cara melancarkan haid
Gambar Perempuan | Carapedi.id

Cara Melancarkan Haid Secara Alami Dan Cepat

Diposting pada

Sebagian perempuan terkadang merasa setres apabila dihadapi dengan masa haid atau menstruasi. Hal ini dikarenakan tidak lancarnya haid yang mereka alami. Sehingga banyak wanita yang mencari segala cara melancarkan haid tersebut. Namun, terkadang cara penanganan yang mereka lakukan justru tidak tepat. Bukannya memperlancar haid malah menimbulkan efek lain, seperti sakit dan keram di perut yang luar biasa.

Sebenarnya banyak sekali faktor penyebab tidak lancarnya haid atau menstruasi. Maka dari itu, ketika mengalami haid tidak lancar atau terlambat datang bulan, sebaiknya ketahui dulu faktor penyebabnya sebelum melakukan penanganan.

Karena dengan mengetahui faktor penyebabnya kita bisa melakukan penanganan yang tepat.

Faktor Penyebab Haid Tidak Lancar

Prinsip dasar dari penanganan sebuah masalah adalah dengan mengetahui akar dan sumber masalahnya. Begitupun dengan masalah tidak lancarnya haid atau menstruasi.

Alangkah baiknya sebelum kita melakukan penanganan, kita ketahui terlebih dahulu beberapa faktor penyebab tidak lancarnya haid tersebut.

Selain bisa melakukan penanganan yang tepat hal ini juga bisa mempercepat mengatasi masalah haid tersebut.

Dan seperti yang disebutkan diawal bahwa ada beberapa faktor penyebab terlambatnya haid. Diantaranya seperti:

  1. Depresi Atau Stres

    Salah satu faktor penyebab terlambatnya datang bulan atau haid adalah setres. Pikiran yang sedang kalut, depresi atau setres ternyata bisa mempengaruhi siklus menstruasi pada perempuan. Pada bagian otak, ada yang namanya Hypothalamus, hormon ini berfungsi untuk mengatur periode haid. Maka dari itu ketika anda setres maka siklus haid atau mentruasi akan terganggu.

  2. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

    Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme dalam tubuh agar berjalan dengan baik. Selain itu kelenjar teroid ini juga berinteraksi dengan sistem tubuh lainnya. Sehingga ketika terjadi ketidak seimbangan, kelenjar teroid akan berpengaruh pada siklus mentruasi perempuan.

  3. Tidak Seimbangnya Hormon

    Hormon merupakan salah satu faktor penting dalam tubuh, hormon juga berpengaruh pada siklus haid. Hal ini dikarenakan haid itu sendiri tercipta dari hasil kerjasama otak, pikiran, kelenjar tiroid, serta sistem tubuh lainnya yang mana apabila salah satunya terganggu maka siklus haidpun akan terganggu.

  4. Turunnya Berat Badan Secara Derastis

    Ketika anda sedang melakukan diet ketat maka hal ini akan menjadi salah satu faktor lain penyebab tidak lancarnya haid.

  5. Terdapat Penyakit Pada Organ Refroduksi

    Ketika anda terlambat datang bulan atau siklus menstruasi anda tidak normal maka anda patut berhati – hati. Karena salah satu pemicu terganggunya siklus haid adalah adanya penyakit pada organ refroduksi.Salah satu penyakit yang dikaitkan dengan hal ini adalah Polycystic ovary syndrome ( PCOS ). Pada tingkat lanjut penyakit ini bisa mengakibatkan kemandulan, diabetes dan penyakit jantung.

  6.  Penggunaan Obat Kontrasepsi

    Fungsi dari obat kontrasepsi seperti pil KB adalah untuk menunda kehamilan sebelum di rencanakan. Namun, efek samping dari pil KB ini adalah dapat menggangu siklus mentruasi.

Keuntungan Lancar Haid

Semua wanita pasti menginginkan mentruasinya lancar tanpa gangguan. Sehingga mereka tidak perlu was – was ataupun cemas ketika menunggu waktu haid.

Maka dari itu mengetahui dan menambah wawasan mengenai cara melancarkan haid yang baik dan benar sangat penting sekali.

  1. Mudah Menentukan Masa Subur

    Jika haid yang dialami oleh seorang wanita lancar maka cara menentukan masa subur sangat mudah sekali, karena siklus haidnya teratur. Normalnya siklus haid itu berada pada rentan waktu 23-35 hari.

  2. Menandakan Tubuh Sehat

    Mentruasi terganggu atau tidak lancar di akibatkan oleh beberapa hormon yang terganggu di dalam tubuh yang artinya kesehatan anda sedang terganggu. Namun, jika mentruasi lancar maka bisa dipastikan kesehatan tubuh anda sedang dalam keadaan baik.

  3. Lebih Mudah Mendapatkan Momongan

    Bagi pasangan yang sudah menikah,  mendapatkan momongan atau keturunan merupakan sebuah impian. Nah, dengan lancarnya haid maka pasangan suami istri dengan mudah bisa menentukan kapan masa subur sang istri. Sehingga tingkat keberhasilan mendapatkan momongan jauh lebih besar.

Tips Cara Melancarkan Haid Secara  Alami

Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab tidak lancarnya haid maka sebaiknya anda lakukan beberapa hal ini agar haid anda kembali normal.

Kebanyakan orang ketika mengalami haid tidak lancar mereka menanganinya dengan obat – obatan. Hal ini tidak salah asalkan sesuai dosis dan anjuran dokter.

Namun, sebelum anda mengkonsumsi obat, alangkah baiknya anda mulai dengan hal yang alami terlebih dahulu.

Obat – obatan memang bagus, karena bisa mengatasi masalah kesehatan dengan cepat. Namun, menggunakan cara yang alami jauh lebih baik, karena selain tidak menimbulkan efek samping cara ini juga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

  1. Cara Melancarkan Haid Dengan Berolahraga

    cara melancarkan haid
    Gambar Orang Sedang Jogging | Poto by Pixabay

    Info penting lainnya:

    Cara menghilangkan jerawat secara alami

    Dengan berolahraga aliran darah dalam tubuh akan menjadi lancar, dengan lancarnya aliran darah dalam tubuh, maka kinerja sistem lain di dalam tubuh akan berjalan dengan baik. Hal ini berdampak baik pula bagi siklus haid, karena metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

    Maka dari itu melakukan olahraga secara rutin akan sangat bermanfaat sekali. Selain bisa membuat siklus haid menjadi teratur. Olahraga juga memiliki manfaat lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

    Beberapa jenis olahraga yang bisa anda coba diantaranya seperti:

    • Jogging.
    • Yoga.
    • Renang.
    • Bersepeda.
    • Dan lain sebagainya.
  2. Cara Melancarkan Haid Dengan Istirahat Yang Cukup

    cara melancarkan haid
    Gambar ilusi oran sedang tidur by pixabay

    Salah satu pemicu tidak teraturnya siklus haid adalah karena faktor kelelahan. Di jaman sekarang ini banyak wanita yang memilih untuk bekerja dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sendiri.

    Dengan kesibukan inilah banyak wanita yang kurang memperdulikan waktu istirahatnya. Sehingga tanpa mereka sadari hal tersebutlah yang memicu tidak teraturnya menstruasi.

    Maka dari itu, salah satu cara melancarkan haid adalah dengan mengatur waktu istirahat dengan baik.

    Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Yang mana saat anda setres dapat teredam dan tidak akan terpengaruh oleh hyphotalamus yang mengatur siklus haid.

  3.  Cara Melancarkan Haid Dengan Mengkonsumsi Air Kelapa Hijau

    cara melancarkan haid
    Gambar Ilusi Buah Kelapa Hijau by Pixabay

    Buah kelapa hijau selain enak di konsumsi ternyata buah yang satu ini juga mengandung manfaat lain. Salah satunya adalah bagus untuk memperlancar haid pada wanita.

    Pada air buah kelapa hijau terkandung senyawa laurat, yang mana senyawa ini bermanfaat sebagai anti bakteri, anti jamur serta anti virus.

    Maka tak salah bila buah hijau yang satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu buah untuk memperlancar haid.

  4. Cara Melancarkan Haid Dengan Menggunakan Kunyit

    cara melancarkan haid
    Gambar Ilusi Kunyit by pixabay

    Bumbu dapur yang satu ini bukan hanya bisa membuat makanan menjadi lebih nikmat. Ternyata kunyit memiliki khasiat lain yang sangat bermanfaat. Di dalam kunyit terkandung senyawa kurkumin yang  berfungsi sebagai anti oksidan dan anti inflamasi.

    Untuk melancarkan haid dengan memanfaatkan kebaikan kunyit anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jamu dengan racikan  kunyit. Minumlah jamu kunyit tersebut secara rutin agar siklus haid anda teratur.

  5. Cara Melancarkan Haid Dengan Menggunakan Jahe

    cara melancarkan haid
    Gambar ilustrasi jahe by pixabay

    Di dalam jahe terdapat berbagai senyawa bermanfaat seperti vitamin A, Vitamin B2, Vitamin C, minyak atsiri, lemak, kalsium, zat besi,Fosfor, niasin dan sodium.

    Jahe juga bisa digunakan sebagai cara melancarkan haid secara herbal tanpa menggunakan obat. Untuk memperlancar haid anda bisa menggunakan jahe dengan mencampurkannya dengan madu. Kemudian meminumnya secara  rutin.

  6. Cara Melancarkan Haid Dengan Menggunakan Daun Pepaya

    cara melancarkan haid
    Gambar ilustrasi daun pepaya by pixabay

    Siapa sangka bahwa daun pepaya yang mayoritas orang tidak menyukainya justru mengandung banyak manfaat di dalamnya. Rasa pahit yang ditimbulkan oleh daun pepaya membuat sebagian orang tidak menyukai daun pepaya.

    Namun, perlu anda ketahui bahwa daun pepaya tersebut memiliki banyak manfaat serta mengandung senyawa yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

    Didalam daun pepaya terkandung berbagai jenis vitamin diantaranya seperti vitamin A, vitamin B, Vitamin C, vitamin D, vitamin E dan kalsium.

    Untuk melancarkan haid anda bisa memanfaatkan daun pepaya dengan cara berikut ini:

    • Ambil beberapa lembar daun pepaya.
    • Rebus daun pepaya tersebut dalam 2 gelas air.
    • Campurkan asam jawa dan garam secukupnya.
    • Rebus hingga kira – kira air rebusannya tinggal satu gelas saja.
    • Ambil air rebusan tersebut pisahkan dengan daun pepayanya dan diamkan hingga dingin.
    • Minum air rebusan pepaya tersebut untuk mengurangi rasa nyeri saat haid.
  7. Cara Melancarkan Haid Dengan Menggunakan Jus Wortel

    cara melancarkan haid
    Gambar ilustrasi jus wortel by pixabay

    Kebanyakan yang orang ketahui, wortel itu bagus untuk kesehatan mata. Namun siapa sangka bahwa selain bagus untuk kesehatan tubuh dan mata wortel juga sering digunakan sebagai cara melancarkan haid. 

    Wortel memang mengandung banyak senyawa yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya seperti vitamin A, vitamin C serta kalsium.

    Jika anda ingin menggunakan wortel ini untuk membantu memperlancar haid, anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Anda konsumsi jus wortel ini secara rutin tanpa menggunakan gula atau menggunakan sedikit gula saja.

  8. Cara Melancarkan Haid Dengan Berkonsultasi Kepada Dokter

    cara melancarkan haid
    Gambar ilustrasi dokter by pixabay

    Jika dengan menggunakan bahan alami namun haid anda tetap tidak lancar sebaiknya anda segera hubungi dokter. Karena takut ada kelainan pada alat refroduksi anda seperti penyakit Polycystic ovary syndrome ( PCOS ). Karena jika haid anda tidak lancar karena disebabkan penyakit tersebut maka harus segera di tangani oleh yang ahli di bidangnya seperti dokter.

    Jika hal tersebut telat di tangani maka akan sangat beresiko bagi sang penderita. Maka dari itu sering – seringlah anda berkonsultasi kepada dokter.

    Karena saat ini, konsultasi ke dokter tidak perlu datang ke rumah sakit atau datang ke klinik. Sekarang banyak sekali situs – situs kesehatan online yang menyediakan jasa konsultasi kesehatan gratis. Anda tinggal mengunjungi situs tersebut di internet dan menanyakan berbagai keluhan anda disana.

Kesimpulan Cara Melancarkan Haid

Sebenarnya, selain cara diatas masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan haid. Namun, beberapa referensi diataspun sudah lebih dari cukup jika anda mau mencobanya.

Secara kesimpulan cara melancarkan haid sebenarnya sangat mudah. Yang perlu anda lakukan adalah mengetahui faktor – faktor penyebab tidak lancarnya haid, kemudian melakukan penanganan dengan cara:

  1. Berolahraga.
  2. Istirahat yang cukup.
  3. Mengkonsumsi air kelapa hijau.
  4. Mengkonsumsi jahe.
  5. Mengkonsumsi kunyit.
  6. Mengkonsumsi daun pepeaya.
  7. Mengkonsumsi jus wortel
  8. Konsultasi kepada dokter
Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.