cara membuat domain gratis

Cara Membuat Domain Gratis & Bagus Untuk Niche

Diposting pada

Dalam membuat blog premium wordpress atapun dengan versi gratisan yang mampu menghasilkan uang. Tentu tidak akan lepas dari cara membuat domain gratis yang bagus dan tepat untuk niche nya. Niche blog  dan penamaan domain sangat berperan penting dalam menentukan kualitas blog itu sendiri.

Jika anda berencana membuat sebuah blog untuk mendatangkan dollar dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Maka dalam membangun blog tersebut anda tidak bisa asal – asalan, termasuk dalam membuat nama domain.

Apa Itu Domain?

Domain merupakan alamat sebuah situs di internet yang memudahkan setiap orang untuk menemukannya. Jika dibilang apalah arti sebuah nama, maka dalam hal penamaan domain ini sangat penting.

Kenapa dibilang penting?

Karena domain merupakan sebuah alamat situs, maka sebisa mungkin kita harus membuat nama situs kita mudah untuk di ingat orang. Tujuannya tiada lain agar setiap orang yang datang kesitus kita mudah mengingatnya dan ketika dia ingin kembali maka dengan mudah dia menemukannya.

Di internet anda bisa dengan mudah mendapatkan domain. Baik itu yang berbayar maupun yang gratisan.

Cara Membuat Domain Gratis

Siapa sih yang gak suka dengan yang gratisan?. Hampir semua orang menyukai hal – hal yang berbau gratis.

Di internet banyak sekali tempat yang bisa anda kunjungin untuk mendapatkan domain yang gratis. Namun, sebalum anda menggunakan  domain tersebut, anda mesti tahu dulu maksud dan tujuan anda membuat domain gratis.

Jika tujuan anda hanya untuk sekedar belajar membuat blog maka silahkan anda gunakan domain gratis. Namun, jika tujuan anda adalah untuk membuat blog frofesional saya sarankan anda menggunakan  domain yang  premium agar terlihat lebih frofesional.

Kenapa membuat alamat situs menggunakan domain gratisan dibilang hanya untuk belajar?. Hal ini bukan tanpa alasan, blog dengan domain gratisan memang sama  – sama bisa digunakan dan di akses di internet bahkan sama  – sama bisa menghasilkan uang.

Apa perbedaan domain gratis dan domain berbayar?

Jika domain gratis bisa menghasilkan uang kenapa harus menggunakan  domain yang berbayar?. Ini mungkin akan muncul dipikiran anda setelah membaca kalimat di atas. Nah, berikut ini perbedaan domain gratis dan domain berbayar:

  1. Kelebihan domain gratis

    • Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian domain.
    • Sama – sama bisa digunakan untuk membuat blog.
    • Sama – sama berpeluang untuk mendapatkan dollar dari blog.
  2. Kekurangan domain gratis

    • Tidak terlihat frofesional dimata pengiklan.
    • Sulit berkembang, karena penglohan blog dibatasi.
    • Sulit bersaing di mesin pencari.
    • Tidak bebas mengelola blog.
    • Server yang labil.
    • Kapasitas terbatas.
    • Desain template  tidak memuaskan.
    • Kapasitas blog terbatas.
    • Alamat situs sulit untuk di ingat.

Bagimana Cara Membuat Domain Gratis?

Cara membuat domain gratis  sebenarnya sangat mudah sekali.  Di internet banyak sekali situs yang menyediakan domain gratis ini. Namun yang harus ketahui, domain gratis ini bukanlah domain yang menggunakan eksistensi TLD ( top level domain ) seperti domain dot com ( .com ), dot net ( .net ) dan lain sebagainya.

Domain yang berikan secara gratis adalah domain dengan eksistensi dot ga ( .ga ), dot tk ( .tk ), dot cf ( .cf ) dan lain sebagainya.  Untuk mendapatkan domain gratis ini silahkan anda ikuti langkah berikut ini:

  1. Pergi ke situs penyedia domain gratis seperti freenom.com atau ke situs my.ga.
  2. Sebagai contoh disini saya menggunakan situs penyedia domain gratis dari my.ga.
  3. Setelah anda masuk kehalaman dasboardnya silahkan anda masukan nama domain yang anda inginkan pada kolom pencarian. Sebagai contoh disini saya masukan domain “carapedi”.Seperti pada gambar berikut ini:cara membuat domain gratis
  4. Klik “go“.
  5. Setelah itu anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan domain gratis yang tersedia disana seperti tampak pada gambar dibawah ini.cara membuat domain gratis
  6. Klik pada tombol “continue” yang berada di samping kanan bawah.
  7. Kemudian pilih tenggang waktu yang anda inginkan untuk mendapatkan domain gratis tersebut. cara membuat domain gratis
  8. Klik “contiue“.
  9. Selesai.

Nah, sampai disini sebenarnya cara membuat domain gratis sudah selesai. Tinggal anda sambungkan dengan hosting dan menginstalnya. Dan jadilah situs anda dengan domain yang gratis yang telah di daftarkan tadi.

Cara ini sebenarnya lebih terlihat frofesional jika dibandingkan dengan membuat blog menggunakan blogspot ataupun wordpress gratisan. Karena domain kita akan terlihat jelas menggunakan domain gratisannya yang berekstensi dot blogspot dot com atau dot wordpress dot com.

Bagaimana  cukup mudah bukan cara dapet domain gratis ini, silahkan anda coba dan praktekan sendiri ya. Semoga sukses, salam carapedi.