Syarat dan Proses Cara Membuat Akta Kelahiran + Biaya

Akta kelahiran adalah salah satu dokumen penting yang harus dibuat oleh pasangan suami istri ketika anaknya lahir. Akta kelahiran akan sangat dibutuhkan saat anak beranjak dewasa baik digunakan sebagai syarat masuk sekolah ataupun yang lainnya. Prosedur cara membuat akta kelahiran itu sangat mudah.

Jika anda belum tahu proses dan cara pembuatannya, berikut ini saya uraikan jenis-jenis, syarat dan prosedur serta biaya pembuatan akta kelahiran.

Jenis-Jenis Akte Kelahiran

Akta kelahiran di bagi kedalam 3 jenis yaitu, akta kelahiran tanpa asal usul, akta kelahiran anak lahir dari seorang ibu, dan akta kelahiran dari perkawinan yang syah. Pembagian ini sengaja dibuat karena ada beberapa kasus yang lahir bukan dari perkawinan yang syah.

1. Akte Kelahiran Tanpa Asal Usul

Ada banyak yang masih belum tahu mengenai akta kelahiran jenis ini. Akta kelahiran tanpa asal usul biasanya di buat oleh dinas pencatatan sipil untuk mencatat kelahiran seorang bayi yang tidak memiliki asal-usul atau tidak jelas ayah dan ibunya.

Bayi yang tidak memiliki asal-usul sangat sulit untuk diidentifikasi informasi kelahirannya. Sehingga dibuat akta dengan jenis akta tanpa asal-usul.

Jika anda memiliki anak pungut yang tidak jelas asal-usulnya, anda bisa membuatkan akta nya dengan melampirkan surat keterangan dari dinas sosial atau laporan dari pihak kepolisian.

2. Akta Kelahiran Anak Lahir dari Seorang Ibu

Akta kelahiran anak yang lahir dari seorang ibu artinya jika seorang anak yang lahir tidak jelas siapa ayahnya dan wajib dibuatkan akta kelahiran, maka jenis akta nya adalah akta anak lahir dari seorang ibu.

Jika anda merupakan seorang ibu kandung yang melahirkan anak di luar pernikahan. Anda bisa mengurus akta kelahiran sang anak ke dinas pencatatan sipil dengan jenis ini caranya adalah:

  • Lampirkan surat kelahiran dari dokter
  • Cantumkan nama dan identitas saksi kelahiran
  • Cantumkan kartu tanda penduduk sang ibu kandung
  • Cantumkan kartu keluarga ibu kandung

Meskipun anak yang lahir di luar perkawinan tidak dapat mencantumkan surat nikah ibu dan ayah kandung. Namun, dengan ke empat syarat diatas sudah cukup untuk membuat akta jenis ini.

3. Akta Kelahiran dari Perkawinan yang Syah

Jenis yang ketiga adalah jenis akta yang sudah sangat umum dan familiar. Bahwa setiap orang yang sudah menikah dan melahirkan seorang anak maka anda sebagai orang tua wajib untuk membuatkan akta sang anak. Untuk membuat akta jenis ini persyaratannya adalah:

  • Lampirkan surat kelahiran dari dokter
  • Cantumkan nama dan identitas saksi kelahiran
  • Cantumkan kartu tanda penduduk sang ibu kandung
  • Cantumkan kartu keluarga ibu kandung
  • Cantumkan kutipan akta nikah atau perkawinan orang tua

Syarat Cara Membuat Akta Kelahiran

Selain beberapa syarat yang sudah disebutkan diatas, masih ada banyak syarat lain yang harus dipersiapkan orang tua saat akan membuat akta kelahiran anak, yaitu:

1. Syarat Pembuatan Akta Kelahiran Baru

Jika anda baru melahirkan anak anda pada saat ini, maka jangan ditunda untuk segera melakukan pembuatan akta kelahiran baru. Pembuatan akta kelahiran baru bisa langsung daftar ke dinas pencatatan sipil mulai umur 1 hari anak anda. Untuk persyaratannya sendiri perhatikan di bawah ini:

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Membawa surat keterangan kelahiran anak anda dari dokter/RS/bidan
  • Membawa KK asli dan fotocopy bagi anda yang WNI dan membawa SKSKPNP bagi pendatang
  • KTP asli dan fotocopy orang tua bagi WNI dan SKDS bila anda seorang tamu
  • Membawa surat nikah asli dan fotocopy anda sebagai orang tua atau akta nikah
  • Membawa fotocopy paspor apabila anda bukan WNI

2. Syarat Membuat Akta Kelahiran yang Sudah Dewasa

Jika anda atau anak anda yang sudah dewasa namun belum memiliki akta kelahiran, anda wajib untuk segera membuat akta kelahiran. Karena akta kelahiran merupakan surat keterangan yang sangat penting dan diperlukan untuk syarat-syarat tertentu misalnya ketika anda akan menikah.

Berikut syarat membuat akta kelahiran bagi yang sudah dewasa:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Fotocopy dan Asli surat nikah orang tua
  • Surat pengantar yang bisa anda dapat dari RT/RW atau kelurahan
  • Surat pernyataan kelahiran atau komsen

Langkah Cara Membuat Akta Kelahiran

Cara membuat akta kelahiran itu sebenarnya sangat mudah. Namun bagi orang tua yang memiliki anak pertama pasti akan merasa bingung. Adapun proses cara pembuatannya kurang lebih adalah sebagai berikut ini:

1. Membuat Laporan Kelahiran di Puskesmas

Pertama, anda harus membuat laporan terlebih dahulu dari pihak puskesmas atau tempat melahirkan anak berada saat ini. Anda cukup datang ke ruang administrasi dan sampaikan maksud anda untuk membuat laporan pembuatan akta kelahiran anak.

2. Mengisi formulir permohonan

Anda akan disodorkan formulir pembuatan akta kelahirannya oleh petugas puskesmas yang melayani anda. Silahkan anda isi dengan baik semua formulir yang diberikan dengan menggunakan data yang lengkap dan benar. Mulai dari nama anak, tempat dan tanggal lahir dan lain sebagainya.

3. Serahkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah formulir selesai dibuat, maka tahapan berikutnya tinggal anda serahkan dokumen yang dibutuhkan untuk membuat akta kelahirannya, seperti:

  • Kartu keluarga asli
  • Fotocopy akta nikah atau surat nikah orang tua
  • Fotocopy KTP orang tua sebanyak satu lembar masing-masing
  • Fotocopy saksi sebanyak 2 orang
  • Dan syarat-syarat lain seperti di poin syarat diatas

4. Proses Input data di Puskesmas

Pihak puskesmas akan menginput data data yang anda berikan sekaligus verifikasi kebenaran data yang anda berikan. Pihak petugas akan input data secara online melalui situs resmi.

  • Pihak puskesmas, RS, atau klinik menerima persyaratan dari pemohon pembuatan akta
  • Admin puskesmas, atau admin klinik melakukan entry data permohonan pemohon melalui aplikasi
  • Pihak admin puskesmas atau klinik melakukan scan berkas, kemudian mengupload persyaratan melalui aplikasi tersebut

5. Verifikasi Akta Kelahiran Dukcapil

Selanjutnya, pihak dukcapil akan melakukan verifikasi akta kelahiran yang sudah diajukan. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan kebenaran data yang di input dari pihak puskesmas.

  • Pihak dukcapil akan melakukan verifikasi data yang sudah di input oleh pihak admin puskesmas, klinik, atau RS
  • Pihak dukcapil melakukan verifikasi data persyaratan pemohon yang sudah di upload pihak puskesmas atau klinik
  • Pihak dukcapil memproses dokumen kependudukan yaitu NIK, KK, Akta Kelahiran, KIA, No Id BPJS kesehatan bagi bayi

6. Penerimaan akta Kelahiran

Setelah proses pembuatan akta selesai, anda akan menerima selembaran akta kelahiran anak anda sesuai degan data yang di input dari puskesmas atau tempat melahirkan lainnya.

Manfaat Akta Kelahiran

Akta kelahiran bukan hanya sebagai informasi mengenai kelahiran seseorang. Namun lebih dari itu bahwa akta kelahiran dibuat untuk beberapa manfaat atau untuk persyaratan-persyaratan tertentu.

Karena ada beberapa kepentingan yang diharuskan mencantumkan akta kelahiran. Berikut Beberapa kepentingan yang membuat anda harus mencantumkan akta kelahiran:

1. Pembuatan Paspor

Pada saat anda berniat untuk pergi keluar negeri, anda akan diwajibkan membuat paspor. Namun sebelum anda membuat paspor ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi. Salah satu syaratnya adalah akta kelahiran. dan jika anda tidak memilikinya, maka pembuatan paspor tidak akan di ACC.

2. Pengajuan Kredit Bank

Jika anda ingin melakukan pengajuan kredit ke bank anda akan diminta beberapa persyaratan yang harus di penuhi.

Salah satu persyaratannya adalah akta kelahiran, jika anda tidak memiliki akta kelahiran maka pengajuan kredit yang anda ajukan tidak akan di ACC oleh pihak bank. Dan inilah salah satu manfaat yang akan anda dapat.

3. Syarat Masuk Sekolah

Setiap orang diwajibkan untuk sekolah mulai dari sekolah SD, SMP, sampai Universitas. Dan salah satu persyaratan yang diminta oleh pihak sekolah adalah akta kelahiran. Jika anda belum memiliki akta kelahiran maka anda akan diminta untuk membuat akta kelahiran terlebih dahulu.

Biaya Cara Membuat Akta Kelahiran

Banyak orang yang bertanya, berapa biaya pembuatan akta kelahiran anak? Untuk menjawab hal ini pemerintah sudah mengeluarkan peraturan undang-undang nomor 23 tahun 2006. Dimana dalam peraturan tersebut dijelaskan tentang proses, cara, syarat dan biaya pembuatan akta kelahiran.

Menurut peraturan tersebut dinyatakan bahwa biaya pembuatan akta kelahiran ini gratis tidak dipungut biaya sepeserpun. Adapun waktu pelayanan pembuatan akta kelahiran ini adalah 5 hari kerja setelah semua berkas persyaratan pembuatan akta diterima.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.