cara cek nama domain

Cara Cek Nama Domain Yang Belum Dibeli Orang

Diposting pada

Domain merupakan sebuah alamat situs web di internet untuk mempermudah orang menemukan situs kita. Namun terkadang domain yang kita inginkan sudah dibeli oleh orang lain. Maka dari itu, sebelum anda menentukan alamat web, anda harus tahu bagaimana cara cek nama domain yang belum dibeli orang lain.

Nama domain sangat penting sekali untuk kita cek ketersediaannya. Karena terkadang domain yang kita inginkan terpaksa harus kita ikhlaskan karena sudah dibeli oleh orang lain. Oleh karena itu kita perlu cek ketersediaan nama domain sebelum kita memutuskan untuk menggunakannya.

Jika domain di ibarat sebagai sebuah kartu tanda pengenal maka sebuah situs tidak akan memiliki identitas yang jelas. Yang menandakan keberadaan dan lokasi situs tersebut di dunia maya. Maka dari itu dengan mempersiapkan nama domain merupakan sebuah langkah awal yang harus anda lakukan ketika membangun sebuah situs di internet.

Cara cek nama domain website

Saat ini, banyak sekali pilihan eksistensi nama domain yang bisa kita pilih untuk menentukan nama situs kita di internet. Mulai dari eksistensi dot com ( .com ) sebagai eksistensi penamaan situs paling populer dan banyak di gunakan oleh orang di seluruh dunia. Sampai dengan eksisenti tingkat regional seperti dot co dot id ( .co.id ) atau dot id ( .id ) untuk wilayah Indonesia serta dot us ( .us ) untuk wilayah Amerika atau dot au (.au ) untuk wilayah Australia.

Dari berbagai eksistentsi nama domain tersebut tingkat harga yag diberikanpun berbeda – beda selain daripada penjual nama domain itu sendiri. Yang membuat nama domain itu berbeda harga dari satu eksistensi domain dengan eksistensi domain lainnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya seperti tingkat kepopulerannya serta tingkat keamanan dari sebuah eksistensi domain tersebut.

Sebagai contoh domain dot com ( .com ) lebih mahal harganya ketimbang domain dot info ( .info). Hal ini disebabkan oleh tingkat kepopuleran domain diantara keduanya. Domain dot com ( .com ) lebih populer ketimbang domain dot info ( .info ).

Contoh lain, eksistensi domain dot id ( .id ) lebih mahal harganya ketimbang eksistensi domain dot com ( .com ) hal ini dipengaruhi oleh tingkat keamanannya. Eksistensi domain dot id ( .id ) lebih safety ketimbang domain dot com ( .com ).

Bagaimana cara cek nama domain?

Cara cek ketersediaan nama domain sebenarnya sangat mudah. Saat ini telah banyak sekali situs – situs penjual domain di internet. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk melakukan pembelian nama domain sekaligus melakukan pengecekan ketersediaan nama domain yang akan kita beli.

Caranya sangat simple dan mudah sekali. Anda tinggal mengunjungi situs tersebut dan masukan nama domain yang anda inginkan. Selanjutnya akan muncul berbagai pilihan nama domain beserta eksistentinya yang masih tersedia dan yang sudah dibeli oleh orang lain. Jika anda merasa bingung silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut  ini.

  1. Kunjungi situs penjual domain atau situs tempat cek nama domain di internet seperti cekdomain dot net atau situs cekdomain dot com.
  2. Disini saya sendiri akan mencontohkan dengan menggunakan situs cek domain dot com.
  3. Buka situs cekdomain.com tersebut.
  4. Setelah anda masuk kehalaman dashboardnya, silahkan anda ketikan nama domain yang anda ingin cek ketersediaannya pada halaman pencarian.
  5. Seperti contoh disini saya akan masukan domain “namasaya”.
  6. Maka situs tersebut akan menampilkan nama domain dengan berbagai eksistensi ayng disediakan situs tersebut. Seperti inilah penampakannya: cara cek nama domain
  7. Dari gambar tersebut diatas bisa kita lihat, domain anda yang masih tersedia adalah yang berwarna hijau seperti namasaya  dot net, namasaya dot  asia dan namasaya dot tv.
  8. Untuk domain anda dengan eksistensi dot com ( .com ) yang berwarna orange yang bertuliskan “who is” sudah tidak tersedia lagi, artinya domain tersebut sudah ada orang lain yang membelinya.

Nah, itulah cara cek nama domain yang bisa anda coba untuk mengetahui apakah nama domain yang anda inginkan sudah dibeli orang lain ataukah belum. Selain situs diatas, sebenarnya masih banyak situs – situs lain yang bisa anda gunakan untuk cek nama domain anda.

Cara cek domain ini sangat penting sekali untuk anda lakukan ketika anda ingin mengawali membangun sebuah situs di internet. Maka dari itu cek sesegera mungkin ketersediaan nama domain anda sebelum domain tersebut dibeli oleh orang lain.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.