cara instal plugin wordpress
Gambar ilusi plugin wordpress | Carapedi.id

Cara Instal Plugin WordPress

Diposting pada

Plugin merupakan salah satu hal penting di blog wordpress. Tanpa plugin wordpress akan sangat terlihat sederhana. Dengan adanya plugin, memungkinkan setiap pengguna wordpress untuk memasang berbagai fitur menarik di blognya. Untuk itu rasanya penting sekali mempelajari cara instal plugin wordpress ini.

Diluar sana banyak sekali berbagai macam plugin yang bisa anda instal di blog. Mulai dari plugin untuk membantu optimasi sampai dengan plugin untuk mempercantik blog. Baribu – ribu plugin bisa anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan dana nya. Karena plugin itu ada yang berbayar ada juga yang gratisan. Silahkan anda pilih dan tentukan sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Nah, kali ini admin akan membahas cara instalnya plugin – plugin wordpress tersebut. Dan berikut uraian lengkapnya:

Cara Instal Plugin WordPress Dengan Mudah

Cara Instal Plugin wordpress sebenarnya sangat mudah sekali. Ada 3 cara yang bisa anda lakukan. Namun yang harus anda perhatikan adalah :

  1. Anda bisa mengakses dasboard website.
  2. Anda bisa mengakses ke FTP.
  3. Sudah mendowload plugin yang akan di pasang.
  4. Pastikan kuota anda mencukupi hhehehehe.

Jika semua hal diatas sudah anda perhatikan dan sudah anda siapkan silahkan ikuti langkah – langkah instal plugin wordpressnya dibawah ini:

A. Cara Instal Plugin WordPress Melalui Dasboard Admin WordPress

  1. Login ke dasboard admin wordpress.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan login ke dasboard wordpress anda. Kemudian klik tombol plugin. Seperti pada gambar berikut:

cara instal plugin wordpress
Gambar dasboard wordpress | Carapedi.id
2. Klik tambah baru.

Setelah anda mengklik tombol plugin maka akan muncul beberapa pilihan menu diantaranya:

  • Plugin terpasang. Adalah menu untuk mengakses plugin – plugin yang sudah terpsang di blog wordpress anda.
  • Tambah baru. Adalah menu untuk menambah plugin baru di blog wordpress anda.
  • Penyunting. Adalah menu untuk melakukan penyuntingan terhadap plugin – plugin yang telah terpasang.

Nah, untuk menambahkan plugin baru di blog anda silahkan klik menu tambah baru.

3. Pilih jenis plugin yang anda inginkan.

Setelah anda mengklik menu “tambah baru” maka anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan plugin. Silahkan anda pilih plugin yang  anda inginkan.

4. Klik Instal Sekarang.
cara instal plugin wordpress
Gambar instal plugin wordpress | Carapedi.id

Setelah anda menemukan plugin yang anda inginkan sekarang tinggal anda klik tombol “instal sekarang” seperti pada gambar yang saya kasih tombol merah angka satu diatas.

4. Tunggu Sampai Proses Instalasi Selesai.

5. Klik Aktifkan Jaringan.

cara instal plugin wordpress
Aktifkan plugin sekarang

Setelah proses instalali plugin selesai, untuk dapat menggunakan plugin tersebut sekarang tinggal anda aktifkan dengan mengklik tombol  “aktifkan jaringan”.

B. Cara Instal Plugin WordPress Manual

Selain cara instal plugin wordpress di dasboard anda juga bisa menginstal plugin secara manual. Yaitu dengan cara mengupload plugin yang telah di download ke blog anda. Untuk melakukan cara ini pastikan anda telah mendownload plugin yang ingin anda instal. Selain di direktori plugin, diluar sana juga banyak penyedia plugin premium yang bisa anda coba., seperti Codecanyon.net. Disana banyak sekali jenis – jenis plugin yang bisa anda download. Jika anda sudah mendownload plugin nya sekarang silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut ini

  1. Login Ke Dasboard WordPress.

Sama seperti pada langkah yang pertama silahkan anda login ke dasboard wordpress anda.

2. Klik Plugin > Tambah Baru.
cara instal plugin wordpress
Gambar dasboard wordpress | Carapedi.id

Setelah anda berada didalam dasboard wordpress silahkan anda klik plugin kemudian klik tambah baru ( add new ). Setelah itu anda akan masuk kedalam direktori plugin.

3. Klik Unggah Plugin ( Upload Plugin ).
cara instal plugin wordpress
Gambar direktori plugin wordpress

Setelah anda berada didalam direktori plugin, pilih dan klik menu unggah plugin ( upload plugin ). Seperti pada gambar diatas yang diberi tanda merah angka satu.

4. Klik Chose File.
cara instal plugin wordpress
Chose File

Klik chose file, Kemudian masukan file plugin yang telah anda download sebelumnya di komputer atau laptop anda. Tunggu hingga proses uploading selesai.

5. Klik Instal Sekarang ( Instal Now ).

Setelah proses uploading selesai silahkan anda klik tombol “instal sekarang”, dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

6. Klik Aktifkan Jaringan.

Untuk ketika proses instalasi selesai plugin tidak akan langsung aktif, maka untuk mengaktifkan plugin tersebut silahkan anda klik tombol “Aktifkan jaringan”.

C. Cara Instal Plugin WordPress Menggunakan FTP

Cara instal plugin wordpress yang ketiga adalah dengan menggunakan FTP. Cara ini sangat gampang serta sangat membantu terutama bagi anda yang hosting nya memiliki limit upload. Jika plugin terlalu besar maka tidak bisa di upload akan langsung  ditolak oleh server. Maka dari itu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan FTP ini.

Namun, jika anda memilih cara ini untuk menguload atau mengunggah file plugin, sebaiknya anda berhati – hati, terutama bagi pemula. Karena anda mengetahui cara menggunakan FTP nya terlebih dahulu. Sebaiknya jika anda masih pemula dan ragu – ragu jangan sesekali anda gunakan cara yang ketiga ini. Namun  jika anda memang sudah mengtahui FTP nya silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Download Plugin Nya terlebih Dahulu.
  2. Ekstrak Plugin Yang Telah Di Download Tersebut.
  3. Login ke akun Hosting Anda Menggunakan FTP cLient.
  4. Masuk ke direktori wordpress kemudian cari tempat anda menginstal wordpressnya. Biasanya file tersebut ada di folder public_html. Double klik folder file tersebut.
  5. Kemudian anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan folder, cari folder “wp-content” setelah ketemu buka folder tersebut.
  6. Pilih dan klik folder plugin.
  7. Upload file plugin yang telah anda ekstrak tadi folder plugin tersebut.
  8. Tunggu sampai proses uploading selesai.
  9. Setelah upload selesai silahkan anda kembali ke dasboard wordpres dan buka menu plugin.
  10. Cari plugin yang telah anda istal tadi, jika sudah ketemu klik instal.
  11. Selanjutnya anda aktifkan plgin tersebut dengan klik menu “aktifkan jaringan”.
  12. Plugin telah terinstal dan telah aktif di blog anda.

Penutup

Nah, demikianlah ulasan carapedi mengenai cara instal plugin wordpress. Silahkan anda pilih cara mana saja yang menurut anda paling mudah. Jika ada hal yang kurang dipahami dari penjelasan admin, silahkan hubungi kami lewat kontak ya.

Jangan lupa pula syare, like dan komen. Jika ada info tambahan sisipkan di komentar aja.

Terimakasih.