cara membuat brosur dengan photoshop

Panduan Cara Membuat Brosur dengan Photoshop [Pemula]

Diposting pada

Brosur adalah media informasi berupa tulisan dan gambar yang biasanya digunakan untuk melakukan promosi produk atau jasa tertentu. Membuat brosur dapat dilakukan dengan mudah, kamu bisa menggunakan photoshop untuk membuatnya. Namun sudah tahu cara membuat brosur dengan photoshop?

Photoshop merupakan media desain grafis yang paling populer dan paling mudah digunakan. Untuk kamu yang masih pemula, kamu dapat menggunakan photoshop untuk membuat brosur dengan mudah.

Kamu bisa membuat desain brosur yang keren dan menarik hanya dengan menggunakan photoshop saja. Jika kamu memang belum mengetahuinya dengan baik, artikel ini mungkin akan jadi referensi yang tepat.

Komponen Brosur

Sebelum kita belajar cara membuat brosur dengan photoshop, kita harus tahu dulu komponen yang terdapat pada sebuah brosur. Karena brosur yang bagus adalah yang memiliki komponen lengkap dan juga menarik.

Dalam sebuah brosur, ada beberapa komponen yang harus ada di dalamnya. Beberapa komponen yang harus ada pada sebuah brosur diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Isi Pesan Dalam Brosur

Dalam sebuah brosur ada beberapa tulisan, tulisan tersebut dibuat untuk calon pembaca atau target market brosur. Dalam penulisannya harus dilakukan dengan baik.

Penggunaan kalimat sangat penting. Kalimat yang di simpan pada sebuah brosur harus sesuai dengan jenis brosur nya. Jika brosur tersebut untuk jual produk, maka harus bisa meningkatkan minat konsumen yang membaca brosur untuk membeli.

Sedangkan jika brosur tersebut di tujukan sebagai media informasi, maka berikanlah informasi yang informatif, jelas, detail dan tidak bertele-tele.

2. Ilustrasi Gambar

pemilihan ilustrasi gambar pada sebuah brosur juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bukan hanya sekedar informatif saja, melainkan mewakili seluruh isi dari pesan dalam brosur tersebut.

Relevansi dari ilustrasi terhadap pesan yang di sampaikan harus benar-benar di perhatikan dengan baik. Karena bila sampai miss antara gambar dan pesannya, maka akan menimbulkan kebingungan bagi pembaca nya.

3. Komposisi Warna

Dalam pemilihan warna juga harus diperhatikan dengan baik. Brosur memiliki beberapa komponen yang harus diberi warna tertentu. Nah dalam hal ini harus diperhatikan dengan baik.

Perhatikan kombinasi antar warna setiap komponen pada brosur. Jangan sampai ada warna yang tumpang tindih di dalamnya. Karena akan sangat mengganggu bagi para pembaca.

4. Tifografi

Karakter pada brosur tidak hanya pada ilustrasi, konten dan konsep warna saja. Tipografi berkaitan dengan font yang digunakan dalam sebuah brosur yang dibuat.

Karakter font harus diperhatikan dengan baik, karena akan menentukan bagus dan tidaknya brosur tersebut. Font dalam brosur akan membuat pembaca nya nyaman atau tidak. Font yang cocok akan memberikan pengalaman yang lebih baik.

5. Layout Brosur

Layout ini berkaitan dengan tata letak brosur. Penempatan konten tulisan dan ilustrasi pada brosur harus di perhatikan dengan baik. Karena akan menentukan bagus atau tidaknya sebuah brosur.

Kamu harus menemukan layout yang bagus dan cocok dengan isi dari brosur nya. Brosur yang bagus tidak menempatkan konten secara tumpang tindih dan acak-acakan.

Ciri Brosur yang Menarik

Tidak semau brosur dapat menarik perhatian semua orang. Beberapa jenis brosur justru malah di abaikan oleh orang yang melihatnya. Agar tidak terjadi demikian maka kamu harus tahu ciri dari brosur yang menarik.

Brosur yang menarik dan bisa membuat banyak orang suka untuk membacanya bahkan membeli produk yang di tawarkan di dalamnya kurang lebih memiliki ciri sebagai berikut:

1. Memberikan Informasi Tunggal

Brosur yang bagus adalah brosur yang memberikan informasi yang tunggal. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi pembaca pada satu informasi saja.

Jika brosur memberikan informasi ganda maka akan membuat perhatian pembaca menjadi kabur dan tidak terfokus pada satu informasi yang di sajikan dalam brosur tersebut.

2. Memberikan Informasi Detail

Jika brosur yang dibuat bertujuan untuk mengedukasi atau menyebarkan informasi, maka hendaknya dibuat dengan informasi yang detail. Informasi yang di sampaikan harus detail dan lengkap.

Mulai dari waktu, tempat dan acara serta jenis informasi lainnya di tulis dan di sampaikan dengan bahasa yang mudah di pahami sehingga mudah di cerna di pahami oleh para pembaca nya.

3. Brosur Menarik Perhatian

Brosur yang dibuat harus memberikan nilai ketertarikan yang kuat untuk para pembaca nya. Mulai dari desain ataupun isi dari brosur yang ditulis. Ii akan berimplikasi pada tujuan pembuatan brosur itu sendiri.

Brosur yang dibuat dan memberikan daya tarik yang tinggi akan menghasilkan konversi yang lebih tinggi pula. Begitu juga sebaliknya, jika dibuat dengan tidak begitu menarik maka tidak akan menghasilkan apa-apa.

4. Cetakan Jelas

Kualitas cetakan juga akan menentukan tingkat bagus atau tidaknya sebuah brosur. Brosur yang bagus dan menarik haruslah jelas hasil dari cetakannya. Ini akan mempermudah pembaca mengambil isi pesannya.

Jika cetakan brosur nya tidak bagus maka akan hilang 1 poin perhatian dari calon pembaca brosur nya. Mereka akan lebih malas untuk melihat bahkan membaca isi dari brosur nya.

Langkah Cara Membuat Brosur dengan Photoshop

Membuat brosur di Photoshop sangat mudah sekali. Photoshop adalah aplikasi desain grafis paling user friendly. Kamu bisa menggunakan photoshop versi berapa pun, baik itu versi CS3, CS4, CS5 ataupun CS6.

Nah berikut ini saya berikan panduan dan langkah-langkahnya dengan baik dan benar sesuai dengan urutannya agar mudah di pahami oleh kamu yang masih pemula.

Baca Juga:

Cara Bikin Pamflet di Word

1. Siapkan Halaman Kerja Baru

Sebelum mulai membuat desain brosur kita harus membuat halaman kerja baru terlebih dahulu. Ini menjadi langkah awal ketika kamu akan membuat brosur.

Dalam membuat halaman kerja baru untuk membuat brosur saya bagi menjadi beberapa langkah, diantaranya:

– Buka Aplikasi Photoshop

Pertama kamu buka terlebih dahulu aplikasi photoshop yang kamu pasang pada komputer ataupun laptop kamu. Kamu tinggal klik kanan pada aplikasinya, kemudian kamu open.

Atau kamu juga bisa klik 2 kali (double klik) pada aplikasi photoshop yang terpasang. Selanjutnya aplikasi photoshop akan terbuka.

– Buat Lembar Kerja Baru

Setelah aplikasi photoshop terbuka, selanjutnya kamu buat halaman kerja baru untuk mulai membuat brosur nya. Cara membuat halaman kerja baru pada photoshop sangat mudah. Kamu bisa pakai menu atau pakai kombinasi tombol di keyboard.

Jika kamu ingin membuat halaman kerja baru melalui menu, kamu klik menu file, lalu klik menu new. Jika kamu ingin membuat lebar kerja baru di photoshop menggunakan tombol, tekan CTRL+N.

– Atur Ukuran Halaman Kerja

Setelah kamu buat halaman kerja baru, maka akan muncul pop up menu yang berisi detail untuk pengaturan halaman kerja baru untuk membuat brosur. Silahkan kamu atur dengan baik sesuai kebutuhan.

Rubah ukuran panjang dan lebarnya sesuai dengan kebutuhan kamu. Dimensi yang akan di gunakan juga atus sesuai kebutuhan. Resolusi nya kamu pastikan juga sesuai kebutuhan kamu.

Sebagai contoh saya berikan pengaturan dimensi 216x154mm, dengan resolusi 300 MP serta warnanya CMYK. Kamu bisa atur sesuai dengan kebutuhan brosur yang akan kamu buat.

cara membuat brosur dengan photoshop
Pengaturan Ukuran Brosur

2. Buat Latar Belakang

Untuk membuat desain brosur yang lebih menarik, maka kita buat latar belakang dari brosur yang akan di buat. Buat dengan warna sesuai kebutuhan dan jenis brosur.

– Buat Layer Warna Putih

Silahkan kamu tekan tombol Shift+CMD+N untuk membuat layer baru. Kemudian kamu pilih dengan warna putih sebagai warna foreground (ALT+Backspace).

Jangan lupa hidupkan CMYK Slider kamu hidupkan agar kamu bisa mencetak warnanya.

cara membuat brosur dengan photoshop
Buat Background Putih

– Atur Gradient

Kamu buat gradient overlay baru. Kemudian pada Layer Style Panel, edit Gradient nya. Atur slider putihnya menjadi 30%. Rubah juga warna slider hitam untuk Pale Yellow. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat pada ilustrasi berikut:

cara membuat brosur dengan photoshop
Tambahkan Overlay Baru
cara membuat brosur dengan photoshop
Sesuaikan Gradient nya
cara membuat brosur dengan photoshop
Pilih warna Sesuai Kebutuhan

3. Tambahkan Gambar

Agar tampilan nya lebih bagus, maka tambahkan foto atau gambar pada brosur yang kamu buat. Tambahkan gambar yang relevan dengan isi brosur nantinya.

Baca Juga:

Bikin Feed Instagram di Photoshop

– Masukkan Foto

Untuk memasukkan foto, kamu klik pada menu insert, pilih menu file, cari foto yang akan kamu masukkan. Klik fotonya, lalu klik pada menu insert atau tambahkan. Foto akan masuk ke halaman kerja brosur yang kamu siapkan tadi.

– Atur Foto dengan Baik

Agar brosur terlihat lebih menarik, maka kamu sesuaikan foto tersebut dengan ukuran yang cocok dengan brosur yang akan dibuat. Bentuknya juga bisa kamu cocokkan sesuai kebutuhan.

Tekan tombol CTRL+T untuk mengubah ukuran gambar dengan mudah dan di cocokkan dengan latar pada brosur.

4. Tambahkan Teks

Untuk menyampaikan isi pesan dari brosur, maka kamu tambahkan teks pada brosur yang kamu buat. Tambahkan teks sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa menambahkan beberapa paragraf teks pada brosur sesuai kebutuhan.

– Masukkan Teks

Klik pada menu type tool yang berlogo huruf T. Lalu kamu klik dimana kamu akan menempatkan teks pada brosur yang akan kamu buat. Pastikan letaknya sesuai. Jika sudah, tekan tombol CTRL+ENTER.

– Atur Posisi Teks

Jika teks yang kamu tulis tadi pas pada posisi yang kamu inginkan, maka kamu tekan CTRL+T, lalu klik dan geser teks nya sesuai dengan posisi yang kamu inginkan.

– Rubah Jenis Huruf

Agar warna dan jenis teks sesuai kebutuhan, maka kamu rubah teks nya. Klik pada layer teks, lalu blok teksnya, klik pada warna dibagian atas menu photoshop, pilih warna teks yang di inginkan.

– Rubah Jenis Huruf

Jenis huruf juga tidak akan langsung sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk merubahnya, blok teks nya, pilih jenis teks di menu header, pilih sesuai dengan kebutuhan.

5. Simpan Brosur

Jika semua sudah selesai dibuat, maka selanjutnya kamu tinggal simpan. Kamu bisa simpan file tersebut dalam berbagai format sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:

Cara Bikin Bayangan di Photoshop

– Simpan Dalam Format PNG

Untuk menyimpan file brosur dalam format PNG, kamu tinggal klik menu file di pojok kiri atas, pilih simpan, pilih lokasi penyimpanan, lalu pilih jenis file PNG, klik save atau simpan.

– Simpan dalam format JPG

Jika kamu ingin menyimpan file brosur tersebut dalam format JPG kamu tinggal klik menu file, lalu pilih simpan atau save as, pilih tempat penyimpanan, pilih jenis file JPG, klik save atau simpan.

Kesimpulan

Dari panduan cara membuat brosur dengan photoshop diatas, dapat kita simpulkan bahwa membuat brosur itu hanya buruh 5 langkah saja. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dalam waktu kurang dari 10 menit.

Membuat brosur di photoshop, tinggal buka aplikasinya, buat halaman baru, buat background belakangnya, tambahkan gambar, tambahkan teks dan simpan, selesai. Silahkan coba sendiri di komputer yang kamu miliki.

Gambar Gravatar
Menulis adalah seni dan hobi, selain mengelola blog juga berkonstribusi di berbagai media cyber