cara membersihkan sepatu kulit
Ilustrasi sepatu kulit y pixabay

Cara Membersihkan Sepatu Kulit Agar Tetap Awet

Diposting pada

Sepatu kulit menjadi salah satu identitas pria dewasa dalam berpenampilan. Rasanya penting sekali untuk mengetahui cara membersihkan sepatu kulit ini. Selain agar sepatu yang dikenakan tetap terihat bagus. Membersihkan sepatu dengan cara yang tepat juga bisa membuat sepatu kulit menjadi leih awet  dan lebih tahan lama.

Selain berfungsi sebagai alas dan pelindung kaki dari debu dan kotoran. Sepatu kulit juga berfungsi sebagai pelengkap penampilan seorang pria. Dengan kesan elegan yang ditimbulkan membuat sebagian orang memilih sepatu kulit untuk berbagai kegiatan.

Namun, berkaitan dengan fungsinya sebagai alas dan pelindung kaki, sepatu harus melalui berbagai medan berdebu serta mudah terkena noda. Maka dari itu kita diharuskan membersihkan sepatu secara rutin agar sepatu tetap terlihat bagus, bersih, awet dan tahan lama.

Jika sepatu kita nampak bagus dan bersih, penampilan kitapun akan demikian. Namun, untuk membersihkan sepatu tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan. Perlu ketelitian dan teknik yang baik dan benar  agar sepatu tetap kuat dan awet serta nampak  lebih bagus.

Namun sebelum anda memulainya, ada beberapa hal yang mesti anda ketahui dan persiapkan terlebih dahulu diantaranya:

Mengetahui Jenis – Jenis Kulit Pada Sepatu Kulit

Hal pertama yang wajib untuk diketahui dalam cara membersihkan sepatu kulit, adalah mengetahui jenis – jenis kulit sepatu nya terlebih dahulu.  Karena seperti yang kita ketahui, bahwa sepatu kulit itu memiliki jenis kulit yang berbeda – beda pada setiap sepatu yang di produksinya. Nah, untuk setiap jenis kulit sepatu tersebut cara membersihkannya berbeda – beda.

Kulit sepatu dengan kualitas premium biasanya dihasilkan melalui proses yang cukup lama serta diolah dengan tingkat ketelitian tinggi sehingga menghasilkan kualitas kulit sepatu yang benar – benar berkualitas baik. Kulit sepatu jenis ini biasanya cara membersihkannya lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis kulit sepatu yang kualitasnya biasa – biasa saja.

Disamping itu, kita juga harus memperhatikan sifat dan tingkat kelembaban sepatu kulit. Hal ini penting untuk diperhatikan agar bisa disesuaikan dengan cara membersihkan sepatunya.

Jenis kulit sepatu yang mesti diperhatikan adalah kulit sepatu suede dan kulit sepatu berbahan full grain. Apa perbedaannya?

  1. Kulit sepatu suede

    Merupakan jenis kulit sepatu yang dibuat dari kulit sapi bagian dalam. Yang diolah sedemikian rupa dengan tingkat ketelitian tinggi sehingga menghasilkan kulit sepatu yang berkualitas baik. Ciri – ciri kulit sepatu suede adalah:

    • Lebih tebal dari sepatu yang menggunakan kulit full grain.
    • Tahan di berbagai kondisi cuaca.
    • Namun, tetap nyaman digunakan.
    • Kelemahannya sepatu ini mudah sekali kotor.
  2. Kulit sepatu full grain

    Merupakan jenis kulit sepatu yang berasal dari kulit sapi bagian luar. Yang telah diolah sedemikian rupa sehingga siap untuk di produksi menjadi kulit sepatu. Ciri – ciri kulit sepatu full grain adalah:

    • Lebit tipis dari sepatu kulit suede.
    • Bermotif natural.
    • Kuat.
    • Namun, sifat kulitnnya lebih kaku dari pada kuit suede.
    • Sering digunakan untuk sepatu formal seperti pantofel.

Peralatan Yang Harus Dipersiapkan Untuk Membersihkan Sepatu Kulit

Cara membersihkan sepatu kulit serta peralatan yang digunakan tidak bisa asal – asalan. Hal ini akan berpengaruh terhadap kekuatandan daya tahan sepatu kulit anda. Nah, maka dari itu sebaiknya  anda gunakan dan persiapkan peralatan yang tepat untuk membersihkan sepatu anda dari debu dan kotoran. Peralatan yang semestinya anda persiapkan adalah sebagai berikut:

1. Alat Untuk Membersihkan Sepatu Kulit

  • Sikat lembut.
  • Kain lembut dan bersih.
  • Saddle soap ( sabun khusus untuk kulit ).
  • Semir yang berbahan cream.
  • Tisu bayi.

2. Alat Untuk Membersihkan Sepatu Kulit Suede.

  • Sikat khusus sepatu kulit suede.
  • Penghapus pensil berbahan karet.
  • Semprotan silikon sebagai pelindung sepatu.
  • Tepung jagung.

3. Alat Untuk Membersihkan Sepatu Kulit Full Grain

  • Saddle soap ( sabun khusus untuk kulit ).
  • Kain lembut dan bersih.
  • Minyak mineral.
  • Hand sanitizer ( pembersih tangan ).

Langkah – Langkah Cara Membersihkan Sepatu Kulit?

Cara membersihkan sepatu kulit sebenarnya sangat mudah sekali. Namun, orang yang belum mngerti seringkali orang salah dalam melakukan perawatannya. Nah, berikut ini adalah uraian selengkapnya:

1. Cara Membersihkan Sepatu Kulit

cara membersihkan sepatu kulit
Ilustrasi sepatu kulit
  • Hilangkan debu dan kotoran menggunakan sikat lembut

    Gosok dengan lembut jangan terlalu kasar karena akan merusak kulit. Sikat semua bagian sepatu mulai dari atas sampai dengan bagian bawah sol sepatu.

  • Buka tali sepatunya bila sepatu kulit anda memiliki tali

    Cuci secara terpisah tali sepatu tersebut baik menggunakan mesin cuci ataupun di cuci seara manual.

  • Seka sepatu menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dan diberi sedikit Saddle soap (sabun khusus kulit )

    . Perhatikan kainnya jangan terlalu basah, celupkan kain ke air bersih kemudian peras hingga tidak begitu banyak air di kain tersebut. Teteskan sedikit saddle soap kemudian gosokan kain ke semua bagian sepatu secara merata.

  • Seka ulang sepatu menggunakan kain basah dan diamkan hingga kering

    Bersihkan kembali sepatu dari sisa sabun yang menempel. Celupkan kain ke air bersih kemudian peras hingga tidak terlalu banyak mengandung air. Seka semua bagian sepatu hingga sabunnya hilang. Keringkan sepatu dengan menyimpannya ditempat yang sejuk.  Hindari menyimpan sepatu di tempat panas atau sengaja menjemurnya, karena hal ini akan membuat sepatu kulit menjadi retak dan berubah warna.

  • Lap sepatu menggunakan tisu bayi

    Pastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang menempel pada sepatu. Tisu ini juga bisa digunakan untuk menyeka sepatu kulit anda saat diluar rumah. Bersihkan kotoran menggunakan tisu bayi sangat baik untuk sepatu kulit. Tingkat kelembaban pada tisu bayi akan berfungsi sebagai kondisioner bagi sepatu kulit.

  • Hilangkan noda membandel dengan bahan campuran air dan cuka

    Bila pada sepatu kulit anda terdapat noda yang membandel dan sulit untuk dibersihkan maka salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan membersihkannya menggunakan air yang sudah di campur dengan cuka. Campurkan air dan cuka dengan takaran yang sama. Kemudian lap pada bagian yang kotor. Lap kembali sepatu anda menggunakan kain bersih dan lembab, kemudian keringkan.

  • Gunakan tepung jagung atau bedak untuk atasi noda minyak

    Bila pada sepatu kulit anda  terdapat kotoran minyak, saran saya sebaiknya jangan langsuung diseka dengan air. Gunakan tepung jagung atau bedak untuk menghilangkannya. Caranya, taburkan tepung jagung atau bedak tersebut pada tempat yang terdapat noda minyak. Diamkan selama kurang lebih 2 – 3 jam. Kemudian sikat yang lembut.

  • Oleskan semir sepatu berbahan cream

    Tuangkan beberapa tetes semir sepatu kedalam kain lembut dan bersih yang telah dipersiapkan sebelumnya. Gosokan kain tersebut pada permukaan kulit sepatu dengan gerakan memutar. Gosok secara merata ke smua bagian kulit sepatu. Hindari menggosok sepatu selain yang berbahan kulit. Setelah semua selesai bersihkan sisa cream semir menggunakan kain bersih.

2. Cara Membersihkan Sepatu Kulit Suede

cara membersihkan sepatu kulit
Ilustrasi sepatu kulit suede
  • Seka sepatu suede mengguakan sikat khusus ( suede )

    Cara membersihkan sepatu kulit suede sebaiknya menggunakan sikat khusus. Carilah sikat terseut di toko sepatu atau di toko – toko online di Internet. Sikat sepatu kulit suede anda secara halus dan lembut dengan gerakan maju mundur dan memutar.

  • Hilangkan goresan dan noda  bandel dengan penghapus pensil

    Jika pada sepatu kulit anda terdapat goresan atau noda bandel hilangkan menggunakan penghapus pensil. Caranya adalah denga menggosokan penghapus tersebut pada sepatu yang terdapat noda. Gosok dengan gerakan searah agar suede tidak lecet dan rusak.

  • Gunakan tepung jagung atau bedak pada noda minyak

    Jika terdapat noda minyak pada suede taburkan tepung jagung atau bedak untuk menyerap noda minyak tersebut. Diamkan selama 2 sampai 3 jam agar noda minyak terserap secara sempurna. Hilangkan tepung jagung  atau bedak tersebut menggunakan sikat khusus suede.

  • Semprotkan silikon pada suede agar tahan cuaca ( weatherfroof )

    Semprot sepatu dengan semprotan pelindung yang berbahan dasar silikon yang telah anda persiapkan sebelumnya. Semprot secara merata ke seluruh permukaan suede.

3. Cara Membersihkan Sepatu Kulit Full Grain

cara membersihkan sepatu kulit
Ilustrasi sepatu kulit full grain
  • Bersihkan sepatu menggunakan air yang sudah dicampur dengan saddle soap

    Lap sepatu menggunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan campuran air dan saddle soap ( sabun khusus kulit ). Gosok semua permukaan sepatu secara merata. Sekali kembali sisa sabun yang masih menempel di sepatu kulit anda.

  • Hilangkan goresan atau noda bandel menggunakan hand sanitizer ( pembersih tangan )

    Celupkan kain lembut dan bersih kedalam cairan pembersih tangan ( hand sanitizer ). Gosokan kain tersebut pada permukaan sepatu kulit full grain secara merata. Hilangkan sisa hand sanitizer dari sepatu kulit full grain menggunakan kain bersih.

  • Oleskan minyak mineral pada sepatu full grain

    Minyak mineral digunakan pada sepatu kulit full grain adalah untuk mengkilatkan warna sepatu. Cara cukup mudah, tuangkan 4-5 tetes minyak mineral tersebut pada kain bersih. Gosokan kain tersbut pada sepatu full grain secara merata. Gunakan kain bersih lainnya untuk menggosok sepatu tersebut hingga benar – benar mengkilat.

Penutup

Nah begitulah cara membersihkan sepatu kulit yang baik dan benar menurut carapedi. Jadi ternyata, membersihkan sepatu kulit itu tidak bisa asal – asalan dan sembarangan, kalau tidak mau sepatunya cepat rusak. Sebaiknya gunakan tatacara membersihkan sepatu kulit berdasarkan uraian diatas. Agar sepatu menjadi lebih, awet, tahan lama dan selalu terihat baru.

Sedikit tips dari carapedi, untuk menghilangkan bau pada sepatu sebaiknya anda gunakan soda kue. Caranya taburkan soda kue tersebut pada bagian dalam sepatu. Kemudian  diamkan selama satu malam. Soda kue akan menyerap minyak, keringat dan suhu yang lembab sehingga bau pada sepatu hilang.

Untuk membersihkan sepatu kulit dengan bahan suede, sebainya jangan dicuci menggunakan air ataupun sabun keras. Karena hal tersebut akan merusak sepatu  dalam waktu yang singkat.

Bila anda tidak malas membaca, silahkan tonton video tips bersihin sepatu kulit berdasarkan jenisnya berikut ini:

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.