cara cek saldo atm bri
Gambar ilustrasi ATM BRI

Cara Cek Saldo ATM BRI Dengan ATM, Hp & Internet

Diposting pada

Bukan hanya setor tunai lewat ATM BRI saja yang semakin dipermudah. Kini cara cek saldo ATM BRI pun juga semakin gampang saja. Jika dulu cek saldo ATM itu harus ngantri ke customer services ( CS ) atau ke teller, lain halnya dengan jaman sekarang.

Jaman semakin maju, teknologipun semakin berkembang. Semua kebutuhan manusia kini tak lagi susah seperti dahulu. Jaman sekarang pengen apapun bisa di dapatkan dengan cara yang instan. Meski tak seinstan nyeduh mie instan hehe.

Begitu pula dengan dunia perbankan, dengan semakin majunya teknologi, dunia perbankan kini bisa mempermudah para nasabahnya dengan bantuan teknologi tersebut.

Salah satunya adalah pengecekan  saldo ATM. Cek saldo ATM kini tidak hanya bisa dilakukan di teller atau melalui customer services saja. Melainkan banyak sekali alternatif lain yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekannya.

Bank BRI menjadi salah satu bank yang terbukti mampu mempermudah nasabahnya dengan menggunakan bantuan  teknologi. Pada bulan Juni 2016 lalu, bank BRI meluncurkan satelitnya yang bernama BRIsat.

BRI menjadi bank pertama yang menggunakan satelit sendiri untuk membantu mempermudah dalam melakukan transaksi perbankan, yang salah satunya adalah cara cek saldo ATM BRI.

Bagaimana Cara Cek Saldo ATM BRI

Cek saldo ATM BRI kini tidak hanya bisa dilakukan di teller atau di customer services BRI saja. Melainkan banyak cara yang bisa anda gunakan untuk melakukannya.

Anda tidak perlu repot mengantri ke CS atau ke teller hanya sekedar ingin mengetahui isi saldo akhir tabungan anda.

Anda cukup menggunakan kartu ATM, handphone ataupun koneksi internet. Maka anda  tidak perlu repot ngantri bahkan tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan pengecekan saldo tabungan BRI anda.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui isi saldo tabungan di rekening BRI.

Cara Cek Saldo ATM BRI Di Mesin ATM

Cara cek saldo ATM BRI pertama adalah dengan menggunakan mesin ATM BRI. Apa itu mesin ATM BRI?

Mesin ATM BRI merupakan sebuah mesin yang dirancang khusus oleh bank BRI untuk membantu mempermudah melakukan transaksi perbankan, salah satunya pengecekan saldo.

Cara cek saldo tabungan BRI dengan menggunakan mesin ATM merupakan cara yang paling familiar dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bila anda belum mengetahui caranya silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut ini.

1. Kunjungi ATM BRI

Ketika anda ingin melakukan pengecekan saldo ATM BRI, silahkan anda kunjungi ATM BRI terdekat dari rumah anda. Jangan lupa bawa kartu ATM BRI nya.

2. Masukan kartu ATM ke mesin ATM BRI

cara cek saldo atm bri
Masukan kartu ATM ke mesin ATM BRI

Setelah anda sampai di tempat ATM BRI, silahkan anda masukan kartu ATM ke mesin ATM BRI. Perhatikan posisi kartunya jangan sampi salah.

Jika anda memasukan kartu ATM dengan posisi yang salah, maka kartu ATM anda akan tertelan oleh mesin ATM dan tidak bisa dikeluarkan kembali.

3. Pilih Bahasa

cara cek saldo atm bri
Pilih basaha

Setelah anda memasukan kartu ATM, maka mesin ATM akan memberikan pilihan bahasa yang akan di gunakan dalam melakukan transaksi.

Jika anda ingin menggunakan bahasa Indonesia, silahkan anda pilih dan pencet pada tombol bahasa Indonesia.

Namun apabila anda ingin bertransaksi dengan menggunakan bahasa Inggris silahkan anda pencet pada tombol bahasa Inggris.

4. Klik lanjutkan

cara cek saldo atm bri
Klik lanjtkan

Sebelum anda melanjutkan melakukan transaksi mesin ATM BRI akan memberikan informasi seputar kemanan bertransaksi via ATM. Untuk meneruskan transaksi, silahkan anda klik “lanjutkan“.

5. Masukan PIN ATM BRI

cara cek saldo atm bri
Masukan PIN ATM BRI

Masukan 6 digit pin ATM BRI anda dengan memencet tombol angka yang tesedia di mesin ATM.

Namun, anda perlu berhati – hati ketika memasukan pin ATM tersebut, jangan sampai salah. Karena bila anda salah memasukan pin ATM selama 3 kali, maka ATM anda akan terbokir.

6. Klik transaksi lainnya

cara cek saldo atm bri
Klik transaksi lain

Selanjutnya akan muncul berbagai pilihan menu, ada nominal penarikan uang tunai dan transaksi lain. Untuk mengetahui saldo ATM, silahkan  anda klik pada menu “transaksi lain

7. Klik info rekening

cara cek saldo atm bri
Klik info rekening

Klik pada “info rekening” kemudian akan ada pilihan menu lainnya.

8. Klik info saldo

cara cek saldo atm bri
Klik info saldo

klik “info saldo“, maka akan muncul nominal saldo akhir yang ada di tabungan BRI anda, dan selesai.

Selengkapnya bisa kamu lihat pada cuplikan video berikut ini:

Cara Cek Saldo ATM BRI Lewat Internet Banking

Cara cek saldo atm BRI kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan internet. Cara ini sangat mudah sekali, anda tidak perlu mengunjungi kantor BRI juga tidak perlu pergi ke mesin ATM.

Anda cukup menggunakan koneksi internet saja, maka anda sudah bisa mengetahui isi saldo tabungan anda.

Namun untuk dapat menggunakan cara ini anda harus daftar internet banking BRI terlebih dahulu. Baik daftar melalui customer services ( CS ) ataupun secara personal melalui mesin ATM.

Jika anda sudah terdaftar, silahkan anda lakukan langkah – langkah dibawah ini:

1. Login ke situs internet internet banking BRI

Untuk dapat mengetahui saldo rekening BRI melalui internet , maka langkah pertama, silahkan anda login terlebih dahulu melalui situs internet banking BRI.

2. Masukan akun Ibanking BRI

cara cek saldo atm bri
Masukan akun Ibanking BRI

 

Pada dasboard login ibanking BRI, silahkan anda masukan akun ibanking BRI anda pada kolom yang telah disediakan. Masukan user name, password dan validation yang masing – masing kolom.

3. Klik menu rekening

cara cek saldo atm bri
Klik pada menu rekening

Setelah dasboad ibanking BRI terbuka, selanjutnya silahkan anda pilih dan klik pada menu “rekening“.

4. Klik saldo tabungan

cara cek saldo atm bri
Klik Info saldo

Kemudian, anda akan di hadapkan dengan berbagai pilihan menu seputar informasi rekening anda seperti:

  • Saldo tabungan.
  • Saldo deposito.
  • Saldo DPLK.
  • Mutasi rekening.
  • Rincian pinjaman.
  • Mutasi kartu kredit.
  • Dan bonus poin.

Nah, untuk mengetahui jumlah saldo tabungan di rekening BRI anda, silahkan pilih dan klik pada menu “saldo tabungan“.

5. Selesai

cara cek saldo atm bri
Tampilan hasil pengecekan saldo di Ibanking BRI

Setelah anda klik menu “saldo tabungan” maka saldo pada rekening anda akan ditampilkan. Jika anda memiki 2 rekening BRI maka akan muncul informasi saldo kedua rekeing tersebut seperti gambar diatas.

Cara Cek Saldo ATM BRI Melalui HP

Jika anda ingin mengetahui saldo ATM BRI anda tapi malas ke ATM atau gak bisa pake internet banking BRI. Maka anda tidak perlu khawatir, bank BRI kini menawarkan berbagai kemudahan untuk para nasabahnya.

Untuk melakukan pengecekan saldo ATM anda bisa mengunakan handphone. Namun sebelum anda bisa melakukan pengecekan saldo dengan menggunakan handphone. Anda harus daftar terlebih dahulu sebagai pengguna SMS banking BRI.

Jika sebelumnya anda sudah daftar SMS banking BRI, maka untuk mengetahui saldo ATM BRI anda sangat mudah. Anda cukup ketik SMS dengan format : SALDO ( spasi )  PIN ATM. Contoh: SALDO 123456, kirim sms ke nomor 3300.

Jika format yang anda masukan benar, maka anda akan menerima sms balasan dari server BRI berupa informasi saldo tabungan yang ada pada rekening BRI anda.

Kesimpulan

Bagaimana, mudah bukan cara cek  saldo ATM BRI itu?. Jadi untuk melakukan pengecekan saldo di ATM BRI saat ini tidak hanya bisa melakukan pengecekan melalui teller atau customer ( CS ) BRI saja.

Melainkan ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan saldo yang lebih mudah dan lebih efektif.

Jika anda malas ngantri untuk melakukan pengecekan saldo di teller atau di customer services anda bisa cek sendiri saldo anda dengan cara:

  • Cek melalui mesin ATM BRI.
  • Cek melalui internet banking BRI.
  • Atau cek melalui HP yaitu dengan SMS banking BRI.

Dari berbagai cara tersebut, silahkan anda pilih salah satu cara yang menurut anda paling mudah.