cara membuat laporan keuangan
Ilustrasi laporan keuangan

Cara Membuat Laporan Keuangan UKM Yang Bagus

Diposting pada

Laporan keuangan adalah salah satu komponen administrasi yang sangat penting untuk anda yang memiliki bisnis baik skala UKM maupun besar. Laporan keuangan ini merupakan salah satu bukti pertanggungjawaban dari pihak perusahaan kepada pihak stakeholder dengan berupa laporan keuangan. Jika anda bertanggung jawab pada bagian laporan keuangan maka anda harus memiliki wawasan yang bagus mengenai cara membuat laporan keuangan. Karena laporan keuangan merupakan jantungnya perusahaan, jadi tidak bisa di buat dengan asal-asalan.

Apa itu laporan keuangan?

Menurut PSAK nomor 01 tahun pengertian laporan keuangan adalah penyajian laporan data ter-struktur dari posisi keuangan serta kinerja keuangan suatu perusahaan atau entitas tertentu.

Sedangkan dalam buku intermediate accounting menyebutkan alaporan kuangan adalah ringkassan data dari sebuah proses pencatatan transaksi keuangan yang terjadi dalam satu tahun atau periode tertentu.

Jenis-jenis laporan keuangan

Menurut jenis dan cara membuat laporan keuangan terbagi menjadi beberapa jenis laporan. Nah beberapa jenis laporan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Laporan keuangan laba rugi yaitu jenis laporan transaksi keuangan berupa pendapatan dan pengeluaran
  2. Laporan keuangan perubahan modal yaitu laporan yang dibuat karena ada perubahan ekuitas pemilik pada suatu entitas atau perusahaan dalam periode tertentu
  3. Laporan neraca menampilkan informasi bagaimana keadaan keuangan dalam sebuah entitas atau perusahaan dalam periode tertentu
  4. Laporan arus kas adalah laporan yang menjabarkan bagaimana per-putaran uang kas dalam periode tertentu

Bagaimana cara membuat laporan keuangan?

Cara membuat laporan keuangan sebenarnya sangat mudah apalagi jika anda memang lulusan accounting, maka memuat laporan keuangan adalah hal yang biasa anda lakukan geluti semasa di kampus.

Membuat laporan bisa dengan berbagai cara baik dengan software maupun menggunakan microsoft excel secara manual.

Mana yang lebih mudah? Keduanya juga mudah!, hanya saja jika anda ingin yang lebih praktis maka gunakan sofware laporan keuangan.

Namun jika anda terbiasa menggunakan laporan manual maka cara membuat laporan keuangan di excel adalah jawaban yang tepat anda gunakan.

Langkah-langkah cara membuat laporan keuangan

Nah berikut ini adalah langkah-langkah membuat laporan keuangan dengan mudah, silahkan di simak baik-baik:

A. Mengumpulkan dan mencatat transaksi

Setiap perusahaan pasti melakukan berbagai transaksi keuangan baik berupa penerimaan maupun pengeluaran. Beberapa transaksi keuangan yang biasanya dilakukan oleh setiap perusahaan diantaranya adalah seperti:

  1. Transaksi pembelian
  2. Transaksi penjualan
  3. Transaksi penukaran barang
  4. Pengiriman barang
  5. Dan berbagai transaksi lainnya

Nah ketika terjadi transaksi seperti ini, biasanya setiap perusahaan mewajibkan adanya bukti transaksi sebagai landasan dasar pencatatan laporan keuangan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa semua data transaksi tersebut tercatat dengan baik dan dilengkapi dengan bukti transaksi secara lengkap dan terperinci.

B. Masukkan kedalam buku besar

Nah, setelah anda mencatat semua transaksi keuangan perusahaan, selanjutnya tinggal anda masukkan kedalam buku besar. Dalam buku besar ini berisi catatan berbagai transaksi perusahaan secara rinci.

Tugas anda adalah memindahkan setiap catatan transaksi perusahaan kedalam buku besar ini. Catat persis seperti rincian transaksi dalam jurnal yang anda catat sebelumnya.

C. Susun neraca saldo

Neraca saldo merupakan daftar rekening buku besar dengan rincian saldo debit maupun kredit. Setelah anda memasukkan data rinci ke buku besar, selanjutnya tinggal anda susun neraca saldo nya.

Setiap daftar rekening pada buku besar akan di kelompokan menjadi kelompok aktif dan pasif.

Neraca saldo ini akan digunakan untuk cek keseimbangan debit dan kredit pada semua rekening.

D. Mengumpulkan data lain yang dibutuhkan

Setiap cara membuat laporan keuangan biasanya suka ada beberapa laporan yang tertinggal. Maka silahkan anda kumpulkan semua data yang belum tercatat tersebut pada akhir periode pencatatan.

E. Menyusun neraca lajur

Neraca lajur perlu kita buat dan pasti akan sangat anda butuhkan untuk membuat laporan keuangan. Neraca lajur ini dapat membantu anda mempermudah anda ketika menyusun laporan keuangan.

Anda perlu menyusun neraca lajur dengan dan menyesuaikan nya dengan data yang diperoleh dari jurnal penyesuaian sebelumnya.

F. Cara membuat laporan keuangan

Setelah laporan tersusun pada neraca lajur, maka selanjutnya tinggal anda buat laporannya dengan bagus dan rapi. Anda tidak akan kesulitan ketika membuat laporan keuangannya karena dalam neraca lajur sudah di pisah-pisahkan keuangan yang akan di laporkan hingga rugi laba nya.

Untuk membuat laporan keuangannya anda bisa menggunakan bantuan software aplikasi akuntansi laporan keuangan agar lebih mudah membuat laporan keuangannya.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action