cara kilat membuat alarm di laptop
Gambar jam weker by pixabay

Cara Kilat Membuat Alarm Di Laptop Window 10

Diposting pada

Cara kilat membuat alarm di laptop ini hanya bisa digunakan pada laptop yang menggunakan window 10. Jika anda menggunakan laptop dengan versi window dibawahnya mungkin akan sedikit berbeda. Memang pada intinya sama saja namun langkah – langkah yang akan digunakan sedikit memiliki perbedaan.

Alarm adalah sebuah tanda yang diatur sedemikian rupa untuk mengingatkan pada waktu tertentu. Seperti untuk mengingatkan waktu bangun tidur, waktu pulang, waktu istirahat dan lain sebagainya.

Banyak orang yang memanfaatkan fitur ini untuk mengingatkan berbagai hal yang sangat penting dalam kegiatan sehari – hari mereka.

Namun, menghidupkan alarm ternyata tidak semua alat sama cara menghidupkannya, dan tidak semnua orang bisa mengaktifkannya.

Terutama pada laptop, cara menghidupkan alarm pada laptop berbeda dengan cara menghidupkan alarm pada jam weker. Apalagi pada laptop yang menggunakan versi window 10.

Cara membuat alarm di laptop window 10 terkadang  banyak orang yang merasa kerepotan. Hal ini dikarenakan window 10 memiliki fitur yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya seperti window 8, window 7 dan window xp.

Cara Kilat Membuat Alarm Di Laptop

Sebenarnya membuat alarm di window 10 itu sangat mudah sekali. Bahkan tak perlu waktu lama. Anda hanya membutuhkan beberapa detik saja alarm di laptop sudah bisa anda atur.

Jika anda masih bingung silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini:

Langkah – Langkah Cara Kilat Membuat Alarm di Laptop

  1. Klik start menu

    cara kilat membuat alarm di laptop
    Gambar menu start window 10 | carapedi.id

    Untuk membuat alarm di laptop yang menggunakan window 10, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka tombol start pada keyboard atau dengan mengkliknya pada teksbar.

    Kemudian nanti akan muncul berbagai pilihan program window. Pada deretan menu tersebut silahkan anda pilih dan klik pada menu “alarm & jam” seperti pada gambar yang diberi tanda merah diatas.

  2. Klik “alarm & jam”

    Karena kita akan membuat pengaturan alarm pada laptop maka silahkan anda klik menu “alarm & jam tersebut. Setelah itu anda akan di bawa ke halaman “alarm & jam”.

  3. Klik tombol “+“.

    cara kilat membuat alarm di laptop
    Gambar halaman “alarm & jam”. Carapedi.id

    Pada halaman “alarm & jam” terdapat berbagai pilihan menu seperti:

    • Alarm, Menu ini digunakan untuk membuat alarm.
    • Jam dunia, untuk mencari waktu di masing – masing tempat di dunia.
    • Pengatur waktu, digunakan untuk membuat alarm dengan hitungan jam mundur sesuai settingan.
    • Stopwatch, digunakan untuk mengukur waktu tertentu.Untuk membuat alarm maka silahkan anda pilih dan klik pada menu “alarm”. Setelah itu klik pada tombol “+” disamping kanan bawah seperiti pada gambar diatas yang diberi tanda nomor 1. Tombol ini digunakan untuk menambahkan waktu alarm baru di laptop anda.
  4. Setting waktu alarm.

    cara kilat membuat alarm di laptop
    Gambar setting alarm di laptop | carapedi.id

    Pada bagian ini anda bisa mengatur alarm sesuka anda seperti:

    • Menentukan nama alarm, silahkan anda masukan nama alarm sesuai dengan keinginan anda. Misalkan “alarm bangun pagi”.
    • Menentukan waktu pengulangan alarm, silahkan anda masukan waktu pengulangannya. Apakah hanya di gunakan sekali, setiap hari senin saja atau setiap hari ( senin – minggu ).
    • Menentukan suara alarm, silahkan anda pilih dan tentukan suara alarm yang anda sukai. Misalnya “chimes”.
    •  Menentukan  waktu tunda alarm, waktu ini digunakan untuk menentukan jarak antara bunyi alarm pertama, kedua dan seterusnya.Setelah anda setting waktu dan suara alarmnya silahkan anda klik simpan pada gambar memori di samping kanan bawah seperti pada gambar dia atas yang diberi tanda kotak merah.
  5. Selesai.

    cara kilat membuat alarm di laptop
    Gambar alarm sudah aktif di laptop window 10 | carapedi.id

    Dengan mengklik simpan, maka alarm di laptop anda sudah aktif. Jika anda ingin menambahkan lebih dari satu waktu alarm silahkan anda klik kembali menu “+”, dan ulangi langkah 3 dan 4 seperti diatas.

Nah, itulah cara kilat membuat alarm di laptop yang menggunakan window 10. Begitu mudah bukan?. Silahkan anda coba dan praktekan sendiri pada laptop anda. Oh iya suara alarm pada laptop juga bisa anda rubah sesuai dengan musik yang anda inginkan.

Jika ada pertanyaan atau ada hal yang kurang anda pahami silahkan anda tanyakan dikolom komentar.

Atau jika anda medapatkan kendala lain pada laptop atau komputer anda anda bisa menemukan solusinya pada halaman komputer di web carapedi.id.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.