2 Cara Membuat Kartu Nama dengan Microsoft Word 2010

Cara membuat kartu nama dengan Microsoft Word 2010 sangat mudah. Pasalnya, di word 2010 sudah disediakan fitur desain kartu nama yang lengkap. Pengguna tinggal melakukan editing saja sesuai dengan identitas yang akan diletakkan.

Secara garis besar, cara membuat kartu nama di Word 2010 dibagi menjadi dua. Yaitu, menggunakan fitur template sedangkan yang kedua membuat kartu nama menggunakan tool Table. Nah, di bawah ini akan dijelaskan kedua-duanya.

Cara Membuat Kartu Nama Menggunakan Fitur Template di Word 2010

Membuat kartu nama menggunakan fitur Template adalah cara termudah. Sebab, pengguna tidak perlu merancang tampilan kartu nama. Karena fitur sudah menyediakan lengkap dengan desain model dan warna. Untuk caranya silakan simak list berikut:

1. Buka Aplikasi Word 2010

Karena kartu nama akan dibuat di word 2010, maka silakan buka aplikasinya terlebih dahulu. Silakan klik gambar Windows lalu pilih Microsoft office. Setelah itu baru pilih Microsoft Word 2010.

2. Klik Menu File

Menu File adalah fitur yang berisi perlengkapan dasar desain kartu nama. Seperti membuat halaman kerja baru, menyimpan hasil desain dan selainnya. Posisinya di baris tolbar bagian atas. Silakan klik fitur tersebut.

3. Klik New

Karena ingin membuat kartu nama dan bukan menyimpan apalagi copy naskah, maka klik saja fitur New. Tool ini akan muncul jika menu File sudah di-tap (poin 1). Jika sudah selesai maka akan muncul jendela kerja baru tampil di layar.

4. Ketik Card Bussines di Kotak Search

Langkah berikutnya adalah mulai mencari fitur kartu nama. Caranya dengan mengetikkan Card Bussines di kotak search. Letaknya di bagian atas yang akan terbuka jika Anda sudah klik fitur New. Jika sudah selesai diketik tekan Enter.

5. Memilih Template Kartu Nama

Cara membuat kartu nama dengan Microsoft  Word 2010 yang ke lima adalah memilih template kartu nama. Jika tulisan Card Bussines sudah diketikkan dan di-enter (poin 4), maka beberapa pilihan template akan bermunculan.

Silakan dipilih sesuai keinginan. Jika sudah menentukan pilihan silakan klik template tersebut lalu pilih Create. Maka secara otomatis template akan terbuka yang artinya Anda sudah siap melakukan pengaturan.

6. Melakukan Pengaturan Data

Langkah yang berikutnya adalah mengunggah data kartu nama. Anda tidak perlu melakukan tata letak lagi, letakkan saja tulisan di atas tulisan bawaan fitur kartu nama. Hasilnya tetap terlihat bagus dan menarik.

7. Save Desain Kartu Nama

Jika perubahan selesai dilakukan, maka selesai pula pembuatan kartu nama. Anda tinggal menyimpannya saja ke folder. Caranya tekan control S atau klik menu File lalu pilih Save As. Silakan dipilih directory penyimpanan klik Oke.

Cara Membuat Kartu Nama Menggunakan Table

Membuat kartu nama di Microsoft Word 2010 tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Template saja. Tetapi juga bisa menggunakan fitur Table. Ini merupakan cara manual yang untuk melakukannya dibutuhkan kreativitas dalam memainkan garis. Ini dia caranya:

1. Buka Microsoft Word 2010

Langkah yang pertama adalah silakan buka Microsoft Word 2020. Untuk langkahnya mudah karena tinggal mengakses tool Windows di pojok kiri bawah lalu pilih Microsoft Office. Jika muncul banyak pilihan klik saja Word 2010.

2. Klik Tab Insert

Jika Microsoft Word 2010 sudah terbuka, silakan lihat toolbar bagian atas. Dalam barisan tersebut ada fitur bertulisan Insert. Silakan klik untuk menemukan fitur Table. Karena tool desainnya ada di dalam fitur tersebut.

3. Klik Fitur Table

Jika poin 3 sudah dilakukan dan fitur Table sudah muncul silakan klik gambar ikonnya. Anda akan diarahkan pada jendela baru yang dipenuhi dengan desain table berbagai ukuran dan bentuk.

4. Tentukan Jumlah Kolom dan Baris

Langkah berikutnya adalah menentukan jumlah kolom dan baris. Sesuaikan dengan jumlah kartu nama yang akan dibuat. Pastikan pula ukuran antar kolom baris yang satu dengan yang lain adalah sama.

Sehingga ketika akan di-print hasilnya lebih rapi dan bagus. Anda tinggal memotongnya saja lalu diberikan kepada orang lain, rekan kerja atau sebagai persediaan di dompet yang sekali waktu bisa digunakan.

5. Input Data Identitas

Jika poin empat sudah dilakukan maka sudah waktunya menginput data identitas. Caranya dengan meletakkan cursor di dalam satu kolom. Setelah itu mulai ketik nama, alamat, nomor HP dan semacamnya. Jangan lupa copy naskah lalu paste di kolom yang lain.

6. Lakukan Desain Kartu Nama

Cara yang ke enam adalah melakukan desain kartu nama. Termasuk mengubah warna huruf, mengatur ukuran font, menyisipkan image dan semacamnya. Semua tool sudah tersedia dan berada di menu Home.

7. Save Kartu Nama

Langkah yang terakhir adalah save atau menyimpan kartu nama. Namun sebelumnya periksa dulu apakah data sudah benar atau tidak. Jika sudah tepat baru save desain dengan cara klik File.

Jika sudah muncul ragam pilihan pilih Save As. Tentukan dimana desain akan disimpan, lalu klik Save. Selesai, kartu nama sudah siap digunakan dan dibagikan kepada rekan dan klien kerja.

Jika menerapkan cara membuat kartu nama dengan Microsoft Word 2010 di atas, desain 85% berhasil. Sedangkan yang 15% disebabkan oleh adanya kesalahan men-desain. Tak kalah pentingnya teknik hanya bisa diterapkan pada Word 2010 bukan yang lain.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.