cara membuat laporan
Laporan kegiatan

Panduan Cara Membuat Laporan Kegiatan Yang Benar

Diposting pada

Buat kamu yang masih duduk di bangku kampus atau di bangku sekolah, dengan status sebagai mahasiswa dan siswa, biasanya sering banget mendapatkan tugas untuk membuat sebuah laporan ketika selesai mengadakan sebuah kegiatan. Nah biasanya banyak diantaranya mahasiswa atau siswa yang ikut serta dalam acar tersebut tidak mengetahui bagaimana cara membuat laporan yang baik dan benar sehingga pada akhirnya isi laporan yang mereka buat tersebut ngawur dan tidak ter struktur dengan baik, bahkan jauh dari kaidah-kaidah pembuatan nya

Dalam proses pembatasannya, bukan hanya bahasa penyusunan saja yang harus kamu perhatikan dengan baik, namun cara dan struktur membuat laporan kegiatan juga harus diperhatikan dengan baik. Sehingga laporan dapat di terima dengan baik oleh dosen atau guru yang memberikan tugas tersebut.

Nah agar laporan kegiatan tersebut baik dan benar serta sesuai dengan kaidah penulisan yang benar, maka perlu tahu dengan baik cara pembuatan dan proses penyusunan nya.

Kenapa sih menulis laporan itu harus baik benar?

Laporan kegiatan merupakan salah satu karya ilmiah yang tersusun secara sistematis dan menggunakan bahasa yang baku dan formal. Bahkan format yang digunakan dalam proses penyusunan nya pun menggunakan format khusus.

Ketika penulisannya tidak ilmiah dan tidak ter struktur maka hal tersebut akan keluar dari kaidah laporan yang seharusnya.

Maka dari itulah kenapa ketika kamu membuat laporan kegiatan harus dibuat dengan bahasa baku, jelas dan detail.

Apa manfaat mengetahui cara membuat laporan ini?

Jika anda membaca artikel ini maka anda dapat mendapatkan banyak sekali manfaat terutama yang berkaitan dengan proses pembuatan laporan. Nah beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Dapat membuat laporan sesuai dengan aturannya
  2. Dapat di terima laporan kegiatannya dengan baik
  3. Laporan sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah baku
  4. Menciptakan laporan yang sesuai dengan norma penulisan karya ilmiah

Seperti apakah struktur dan cara membuat laporan yang benar?

Dalam prosesnya, cara membuat laporan ini memang lah ada aturan dan struktur nya secara terpisah. Nah, jika kamu belum memahaminya dengan baik berikut ini saya berikan referensi struktur dan cara membuatnya, silahkan dibaca dengan baik:

A.     Bagian pendahuluan

Dibagian ini kamu harus menggambarkan secara jelas latar belakang dari kegiatan yang sedang berlangsung atau yang kamu jalani tersebut yang dalam hal ini yang sedang kamu buat laporan kegiatannya.

Pada bagian pendahuluan ini, silahkan kamu masukan tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan, tanggal pelaksanaan, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan secara terperinci dan detail.

Bagian pendahuluan ini bisa dikatakan sebagai rangkuman dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan atau yang anda ikuti.

Maka dari itu, ceritakan saja apa yang dilaksanakan secara gamblang apa yang ada dalam kegiatan tersebut. Mulai dari hari pertama pelaksanaan kegiatan hingga acara penutupan kegiatan.

B.     Bagian uraian kegiatan

Selanjutnya, pada bagian ini kamu sampaikan rentetan acara pelaksanaan kegiatan secara detail. Mulai dari pelaksanaan kegiatan pada hari pertama, hari kedua, hingga hari penutup. Ceritakan saja rentetan acaranya secara detail dan rinci apa yang dilakukan dalam acara tersebut.

Jangan lupa juga, cantumkan susunan acara kegiatan tersebut, berikan penjelasan pada setiap waktu kegiatan berlangsung mulai dari hari pertama kegiatan hingga hari terakhir.

C.      Bagian penutup

Penutup adalah bagian akhir dari laporan yang kamu buat. Dalam bagian penutup ini kamu harus memberikan kesimpulan dari hasil kegiatan yang berlangsung tersebut.

Ceritakan apa hasil dari acara yang kamu ikuti tersebut. Apa saja yang bisa kamu ambil dari acara itu.

Setelah itu, kemudian bagaimana pesan dan kesannya, adakah bagian yang kurang menarik bahkan mengganggu dari acara tersebut. Sampaikan secara detail dan terperinci serta jelas.

Pada bagian penutup ini juga kamu berikan kesimpulan dari hasil kegiatan yang kamu ikuti tersebut. Apa saja hasil dari acara tersebut yang bisa kamu ambil pesan nya.

Kemudian bagaimana pesan dan kesannya, adakah bagian yang kurang dari acara tersebut. Sampaikan secara detail dan terperinci serta jelas.

D.     Bagian lampiran

Lampiran juga merupakan bagian penting dari cara membuat laporan, dimana pada bagian ini anda harus menyisipkan berbagai dokumen kegiatan yang anda ikuti.

Dalam lampiran tersebut biasanya ada foto-foto kegiatan ataupun berkas lainnya yang penting sebagai bukti kunjungan ataupun hal lainnya.

Gambar Gravatar
Saya Mustakim, seorang lulusan sarjana pendidikan yang tertarik dengan dunia blogging sejak 2017. Kesibukan saya sehari-hari adalah menulis di blog sendiri. Namun, terkadang juga menulis di blog orang lain yang jadi klien saya.