7 Cara Cas HP Baru yang Benar dan Bisa Bikin HP Awet dan Tahan Lama

Pengecasan hp biasanya tidak terlalu di perhatikan oleh setiap orang terutama pada HP baru. Harusnya, setiap orang harus memperhatikan bagaimana cara cas HP baru yang benar agar baterai awet dan tahan lama.

Seperti yang kita ketahui bahwa baterai merupakan komponen penting pada hp, itulah sebabnya kita harus tahu cara merawat baterai tersebut terutama pada awal pembelian hp tersebut.

Bagaimana Cara Cas HP Baru yang Benar?

Cara cas HP baru tidak bisa dilakukan secara sembarangan, jika kamu ingin lebih awet dan tahan lama, kmau harus pakai cara yang benar. Gimana caranya? Berikut ini ada 7 cara yang bisa kamu gunakan, yaitu:

1. Pakai Charger Ori atau Asli

Nah jadi pengecasannya harus menggunakan charger ori. Kalau gak ori berarti bukan hp baru dong ya hhe.

Penggunaan charger ori ini sangat penting, karena jika kamu menggunakan charger yang bukan ori berpengaruh pada daya tahan baterai bahkan keawetannya. Ini berlaku bukan hanya pada awal pengecasan ya. Ini juga berlaku untuk seterusnya jika kalian tetap ingin baterai kalian awet dan tahan lama.

Kalian tahu kenapa harus menggunakan charger ori? Karena charger bawaan pabrik biasanya sudah diatur agar pas dengan hp tersebut. Ketika kita menggunakan charger yang bukan ori akan terdapat perbedaan tentang kinerjanya terutama arus ampere, dan ini yang akan menyebabkan baterai gampang rusak.

2. Jangan Cas Terlalu Lama

Beberapa pendapat mengatakan bahwa HP baru harus di cas selama 8 jam, sebenarnya pengecasan terlalu lama sekarang sudah tidak perlu dilakukan pada HP baru karena baterainya sudah semakin canggih. Jadi kalian tinggal cas saja hingga nilai indikatornya 100% lalu kalian segera cabut.

3. Jangan Tarik Ulur Pengecasan

Maksudnya adalah jangan sering mencabut terus cas lagi padahal baterai HP belum penuh, ini akan merusak baterai. Untuk kalian yang ingin mencabut baterai tersebut usahakan pada saat baterai minimal berada dalam 80%. Ini merupakan salah satu cara cas HP baru yang benar yang harus kamu perhatikan dengan baik.

4. Jangan Mainkan HP Sambil Cas

Ini yang harus kalian perhatikan, biasanya kalian sering melakukan kebiasaan buruk ini. Kebiasaan ini harus kalian ubah karena ini akan berdampak buruk pada baterai maupun HP tersebut. Hp akan sangat panas, dan baterai HP akan membengkak. Yang lebih parah bahkan HP tersebut bisa sampai meledak.

5. Jangan Biarkan Baterai HP Benar-Benar Habis

Usahakan pengecasan HP dilakukan ketika baterai HP masih ada, jangan sampai baterai HP benar-benar habis. Karena akan mengurangi kekuatan dalam baterai tersebut. Ini adalah salah satu cara cas HP baru yang benar yang harus kamu lakukan dengan baik.

Karena hal ini jadi salah satu faktor penyebab kenapa HP jadi cepat sekali habis dan dapat mempercepat rusaknya HP yang kamu miliki.

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Penggunaan alat elektronik ini terlalu sering akan mengakibatkan kekuatan baterai menurun. Memang power bank ini merupakan penyelamat ketika kalian kehabisan baterai, namun jangan terlalu sering menggunakannya karena akan berdampak buruk pada baterai.

7. Jangan Ngecas Menggunakan PC/Laptop

Melakukan pengecasan menggunakan PC / laptop fungsinya hampir sama seperti power bank namun kalian jangan terlalu keenakan karena mengecas menggunakan laptop akan berakibat buruk sama seperti penggunaan power bank.

Nah jadi itu cara cas HP baru yang benar yang harus kalian ketahui ketika kalian mempunyai HP baru. Kebijakan pengecasan tergantung pada kalian, jika kalian menginginkan baterai HP yang awet dan tahan lama ikuti cara-cara di atas.

Namun jika kalian tidak menyayangi HP kalian, kalian tinggal melakukan cas asal-asalan saja sehingga menurunkan performanya dan baterai jadi cepat habis. Semua pilihan tergantung pada kalian ya sobat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.