cara membuat aplikasi komputer
Gambar desain by canva

Cara Membuat Aplikasi Komputer Dengan Software Gratis

Diposting pada

Siapa bilang bahwa cara membuat aplikasi komputer itu sulit. Faktanya anda bisa membuatnya dengan sangat mudah lho. Sekarang banyak sekali software gratis yang bisa anda manfaatkan untuk membuatnya. Meski hasilnya tidak sebagus yang dikeluarkan oleh para develover, namun untuk tahap pembelajaran membuat software aplikasi pemula tidak ada salahnya di coba.

Dengan berbagai software ini anda bisa membuat aplikasi yang anda inginkan menjadi lebih mudah. Tidak perlu paham coding dan ilmu program, anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan berbagai software.

Namun jika anda ingin lebih serius membuat dan mengembangkan aplikasi ini, maka anda harus mempelajari konsep dasar pembuatan sofware yang benar. Dengan demikian maka anda bisa membuat aplikasi berbasis komputer yang bagus dan handal.

Apa saja yang dibutuhkan?

Dalam proses pembuatan aplikasi komputer anda membutuhkan beberapa perangkat dan ilmu yang harus anda pelajari dan gunakan untuk menghasilkan aplikasi yang bagus.

Nah berbagai hal yang harus anda persiapkan jika anda ingin membuat software diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perangkat komputer
  2. Jaringan internet (wifi atau paket data 4G)
  3. Software yang akan digunakan
  4. SOP pembuatan aplikasi

Proses cara membuat aplikasi komputer




Untuk menciptakan sebuah aplikasi yang bagus maka anda harus menempuh proses yang cukup panjang. Meski memang cara membuatnya mudah, namun semua itu ada prosesnya.

Tujuannya tiada lain agar anda mengerti meski aplikasi yang akan di buat ini hanya menggunakan software gratisan namun hasilnya bisa jauh lebih bagus jika menggunakan prosedur kerja yang bagus. Nah berikut adalah cara proses pembuatan aplikasinya:

A. Tentukan jenis aplikasi sesuai kebutuhan

Pertama anda harus tentukan terlebih dahulu jenis aplikasi yang akan anda buat. Membuat aplikasi tentu karena ada kebutuhan, maka dari itu anda tentukan jenis aplikasinya sesuai dengan kebutuhan anda.

Ketika anda butuh sebuah aplikasi untuk mempermudah bai pekerjaan, kegiatan anda ataupun hal lainnya, maka pasti terbayang akan membuat aplikasi yang seperti apa.

Anda harus buatkan list aplikasi yang anda butuhkan mulai dari:

  1. Hal-hal yang akan anda masukkan kedalam aplikasi
  2. Fitur-fitur yang akan ada dalam aplikasi
  3. Dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan aplikasi yang akan anda buat

B. Pelajari sedikit ilmu pemrograman




Kok harus belajar ilmu pemrograman? Bukannya tadi bisa tanpa ilmu program?. Ya memang!. Namun anda penting mengetahuinya sedikit agar anda paham bagaimana sebuah program itu bekerja dan bagaimana prosedur pembuatan aplikasi itu di lakukan.

Anda tidak perlu belajar sampai mahir, cukup belajar sekilaspun tidak jadi masalah. Selama anda paham dengan konsep aplikasi komputer yang akan anda buat.

C. Cari referensi

Ketika anda akan membuat sebuah aplikasi, hla lain yang akan anda butuhkan adalah sebuah referensi. Anda membutuhkan referensi untuk mebuat racikan aplikasi yang akan adna buat nantinya.

Berbagai referensi yang akan anda butuhkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Referensi situs
  2. Referensi buku
  3. Referensi aplikasi

D. Cara membuat aplikasi komputer menggunakan software

Jika anda sudah mempersiapkan semuanya, maka langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah mulai membuat aplikasi yang anda inginkan. Untuk membuatnya anda bisa menggunakan berbagai software gratis.

Nah berikut ini adalah beberapa software gratis yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi komputer dengan mudah.

1. Menggunakan appery




Appery merupakan sebuah software terbaik yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi yang anda inginkan. Appery merupakan platform pengembangan berbasis cloud dalam membuat html5, Jquery mobile, windows phone dan lain sebagainya.

Cara membuat aplikasi komputer dengan menggunakan software ini sangat mudah, anda hanya perlu mengakses situsnya saja kemudian anda desain aplikasi yang akan anda buat tersebut disana.

Membuat aplikasi dengan software ini sangat ringan, anda tidak perlu menginstal apapun anda cukup masuk ke webnya saja.

Baca juga:Panduan bikin aplikasi google playstore

2. Menggunakan como app builder

Software yang satu ini merupakan salah satu software terbaik yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi dengan kulaitas terbaik. Anda bisa membuat aplikasi dengan versi standar hingga profesional.

Software yang satu ini memiliki fitur yang lengkap untuk membuat aplikasi dengan mudah seperti warna, tema, icon, layout, style dan latar belakang. Anda bisa membuatnya dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan.

3. Menggunakan oxagile

Bukan hanya bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis mobile saja. Software yang satu ini juga bisa diguakan untuk membuat aplikasi berbasis komputer. Anda bisa membuat aplikasi dari tingkat yang sederhana hingga yang profesional.

Membuat aplikasi dengan menggunakan software ini sangat mudah. Software ini berbasis web, sehingga and atinggal akses saja webnya, kemudian mulai desain aplikasi yang anda inginkan.

4. Menggunakan out system platform




Outsystem platform merupakan sebuah software berbasis RAD yang juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web dan juga mobile. Dengan software ini anda bisa menciptakan sebuah aplikasi dengan lebih mudah.

Outsystem paltform memungkinkan anda untuk menciptakan sebuah aplikasi mobile dan computer dengan lebih cepat dan lebih mudah.

5. Menggunakan cloud motion

Ini adalah salah satu software multy fungsi karena bisa membuat berbagai jenis aplikasi. Dengan software ini anda bisa membuat aplikasi berbasis web, dekstop ataupun mobile dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Bukan itu saja, software ini juga menyediakan panduan untuk membuat aplikasi di situsnya. Sehingga para pemula sekalipun bisa membuat aplikasi disini dengan membaca panduan.

6. Menggunakan brite workes studio

Jika anda benar-benar seorang pemula dalam masalah dunia aplikasi develover, maka anda bisa menggunakan software ini untuk membuat aplikasi yang anda inginkan.

Software ini memiliki fitur yang sangat user friendly, sehingga para pemula sekalipun bisa menggunakan dan membuatnya dengan mudah. anda tidak perlu khawatir dan takut kesulitan ketika menggunakan software ini.

7. Menggunakan ebase xi

Software yang satu ini memiliki fitur interface user yang dapat mempermudah pengguna dalam membuat aplikasi yang di inginkannya. Dengan menggunakan aplikasi ini maka anda bisa menciptakan sebuah aplikasi yang di inginkan menjadi lebih mudah.

Software ini memiliki banyak sekali fitur canggih dan keren yang bisa membantu anda membuat aplikasi yang di inginkan.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action