cara membuat grafik
Membuat grafik di excel dan di Word 2010 | Carapedi.id

Panduan Cara Membuat Grafik di Excel & WORD 2010

Diposting pada

Grafik merupakan visualisasi data tabel yang sudah di buat sebelumnya dan di tampilkan kembali dalam bentuk visual dengan bentuk simbol-simbol seperti batang, bagan, garis dan lain sebagainya. Cara membuat grafik bisa dilakukan dengan menggunakan microsoft excel maupun microsoft Word.

Semua seri dari kedua software tersebut bisa di gunakan untuk membuat grafik. Karena di semua versi microsoft Office sudah di tanam fitur grafik. Anda tinggal mengintegrasikan nya dengan tabel yang sudah anda buat.

Fungsi dan manfaat grafik

Fitur grafik pada microsoft excel memiliki peran dan kegunaan yang cukup penting terutama yang berhubungan dengan data.

Nah beberapa manfaat dan fungsi grafik tersebut diantaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Untuk mempermudah memahami data
  2. Untuk menyajikan data dalam bentuk visual
  3. Untuk mempermudah melihat data rinci
  4. Melihat secara langsung keterkaitan antar data 1 dengan data lainnya

Bagian-bagian penting pada grafik

Perlu anda ketahui bahwa pada grafik ada beberapa bagian yang dianggap sangat penting yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum anda membuatnya. Bagian-bagian penting tersebut diantaranya adalah:

  1. Bagian chart title: Yaitu judul dari grafik
  2. Bagian vertical axis: Adalah rumus perhitungannya yang disebut sebagai sumbu Y, sedangkan sajian datanya menyajikan total penjualan
  3. Horizontal axis: Yaitu kebalikan dari Vertikal axis yang berfungsi sebagai sumbu X dengan menyajikan kategori data
  4. Data series: Yaitu penyajian data dari hasil ukur
  5. Legend: Yaitu identifikasi setiap serial data dengan di wakili oleh masing-masing warna pada grafik

Bagaimana cara membuat grafik?

Seperti yang sudah di katakan sebelumnya bahwa cara membuat grafik itu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Nah kali ini saya akan membagikan 2 cara saja yang bisa anda gunakan. Yaitu dengan menggunakan Word dan excel.

Untuk anda yang belum tahu bagaimana cara membuatnya, berikut ini saya uraikan detail penjelasannya.

A. Cara membuat grafik di excel 2013 atau 2010

Anda bisa membuat grafik dengan menggunakan microsoft excel. Versi microsoft excel yang digunakan pun bisa menggunakan versi 2010 atau versi 2013. Kedua versi ini saya sarankan karena memiliki tampilan grafik yang lebih menarik.

Membuat grafik di excel bisa anda ikuti seperti pada langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Ms.excel
  • Buat data excel dan sajikan dalam bentuk tabel dengan lengkap pada setiap baris dan kolom nya
cara membuat grafik
Data tabel yang akan di berikan grafik | carapedi.id
  • Silahkan anda blok semua data pada tabel tersebut
cara membuat grafik
Blok semua data pada tabel | carapedi.id
  • Klik tab insert> charts
  • Klik panah bawah pada menu column
cara membuat grafik
Tampilan grafik pada tab insert menu | carapedi.id
  • Klik all chart types…
  • Maka anda akan di diarahkan pada menu insert chart
cara membuat grafik
Tampilan menu insert chart, disini anda bisa memilih berbagai bentuk chart yang di inginkan
  • Silahkan anda pilih jenis chart yang di inginkan, di excel ada beberapa jenis chart yang bisa dipilih seperti:
    • Colum
    • Line
    • Pie
    • Bar
    • Area
    • Scatter
    • Surface
    • Doughunt
    • Buble
    • Radar
  • Silahkan anda klik pada salah satu jenis chart yang di inginkan dan yang paling sesuai dengan  data
  • Klik OK
  • Setelah itu, grafik yang anda pilih tadi akan masuk otomatis pada halaman kerja excel
cara membuat grafik
Tampilan grafik setelah di integrasikan dengan data tabel
  • Selanjutnya anda tinggal rapi kan posisinya sesuai dengan yang anda inginkan
  • Jika anda ingin merubah warna atau bentuk tersebut maka anda klik pada grafik nya
  • Klik tab design
  • Klik tanda panah bawah pada tab chart style
  • Pilih warna dan bentuk grafik yang di inginkan
  • Klik OK
  • Selesai

Baca juga:

  1. Panduan membuat struktur organisasi di Word
  2. Panduan membuat Word ke PDF

B. Cara membuat grafik di word 2010

Selain membuat grafik di excel, anda juga bisa membuatnya di Word. Nah cara membuat grafik di Word bisa anda ikuti seperti pada langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan anda persiapkan data yang akan dibuat kedalam grafik dalam bentuk tabel
  2. Klik tab insert
  3. Klik table
  4. Pilih dan klik insert table
  5. Tentukan jumlah kolom dan barisnya
  6. Klik OK
  7. Silahkan anda isi isi tabel tersebut dengan data yang ingin anda buat kan grafik nya
  8. Setelah tabel nya selesai anda buat, berikutnya anda buat grafik nya dengan cara klik insert
  9. Pilih chart
  10. Pilih jenis chat yang di inginkan
  11. Klik OK
  12. Berikutnya anda akan diarahkan ke lembar kerja excel dan grafik yang anda buat pada Word
  13. Di halaman excel ini anda harus melakukan penyesuaian data dengan grafik yang akan dibuat
  14. Anda pasti bertanya kenapa jadi masuk ke halaman excel, hal iini dikarenakan pada microsoft Word tidak bisa langsung mengintegrasikan data dengan grafik, karena microsoft Word bukan perangkat pengolah angka melainkan perangkat pengolah kata
  15. Silahkan anda buat grafik sesuai dengan data tabel yang sudah anda persiapkan sebelumnya, data yang tampil pada excel hapus saja dan ganti dengan data di microsoft Word yang sudah anda persiapkan
  16. Berikutnya, anda tinggal edit hal-hal yang perlu disesuaikan dengan data
  17. Anda mungkin bertanya kembali, bagaimana agar grafik tersebut masuk kedalam halaman Word? Mudah!, silahkan anda klik pada grafik yang sudah dibuat tadi
  18. Lalu klik copy
  19. Buka halaman Word tempat membuat grafik pertama
  20. setelah itu, klik kanan
  21. Pilih dan klik paste di halaman tersebut
  22. Tinggal anda edit saja tampilan nya dan sesuaikan agar terlihat lebih rapi

Nah itulah 2 cara membuat grafik di Word dan excel yang bisa anda gunakan. Silahkan anda tiru dan praktekan sendiri di rumah, semoga artikel ini bisa memberikan referensi untuk anda.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action