10 Cara Hidup Sehat dan Tetap Awet Muda yang Sering Dilupakan

Siapa sih yang tidak ingin awet muda, semua orang baik itu pria ataupun wanita menginginkannya. Bahkan tidak jarang orang rela mengeluarkan uang ratusan juta hanya agar terlihat lebih muda. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya dengan cara hidup sehat kamu bisa mendapatkan badan yang lebih sehat dan awet muda.

Namun sayangnya, beberapa orang justru menganggap bahwa gaya hidup sehat itu tidaklah begitu penting. Padahal pola dan gaya hidup merupakan kunci dari kebugaran jasmani dan ketenangan bagi rohani.

Jika pola hidup sehat ini dilakukan dengan baik, maka bukan tidak mungkin jika kamu akan dapat tampil jauh lebih muda ketimbang teman atau saudara yang sebaya dengan kamu. Beberapa orang berhasil melakukan hal ini. Ingin mencobanya? Berikut ini adalah beberapa cara dan gaya hidup sehat agar tampil lebih awet muda dan juga lebih sehat.

1. Tidur dan Bangun di Jam yang sama

Istirahat adalah salah satu faktor penting yang akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran seseorang. Istirahat yang cukup akan membuat badan menjadi lebih segar dan lebih fresh. Selain itu, hal ini juga dapat berdampak pada jiwa yang lebih tenang dan lebih nyaman.

Waktu tidur normal yang seharusnya dilakukan adalah 8 jam, namun untuk orang dewasa, tidur 6  jam perhari sudah lebih dari cukup. Dalam pola hidup sehat, bukan hanya lama atau tidaknya tidur saja yang harus dilakukan. Melainkan kapan waktu tidur dilakukan juga sangat penting.

Jika kamu memang ingin menjalankan pola hidup sehat dan bisa tampil lebih awet muda,salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah tidur di jam yang sama dan bangun di waktu yang sama juga. Misal, kamu tidur jam 10 malam, dan bangun di jam 5 pagi atau di jam 7 pagi dan dilakukan setiap hari secara konsisten.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Tahukah kamu bahwa tubuh kita terdiri dari 70% air, maka dari itu, hal paling penting yang harus kita lakukan adalah dengan memenuhi kadar air dalam tubuh kita. Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan masalah yang sangat serius bagi kesehatan.

Dan tahukan kamu bahwa salah satu faktor utama pemicu terjadinya kerutan pada wajah dan penuaan dini yang lebih cepat adalah karena tubuh yang lebih sering kekurangan cairan. Maka dari itu, salah satu cara paling sederhana yang harus dilakukan adalah mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Menurut beberapa hasil riset dan penelitian, kita harus minum air sebanyak 3,7 liter perhari. Terlepas dari seberapa berat aktivitas yang kita lakukan. Namun kebutuhan air minimal yang harus kita konsumsi perhari adalah 3,7 liter.

3. Melakukan Olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga juga merupakan salah satu satu bagian cara hidup sehat yang paling di anjurkan oleh banyak ahli kesehatan dunia. Dengan berolahraga secara teratur dan konsisten maka tubuh akan berkembang dengan baik.

Olahraga dapat menghindar tubuh dari berbagai risiko penyakit, meningkatkan kepadatan tulang, membakar lemak tak jenuh, menurunkan berat badan, serta membuang berbagai zat dan racun dari dalam tubuh dengan baik.

Tidak perlu lama-lama, melakukan olahraga secara teratur setiap hari minimal 10-15 menit dapat meningkatkan kebugaran dan membuat badan jauh fresh dan lebih sehat. Bukan tidak mungkin jika implikasinya pada wajah yang selalu tampak lebih awet muda.

4. Selalu Berpikir Positif

Tahukah kamu bahwa salah satu rahasia orang yang selalu tampak awet muda adalah karena pikiran mereka selalu terjaga dengan baik. Orang-orang ini selalu menghindarkan dirinya dari pikiran buruk, baik pikiran buruk terhadap orang  lain, situasi ataupun kepada dirinya sendiri.

Dengan berpikiran positif maka hidup akan jauh lebih tenang dan lebih nyaman. Karena semua hal yang di hadapi setiap hari dapat di terima dengan baik oleh pikiran. Implikasinya rohani kita akan terjaga dan selalu merasa tenang.

Tidak heran jika pada akhirnya orang-orang yang memiliki pola pikir seperti ini akan jauh nampak lebih sehat dan lebih awet muda ketimbang mereka yang selalu berpikir negatif dan penuh kecurigaan. Maka dari itu, buatlah pikiran jadi lebih positif dan hindari orang-orang yang selalu berpikir negatif.

5. Kurangi Makan Junk Food

Junk food kerap kali menjadi masalah yang cukup serius bagi kesehatan. Bukan tidak boleh di konsumsi, namun jumlahnya harus dikurangi. Jika kamu bisa tidak makan junk food, maka itu jauh lebih baik ketimbang kamu hanya menguranginya saja.

Zat yang terkandung dalam junk food sudah hilang dan di ganti dengan lemak tak jenuh. Sehingga ketika kamu konsumsi, maka hanya ada sedikit zat yang bermanfaat bagi tubuh kamu. Alangkah lebih baik jika kamu mengkonsumsi makanan secara langsung dalam bentuk olahan makanan yang lebih segar.

Ada banyak sekali jenis olahan junk food yang mesti kamu hindar jika kamu ingin menjalankan pola makanan sehat. Beberapa contoh diantaranya adalah seperti makanan atau minuman kaleng, makanan kemasan dan lain sebagainya.

6. Cara Hidup Sehat dengan Mencintai Diri Sendiri

Jika bukan kita, maka siapa lagi yang akan sayang terhadap diri kita. Maka dari itu, cintailah diri kamu mulai sekarang. Mencintai diri kita sendiri akan menjauhkah pikiran dari hal-hal yang tidak baik seperti stres yang tidak berkesudahan.

Jika kamu mencintai diri kamu sendiri, maka kamu akan jauh lebih peduli terhadap diri kamu baik dari segi penampilan ataupun dari segi pola pikir dan tindakan. Dengan demikian maka kehidupan yang kamu jalani akan jauh lebih baik ketimbang kamu acuh terhadap diri kamu.

Kamu akan merasakan damainya hidup ketika kamu peduli dan mencintai diri kamu dengan baik. kamu selalu mengedepankan diri kamu ketimbang orang lain (dalam arti positif). Kamu akan selalu memperhatikan diri kamu terlebih dahulu ketimbang orang lain.

7. Kendalikan Asupan Gula dan Garam

Gula dan garam memang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Namun mengkonsumsi gula dan garam dalam jumlah berlebih akan cenderung menimbulkan masalah serius bagi tubuh. Maka dari itu, ketika kamu mengkonsumsi 2 zat ini harus dalam porsi yang cukup.

Mengkonsumsi gula berlebih akan menjadi pemicu diabetes yang juga akan berimplikasi pada terjadinya penuaan dini. Sedangkan jika kamu mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebih, maka akan menjadi masalah bagi kesehatan ginjal. Beberapa masalah batu ginjal, disebabkan karena mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebih.

Maka dari itu, hal yang paling penting yang harus dilakukan adalah dengan memastikan bahwa konsumsi gula dan garam harian kamu cukup dan tidak berlebih.

Menurut data kementrian kesehatan menyebutkan bahwa kebutuhan gula harian yang harus kita konsumsi adalah sebanyak 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Sedangkan konsumsi garam harian yang manusia butuhkan adalah 2000 mg atau setara dengan 1 sendok teh makan perhari.

8. Cara Hidup Sehat Tekan Emosi dengan Baik

Banyak orang yang bilang, “jangan emosi melulu, nanti cepet tua loh”. Hal ini ternyata memang benar adanya. Orang yang memiliki emosi yang lebih tinggi dan mudah marah cenderung akan lebih mudah cepat tua.

Selain itu, mudah marah juga dapat berakibat pada kesehatan. Salah satunya adalah naiknya tekanan darah. Jika kamu ingin hidup lebih sehat dan tetap awet muda maka salah satu pola cara hidup sehat yang harus kamu lakukan adalah dengan menekan emosi kamu.

Salah satu cara  yang bisa kamu gunakan untuk menekan emosi kamu adalah dengan selalu berpikiran positif, sabar dan selalu berlapang dada. Ini mungkin butuh waktu dan proses pembelajaran, namun jika kamu terus berusaha, maka hal tersebut akan mudah kamu lakukan.

9. Hindari Minuman Soda, Kafein dan Alkohol

Ketiga minuman ini, soda, kafein dan alkohol merupakan salah satu jenis makanan yang harus kamu hindari jika kamu ingin tampil lebih sehat dan lebih awet muda. Ketiga minuman ini bersifat diuretik yang dapat mempercepat produksi urin. Hal ini tentu akan mengurangi asupan air bagi tubuh.

Selain itu, ketiga minuman tersebut juga berimplikasi pada penurunan kesehatan tubuh. Ketiga minuman tersebut memberikan risiko yang cukup tinggi bagi kesehatan seperti meningkatnya kolesterol, mempengaruhi fungsi otak, hati, paru-paru, ginjal dan organ inti lainnya.

Maka dari itu, berhenti dari sekarang juga untuk mengkonsumsi beberapa hal tersebut. Apalagi jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih. Gantikan minuman-minuman tersebut dengan minuman yang jauh lebih sehat, seperti jus dan lain sebagainya yang memberikan nutrisi lebih bagi tubuh.

10. Cara Hidup Sehat Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sangat berdampak bagi kesehatan dan penampilan. Dalam kemasan rokok bahkan di sebutkan beberapa risiko yang akan di alami oleh orang yang mengkonsumsinya.

Namun nikotin dalam rokok membuat banyak orang ketagihan dan lupa akan risiko yang didapatkannya. Bukan hanya berakibat pada kesehatan tubuh saja, rokok juga berdampak bagi penampilan loh.

Orang yang merokok akan lebih tua ketimbang orang yang tidak pernah mengkonsumsinya sama sekali. Hal ini di buktikan dengan penelitian sampel 10 orang. Dimana 7 dari 10 orang tersebut memiliki kesehatan da penampilan yang jauh lebih baik ketimbang para perokok.

Dari uraian di atas, dapat kita simpul kan bahwa ternyata cara hidup sehat itu tidaklah sulit. Yang membuatnya nampak rumit adalah diri kita. Kita bisa tampil lebih sehat dan nampak lebih awet mudah jika kita bisa menjaga pola makan, minum, istirahat yang cukup serta mengatur pikiran menjadi lebih positif.