cara membuat aplikasi android untuk pemula

Tips Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula

Diposting pada

Siapa bilang membuat aplikasi android itu harus paham coding. Sekarang membuat aplikasi android sangat mudah loh, kamu tidak perlu paham coding yang ribet. Kamu bisa membuatnya hanya dengan menggunakan aplikasi saja. Mkomsel akan menjelaskannya untuk kamu, bagaimana cara membuat aplikasi android untuk pemula.

Untuk kamu yang memang saat ini sedang mencari tutorial ini, maka kamu berkunjung pada situs yang tepat. Silahkan simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

1. Buat Ide Yang Menarik

Tahapan pertama yang harus anda persiapkan ketika anda ingin membuat sebuah aplikasi adalah membuat ide yang menarik terkait dengan jenis aplikasi yang akan anda buat. Ada banyak sekali ide tentang aplikasi yang keren dan menarik untuk dibuat.

Kamu mungkin bisa mulai dari menentukan jenis kebutuhan yang akan kamu atasi. Misalnya, kamu sulit sekali menghafal banyak rumus fisika, maka kamu bisa menemukan ide untuk membuat aplikasi kumpulan rumus fisika.

2. Cari Informasi Aplikasi Yang Tepat

Cara membuat aplikasi android untuk pemula kedua yang harus anda lakukan adalah dengan mencari informasi terkait aplikasi yang tepat untuk anda gunakan. Hal ini perlu dilakukan karena anda tidak paham masalah coding. Jadi anda harus mencari sumber referensi aplikasi yang bagus yang dapat anda gunakan dengan mudah.

Carilah informasi aplikasi yang kredibel dan sudah banyak di gunakan orang untuk anda coba. Pastikan juga tampilan antar mukanya sangat bagus dan mudah di gunakan sehingga meski anda masih pemula pun bisa menggunakannya dengan mudah.

3. Instal Aplikasi Android Studio

Jika anda belum menemukan aplikasi yang tepat untuk anda gunakan maka saya berian saran untuk menggunakan aplikasi android studio. Ini merupakan salah satu jenis aplikasi terbaik yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi android. Selain gratis aplikasi ini juga sangat mudah sekali kamu gunakan meski kamu seorang pemula.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini pastikan bahwa di komputer kamu juga sudah terpasang aplikasi Jawa SE Development kit 7. Aplikasi ini juga gratis, kamu bisa memasangnya pada komputer kamu dengan mudah.

4. Kenali Dulu Fitur-Fiturnya

Untuk mulai membuat aplikasi android yang kamu inginkan kamu tinggal klik create new project. Namun sebelum mulai membuat aplikasinya, maka terlebih dahulu kamu harus mengenali terlebih dahulu aplikasi yang terdapat pada aplikasi android studio.

Hal ini berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan aplikasi androidnya. Karena jika kamu sudah memahami semua yang ada pada aplikasinya kamu bisa dengan mudah menggunakannya.

5. Mulai Pembuatan Aplikasi

Jika kamu sudah memahami semuanya maka sekarang kamu tinggal mulai buat aplikasi androidnya. Untuk mulai membuat aplikasi android ini kamu hanya tinggal klik pada menu start a new android studio project.

Kemudian berikutnya tinggal kamu pilih desain templatenya. Masukkan semua fitur-fitur aplikasinya, atur tampilan depannya. Jangan lupa simpan jika semua persiapan dan desain aplikasi yang kamu buat sudah selesai.

Nah itulah proses cara membuat aplikasi android untuk pemula dengan menggunakan aplikasi android studio. Kamu bisa menggunakan aplikasi lainnya jika kamu memang ingin menggunakan aplikasi lainnya. Di luar sana ada banyak aplikasi lain yang lebih canggih dan lebih premium. Kamu bisa membuat jenis aplikasi yang jauh lebih canggih dan lebih bagus daripada menggunakan aplikasi ini.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action