7 Langkah Cara Membuat Kartu Nama di Photoshop Cs 3-6

Membuat kartu nama tidak hanya identitas harus lengkap tetapi desain juga harus menarik. Oleh sebab itu tidak boleh asal-asalan ketika memilih aplikasi yang bagus. Berikut akan dijelaskan tentang langkah-langkah cara membuat kartu nama di Photoshop Cs 3-6 dengan mudah.

Membuat kartu nama di aplikasi Photoshop memang sudah populer sekali. Sebab aplikasi ini yang terbaik dibandingkan yang lainnya. Bahkan para pendesain profesional banyak yang menggunakan aplikasi photoshop untuk kebutuhan mereka.

Cara Membuat Kartu Nama Keren Di Photoshop

Bagi kamu yang masih pemula, silakan simak tulisan saya berikut yang berisi tahapan pembuatan kartu nama di Photoshop. Namun sebelumnya pengguna harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Silahkan kamu aplikasinya terlebih dahulu:

1. Buka Aplikasi Photoshop

Langkah pertama cara membuat kartu nama di Photoshop Cs 3-6 yang pertama adalah membuka aplikasi Photoshop terlebih dahulu. Karena di app itulah kartu nama akan dibuat sebelum disimpan di komputer.

Untuk membuka aplikasi pengguna tidak perlu register. Yang terpenting adalah aplikasi sudah diunduh atau di-download dan instalasi sudah berhasil. Karena jika gagal tentu software tidak akan terpasang di PC.

Untuk membuka aplikasi Photoshop berapapun versinya caranya cukup mudah. Tinggal klik saja ikon aplikasi lalu tunggu proses aktivasi yang berlangsung. Umumnya aktivasi photoshop berjalan secara otomatis.

Jika aplikasi Photoshop sudah terbuka baru pengguna memasuki langkah tahapan yang kedua. Ini sudah masuk pada teknik untuk desain kartu nama yang akan dibuat melalui aplikasi.

2. Buat Halaman Kerja Baru

Langkah cara membuat kartu nama keren di Photoshop Cs 3-6 yang ke dua adalah membuat halaman baru. Maksudnya, pengguna harus membuat kanvas terlebih dahulu yang ukurannya sama dengan ukuran kartu nama.

Di halaman baru itu desain kartu nama akan dilakukan. Termasuk memasang template, mengedit background, menulis biodata diri dan selainnya. Karena itu, hal ini merupakan cara paling utama jika menggunakan Photoshop.

Untuk membuat halaman kerja baru pengguna cukup klik menu File yang ada di barisan tool bar. Setelah itu, Tap New. Jika sudah muncul kotak berisi ukuran kertas isi saja dengan ukuran kartu nama.

3. Buat Background Kartu Nama

Background merupakan hal yang cukup penting bagi editing gambar termasuk kartu nama. Tanpanya, justru tampilan kartu nama tidak cantik dan terkesan membosankan. Bisa jadi orang malas untuk menyimpannya.

Karena alasan di atas langkah yang ketiga adalah membuat background kartu nama di Photoshop. Silakan dipilih warna background yang memang cantik dan sesuai dengan tema kartu nama.

Untuk caranya silakan klik Gradient Tool lalu aktifkan Pra tinjau yang ada di kiri atas desktop. Di sanalah pengguna bisa merubah gambar background sesuai keinginan. Sekadar saran silakan buat background berwarna terang agar tampilan kartu lebih menarik.

4. Pilih dan Gunakan Warna yang Pas

Cara membuat kartu nama di Photoshop selanjutnya adalah memilih warna. Unsur yang terpenting dari desain kartu nama adalah memilih warna yang pas. Pihak admin hanya menyediakan tool saja. Orang yang memilih adalah pendesain itu sendiri. Maka dari itu diperlukan kreativitas yang baik.

Pewarnaan yang utuh maupun gradasi tetap menunjang hasil desain kartu. Ini yang menjadi alasan mengapa aplikasi Photoshop adalah software desain yang bagus. Sebab di aplikasi ini selain aktivasi warna mudah, pengguna juga bisa memilih gradasi warna yang elegan.

Untuk caranya pengguna cukup memainkan di menu Pratinjau (poin 3). Silakan lakukan pemasangan warna yang bagus. Jika kurang cocok bisa dirubah dan diganti dengan warna yang lebih menarik.

5. Tambahkan Teks (Sesuaikan Warna-nya)

Langkah berikut adalah mulai menambahkan teks kartu nama. Pastikan warna teks sesuai agar tidak terjadi kontras pada hasil desain. Karena ketika kartu nama sudah di-print tentu hasilnya tidak akan memuaskan.

Untuk teksnya sendiri pastikan memilih yang memang khas kartu nama yaitu singkat dan berisi identitas diri. Karena jika terlalu panjang kartu nama juga terlihat tidak elegan. Bahkan kesannya seperti kartu ucapan.

Untuk menyisipkan teks ke template kartu nama silakan klik Text Tool. Jika Tool Bar sudah muncul biasanya ada di bagian atas desktop, maka mulailah menentukan ukuran font dan title font yang digunakan. Setelah itu klik kursor di tengah kanvas lalu mulai menulis.

6. Tambahkan Gambar

Jika di dalam kartu nama ingin dimasukkan gambar atau foto diri, maka itu juga bagus dilakukan. Yang terpenting ukuran gambar sesuai dengan huruf dan size kartu nama secara keseluruhan.

Jika tidak ingin menggunakan gambar diri mungkin logo perusahaan atau komunitas yang diikuti. Silakan gambar tersebut dipasang lalu letakkan di posisi yang tepat. Umumnya, berada di kanan atas kartu nama dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Untuk menambahkan gambar silakan di-drag gambarnya. Setelah itu klik Quick Selection Tool untuk melakukan pengaturan gambar yang sudah dipindahkan. Jika sudah muncul garis di tepian gambar silakan geser untuk memperbesar atau memperkecil ukurannya.

7. Audit Kembali Desain Kartu Nama

Nah, jika semua langkah cara membuat kartu nama di Photoshop CS 3-6 sudah dilakukan berarti pembuatan kartu nama sudah selesai. Namun pengguna jangan langsung menyimpan hasil desain tetapi lakukan audit terlebih dahulu.

Pastikan semua pengaturan kartu nama tepat termasuk teks yang ada di dalamnya. Jangan sampai ada satu font pun yang salah ketik. Karena pasti orang akan menganggap pendesainnya tidak profesional.

Jika auditori sudah selesai baru mulai menyimpan hasil desain dengan klik menu File lalu pilih Save As. Silakan tentukan directory penyimpanan lalu tap Save. Pengguna juga bisa langsung print dari photoshop dengan cara klik ikon printer di bagian atas. Langkah cara membuat kartu nama di Photoshop CS 3-6 yang sudah dijelaskan merupakan teknik yang termudah. Umumnya bisa diterapkan untuk berbagai versi Photoshop baik yang jadul maupun yang sudah kelas terkini.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.