cara membuat kopi
Gambar By Canva & Pixabay

3 Cara Membuat Kopi Nikmat, Tanpa Ampas Ala Barista

Diposting pada

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling akrab dengan orang Indonesia. Namun, meski banyak orang Indonesia yang suka dengan kopi, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat kopi. Apalagi membuat seduhan kopi nikmat ala barista cafe.

Banyaknya tempat Kopi Shop menujukan bahwa banyak orang Indonesia yang suka kopi. Namun tidak semuanya bisa membuat kopi yang enak bahkan lebih enak dari kopi buatan barista Kopi Shop.

Ketimbang kamu pergi ke Kopi Shop dan harus bayar mahal, kamu juga bisa kok bikin seduhan kopi nikmat sendiri di rumah seperti ala barista. Artikel ini akan membantu kamu membuatnya.

Cara Membuat Kopi Ala Barista

Seduhan kopi di cafe memang lebih terasa nikmat ketimbang bikinan sendiri. Tentu saja, dibalik rasanya yang nikmat, ada bahan dan cara pengolahan khusus yang dilakukan oleh seorang barista cafe sehingga bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang sangat nikmat.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara yang bisa kamu contek untuk bikin kopi nikmat se nikmat kopi ala barista. Mau tahu cara bikin nya, berikut langkah-langkahnya:

1) Pilih Biji Kopi Terbaik

Biji kopi yang akan digunakan untuk membuat kopi nikmat harus dipilih dengan baik. Jangan menggunakan kopi sachet’an ataupun kopi instan lainnnya, merek apapun.

Pilih dan gunakan biji kopi yang terbaik yang masih segar yang berasal dari pohon kopi langsung atau yang baru selesai di sangrai. Kopi seperti ini akan memberikan citarasa yang lebih tinggi dan lebih nikmat.

2) Giling Kopi dengan Baik

Setelah proses pemilihan kopi selesai dan kamu sudah mendapatkan biji kopi pilihan, maka selanjutnya kamu giling biji kopi tersebut dengan baik. Proses penggilingan biji kopi ini tidak boleh sembarangan dan asal-asalan.

Biji kopi harus sudah benar-benar kering dan sudah di sangrai dengan baik. Kemudian giling dengan menggunakan grinder penggiling kopi. Bersihkan alatnya terlebih dahulu, jangan ada aroma lain dari mesin grinder yang digunakan karena akan mengganggu aroma kopi.

3) Seduh Kopi dengan Takaran yang Pas

Membuat kopi nikmat memang tidak bisa sembarangan. Takaran yang digunakan ketika menyeduh kopi harus diperhatikan. Antara air panas dan takaran kopi nya harus pas.

Apabila salah satunya kebanyakan, maka akan mempengaruhi rasa kopi nya. Jika air terlalu banyak maka rasa kopi akan hambar, jika terlalu sedikit, kopi akan terasa pahit. Takaran kopi dan air yang pas adalah 1 gram kopi di seduh dengan 15CC air panas.

4) Perhatikan Suhu Air Panas

Untuk menciptakan kopi nikmat, kamu juga tidak bisa sembarangan menggunakan air panas untuk menyeduh nya. Tingkat air panas yang digunakan harus sesuai dan ada aturannya.

Agar kopi yang kamu seduh menjadi kopi yang nikmat dengan aroma yang enak, disarankan untuk menggunakan air panas yang bersuhu 89 hingga 96 derajat celcius. Air yang mendidik dan terlalu panas ternyata dapat merusak kualitas kopi dan berpengaruh pada rasa kopi yang dihasilkan.

5) Tambahkan Susu atau Creamer

Untuk menambah rasa yang lebih nikmat pada kopi yang dibuat, maka kamu perlu menambahkan susu. Agar lebih mewah rasanya, gunakan susu UHT. Susu UHT pas digunakan untuk kopi espresso.

Jika kamu ingin rasanya sedikit lebih kalem, kamu bisa tambahkan creamer. Creamer lebih lembut rasanya ketimbang susu.

6) Gunakan Teknik Dripper

Dripper adalah salah satu cara membuat kopi nikmat ala barista. Teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan air yang menetes perlahan setelah kopi di seduh dengan air panas.

Masukkan kopi kedalam wadah dripper, kemudian tuangkan air panas kedalam kettle. Tuangkan air panas tersebut secara perlahan jangan langsung di tuangkan.

7) Sajikan Kopi

Tuangkan kopi kedalam canggih secara perlahan dengan baik. Hidangkan dengan bentuk dan hiasan yang kamu suka agar hidangan kopi terlihat lebih menarik dari hidangan kopi biasa.

Dengan demikian maka kopi ala barista buatan kamu kini siap kamu minum. Kopi tersebut akan lebih menarik dari kopi yang kamu buat dengan cara yang biasa.

Cara Membuat Kopi Bubuk Tanpa Ampas

Kopi bubuk memberikan sensasi minum kopi yang menarik. Namun ada hal yang mengurangi rasa nikmat saat meminumnya, yaitu ampas kopi. Apalagi jika ampas kopi tersebut sampai tertelan, tentu akan tidak enak sekali di tenggorokan.

Agar kita bisa ngopi dengan nikmat maka kopi tersebut harus kita buat dengan cara yang khusus agar ampas nya tidak terminum. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, yaitu:

1) Pilih Bubuk Kopi Terbaik

Sebelum mulai membuat kopi tanpa ampas, kamu pilih dulu jenis kopi yang bagus. Jenis bubuk kopi yang bagus adalah kopi yang masih segar dan tidak memiliki kulit pada bagian luar biji kopi nya.

Jika kamu tidak mau menumbuk dulu kopi nya, maka pilih saja jenis bubuk kopi yang memang tidak ada kulit kopi yang tercampur pada bubuk kopi tersebut.

2) Gunakan Air Panas 890 Celsius

Setelah kamu mempersiapkan bubuk kopi pilihan, selanjutnya kamu siapkan air panas dengan suhu 890. Air dengan suhu ini adalah yang terbaik dan bagus untuk kopi yang kamu buat.

Air panas dengan suhu 890 tidak akan merusak serbuk kopi dan tidak akan merubah rasanya. Suhu 890 adalah suhu terbaik untuk membuat kopi yang enak dan nikmat.

3) Seduh Kopi

Selanjutnya kamu seduh kopi tadi dengan menggunakan air hangat yang sudah kamu persiapkan. Tuangkan bubuk kopi pada gelas, kemudian tuangkan air secara perlahan pada kopi dalam gelas.

Sesuaikan takaran air dengan kopi nya. Jangan terlalu banyak, jangan pula terlalu sedikit. Pastikan takaran keduanya pas.

4) Aduk Kopi 15-20 Detik

Salah satu letak inti dari cara membuat kopi tanpa ampas ini adalah pada teknik mengaduk ini. Aduk kopi dalam waktu 15 hingga 20 detik. Cara ini jangan sampai salah dan jangan kamu lewatkan.

Aduk dengan menggunakan sendok selama 15-20 detik dengan gerakan satu arah yang sama. Pastikan semua kopi teraduk dengan rata. Ini akan membuat semua ampas kopi yang mengambang turun ke bawah.

5) Diamkan 1 Menit

Setelah itu, kamu diamkan kopi yang sudah kamu seduh tadi selama 1 menit saja. Hal ini bertujuan agar ampas kopi turun ke bawah gelas. Dengan demikian maka kamu bisa memisahkannya dengan mudah.

Setelah satu menit, kamu akan melihat ampas kopi yang turun ke bagian bawah gelas dan terpisah dari air kopi.

6) Pisahkan Air Kopi, Tambahkan Susu

Setelah air kopi tersebut terpisah dengan ampas nya, selanjutnya kamu tuangkan air kopi tersebut ke gelas lain dan pisahkan dari ampas kopi nya. Tuangkan secara perlahan, kamu juga bisa menggunakan saringan kopi.

Setelah di tuangkan, tambahkan susu atau creamer agar kopi lebih manis dan lebih nikmat. Kamu juga bisa menambahkan gula jika memang terasa kurang manis.

Note: Saat kamu membuat kopi tanpa ampas, jangan sampai kamu buang ampas kopi tersebut. Karena bias kamu manfaatkan untuk mengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan kopi sangat ampuh dan tidak membahayakan, karena menggunakan bahan alami.

Cara Membuat Kopi Hitam yang Mantap

Kopi hitam memiliki banyak sekali penggemar. Kopi hitam mampu memberikan sensasi minum kopi yang sesungguhnya. Namun rasanya yang pahit dan ampas nya terkadang membuat seduhan kopi hitam tidak begitu berkesan.

Untuk membuat kopi hitam yang enak dan nikmat, dibutuhkan teknik penyajian yang khusus. Nah jika kamu ingin membuat kopi hitam yang mantap, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1) Didihkan 2 Cangkir Air Mineral

Pertama, kamu didihkan 2 cangkir air mineral kedalam wadah. Penggunaan air mineral ditujukan agar hasilnya jauh lebih bagus dan tidak merusak cita rasa kopi.

Nyalakan kompor dan diamkan sampai air benar-benar mendidih. Air mendidih tandanya muncul buih-buih dari dasar panci yang digunakan untuk mendidihkannya.

2) Masukkan Bubuk Kopi Ke Air Mendidih

Saat air mendidih, kamu masukkan bubuk kopi hitam kedalamnya. Aduk secara perlahan selama 15-20 detik. Biarkan kopi tercampur rata dengan baik.

Setelah di aduk, diamkan selama 1 menit sampai ampas kopi turun ke bagian bawah panci agar tidak ada ampas yang tercampur saat kamu menghidangkan kopi tersebut.

3) Tuangkan Air Kopi ke Gelas

Setelah ampas kopi turun, kamu tuangkan air kopi nya kedalam gelas. Agar tidak ada ampas kopi yang ikut, gunakan saringan khusus kopi agar ampas tidak masuk ke gelas.

Tuangkan kopi pada gelas yang akan kamu gunakan untuk menghidangkan kopi tersebut. Tuangkan secara perlahan agar ampas kopi nya tidak ikut turun kedalam gelas.

4) Tambahkan Gula atau Susu

Untuk menambahkan rasa manis kamu bisa menambahkan gula secukupnya sesuai selera. Jika kamu ingin mendapatkan sedikit rasa smoot pada kopi hitam yang kamu hidangkan, tambahkan susu.

Namun jika kamu ingin merasakan rasa original kopi hitam, maka cukup kamu tambahkan gula saja.

Nah itulah beberapa tahapan dan langkah cara membuat kopi nikmat tanpa ampas ala barista caffe. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, cobain deh.

Gambar Gravatar
Penulis Profesional di Hallokim.com | Jasa Penulis Artikel SEO Terpercaya | 0896-0896-0097

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.