ini ya, buat makalah yang lebih bagus dari ini, ini hanya ilustrasi contoh makalah saja.

A. Contoh Cover Makalah

cara membuat makalah kuliah

B. Contoh Kata Pengantar Makalah

cara membuat makalah kuliah

C. Contoh Pendahuluan Makalah

cara membuat makalah kuliah

D. Contoh Isi Makalah

cara membuat makalah kuliah

E. Contoh Penutup Makalah

cara membuat makalah kuliah

Nah itulah langkah-langkah cara membuat makalah kuliah lengkap dengan contohnya. Jika kamu ingin mendapatkan contoh makalah diatas secara lengkap, kamu bisa download disini.