usaha yang cocok untuk mahasiswa
Poto by pixabay | carapedi

16 Cara Buka Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Diposting pada

Sebagai seorang mahasiswa kebanyakan bergantung kepada orang tua, butuh apa – apa serba minta. Tiap tanggal tua udah kaya karyawan pabrik merindukan tanggal muda. Nunggu transferan dari ema dan bapak. Udah gak jaman! Sekarang  Jamannya berwira usaha. Nih admin kasih daftar usaha yang cocok untuk mahasiswa.

Jaman udah modern, gaya dan kebutuhan hidup semakin tinggi. Tuntutan ekonomi semakin hari semakin meninggi. Persaingan semakin ketat kalau kita kalah cepat maka matilah kita jadi buruh selamanya. Produktif mulai dari bangku kuliah itu solusi terbaik untuk saat ini.

Kebanyakan mahasiswa menunggu lulus dulu baru mencari kerja. Padahal jika mereka bisa produktif dari mulai bangku kuliah kenapa tidak. Jika ditanya kenapa? mungkin akan banyak alasannya. Mulai dari gak ada waktu, buka usaha gak ada modal,bingung mesti mulainya dari mana dan masih banyak lagi. Orang gagal biasanya bakal beralasan.

Jika anda bingung silahkan baca tips  cara buka usaha yang cocok untuk kalangan mahasiswa ini. Materi ini cocok untuk anda yang bingung memulai usahanya dari mana. Bingung karena gak ada modal, atau mungkin anda yang bingung ngatur waktunya.

Tips Cara Buka Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa

usaha yang cocok untuk mahasiswa
Poto by pixabay

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membuka peluang usaha yang bisa dimulai dari bangku kuliah. Nah, sebagian kecilnya akan carapedi bagikan disini. Anda bisa mencoba sebagian saja.

A. Jasa services laptop usaha yang cocok untuk mahasiswa

Salah satu usaha yang cocok untuk mahasiswa yang pertama adalah dengan membuka jasa services laptop atau komputer. Bisnis jasa tidak memerlukan begitu banyak modal.

Cukup berbekal seperangkat komputer atau laptop di tambah sedikit keahlian services anda sudah bisa mulai membuka usaha ini.

Buka jasa services laptop atau komputer ini cukup menjanjikan. Satu kali services anda bisa mendapatkan minimal Rp. 50.000. Bayangkan jika dalam  sehari anda bisa services 5-10 unit laptop. Berapa uang yang sudah anda dapatkan?. Lumayan bukan?.

Jika pas services anda mentok atau gak bisa benerinnya, anda bisa pergi membawa laptop tersebut ke tempat services sesungguhnya. Namun, tentu dengan meminta harga yang sedikit lebih murah agar anda tetap kebagian untungnya.

Jika anda pintar management maka anda bisa mengembangkan bisnis ini menjadi lebih besar. Dan merekrut banyak karyawan untuk bekerja bersama anda.

B. Jasa services printer usaha yang cocok untuk mahasiswa

Bidang usaha yang cocok untuk mahasiswa yang kedua adalah dengan mengadakan jasa services printer. Jika anda punya keahlian dibidang ini kenapa tidak anda jadikan peluang usaha. Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar namun keuntungannya cukup menjanjikan.

Anda bisa mulai menawarkan jasa ini ke temen – temen anda di kampus. Biasanya banyak yang punya printer namun gak bisa benerinnya. Inilah kesempatan anda.

Dulu waktu di kampus temen saya juga ada yang seperti ini. Hasilnya cukup lumayan, dalam sekali services bisa dapet sekitar Rp. 60.000 – Rp.150.000.

C. Jasa instal ulang adalah usaha yang cocok untuk mahasiswa

Usaha jasa instal ulang merupakan usaha yang cukup besar keuntungannya. Kenapa bisa dibilang begitu karena usaha yang satu ini bisa dimulai tanpa harus mengeluarkan modal sama sekali.

Anda tinggal download program yang dibutuhkan untuk penginstalan, di internet banyak software nya.

Sekali  instal anda bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp.50.000-100.000 an. Target pasarnya bisa ke temen – temen kampus atau orang – orang kantor yang memang membutuhkan jasa ini. Biasanya dekat lingkungan kampus banyak kantor – kantor yang membutuhkan jasa ini.

D. Jasa services handphone usaha yang cocok untuk mahasiswa

Usaha jasa services handphone juga merupakan salah satu jenis usaha yang bagus untuk mahasiswa. Jaman sekarang siapa sih yang gak punya handphone?. Handphone sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok bukan lagi kebutuhan pelengkap.

Sementara yang namanya barang elektronik cepat atau lambat pasti akan mengalami kerusakan. Nah, hal ini lah yang seharusnya di manfaatkan sebagai ladang usaha yang bagus bagi anda sebagai seorang mahasiswa.

Selain pasar yang luas akan kebutuhan jasa services handphone. Keuntungannya lumayan serta bisa dikerjakan dengan modal yang minim yang pastinya cocok di dompet mahasiswa.

E. Jasa pengetikan usaha yang cocok untuk mahasiswa

Untuk mengisi waktu luang anda bisa memasang jasa pengetikan. Di kampus jasa ini pasti sangat dibutuhkan apalagi kalo ada tugas. Biasanya banyak anak – anak kampus yang males buat ngerjainnya. Selain itu tidak semua mahasiswa di kampus punya laptop atau komputer. Hal ini bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha.

F. Bisnis pulsa usaha yang cocok untuk mahasiswa

Jenis usaha berikutnya yang cocok untuk dijalankan oleh seorang mahasiswa adalah bisnis pulsa. Bisnis pulsa sangat cocok  sekali dijalankan bagi seorang mahasiswa.

Selain pengguna handphone yang dari hari ke hari semakin banyak kebutuhan pulsa juga sekarang semakin kompleks. Pulsa digunakan bukan hanya untuk sms atau nelpon saja tapi juga untuk kebutuhan chating, browsing, streaming dan lain sebagainya. Orang jaman sekarang boleh dibilang lebih baik tidak makan sehari dari pada gak chating sama sekali. Ini menujukan betapa bonafit nya bisnis pulsa ini.

Modal yang anda  perlukan untuk memulai jualan pulsa hanya sebuah handphone dan uang Rp.100.000 untuk beli saldo. Itu saja sudah cukup. Sementara pasarnya sangat luas, anda bisa menjualnya dilingkungan kampus, bahkan di kos – kosan juga pasti pada butuh.

Dengan jumlah mahasiswa yang nyampe ratusan bahkan ribuan bayangkan berapa keuntungan yang akan anda dapatkan. Sementara yang anda keluarkan sangat sedikit.

Keuntungan jualan pulsa memang tidak seberapa berkisar antara Rp. 1000 – 2000 an. Namun jika transaksinya tinggi cukup lumayan mengingat target marketnya sangat luas. Saya sendiri ketika berjualan pulsa sehari transaksi bisa mencapai 60-100 transaksi perhari. Cukup lumayan bukan?.

G. Bisnis kuliner usaha yang cocok untuk mahasiswa

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang menjanjikan jika anda mau menjalankannya. Ada banyak jenis kuliner yang bisa anda coba pasarkan.

Salah satu temen saya waktu di kampus dulu ada yang suka membawa barang dagangannya ke kampus dan masarin nya ke anak – anak kampus dan dosen. Hasilnya lumayan, bisa buat bayar uang semesteran.

H. Jasa les privat usaha yang cocok untuk mahasiswa

Sebagai seseorang yang sedang bergelut di dunia pendidikan dan pembelajran. Bisnis les privat ini hasrus anda coba. Selain anda bisa mendapatkan rupiah anda juga bisa sambil mengasah kemampuan anda dengan membagi ilmu kepada yang lain.

Diluar kampus anda banyak sekali siswa – siwi SD, SMP atau SMA yang membutuhkan jasa les privat. Gak perlu muluk – muluk anda mengadakan lest yang sesuai jurusan anda saja. Misalkan anda jurusan ekonomi, maka anda bisa mengadakan less privat mata pelajaran ekonomi. Atau jika anda jurusan komputer maka anda bisa mengadakan les komputer.

Uang yang  di dapat dari bisnis les privat ini sangat lumayan. Lagi pula anda hanya bermodalkan ilmu pengetahuan saja yang sudah anda pelajari selama sekolah atau di bangku kuliah anda bisa memulai bisnis ini.

Jika hasilnya semakin lama semakin bagus anda bisa membuka dengan sekala yang lebih besar. Bahkan anda sendiri bisa mengajak teman – teman anda untuk membantu anda mengurus les privat ini.

I. Jualan baju usaha yang cocok untuk mahasiswa

Usaha jualan baju memang merupakan usaha yang cocok buat mahasiswa. Dosen saya dulu pernah cerita. Bahwa dijaman kuliahnya dulu dia sempat jualan baju dipasar. Sehabis kuliah, dia pulang ke kosan bawa  barang dan pergi ke pasar jualan. Hasilnya cukup lumayan katanya dijaman itu. Padahal setahu saya dia ini orangnya sangat sibuk, di perkuliahannya dia ngambil 2 jurusan sekaligus. Tapi dia masih sempet ngerjain hal begituan.

Bagi anda yang bilang gak ada waktu anda mungkin bisa belajar dari beliau. semua tergantung cara kita mengatur waktunya saja. Bisnis baju sekalipun bisa anda lakukan walau dimulai dari bangku kuliah.

J. Jasa penerjemah jenis usaha yang cocok untuk mahasiswa

Bagi anda yang kuliah di jurusan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, ini merupakan jenis usaha yang cocok buat anda jalankan. Sambil mengembangkan kemampuan, anda juga akan dibayar. Dan kabarnya jasa translate ini dibayar cukup mahal loh. Mau? silahkan anda cobain.

K. Jasa pembuatan website usaha yang cocok untuk mahasiswa

Untuk anak informatika mungkin usaha jenis ini cocok nih untuk di coba. Namun, bagi yang bukan jurusannya juga tidak menutupi kemungkinan bisa menjalankan bisnis ini. Membuat website bukanlah hal yang sulit untuk sekarang ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuat website. Jika kamu tidak bisa menggunakan bahasa pemrograman kamu bisa menggunakan CMS.

Usaha membuat website ini merupakan usaha yang  cukup benefit. Karena banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa seperti ini. Mulai dari untuk pembuatan Company frofile, toko online, portal berita dan semacamnya.

L. Bisnis PTC / advertiser usaha yang cocok untuk mahasiswa

PTC adalah kepanjangan dari paid to click yang secara sederhana kata ini bisa di artikan sebagai klik untuk membayar. Dalam internet marketing PTC ini merupakan jenis bisnis dimana kita akan  mendapatkan uang dari klik pengunjung di blog kita.  Klik yang dimaksud disini adalah iklan yang kita pasang di blog atau di website kita.

Darimana kita dapet iklan yang bisa di pasang di blog kita?

Banyak sekali, salah satu yang populer di kalangan para blogger adalah adsense. Ya adsense, banyak orang yang sudah sukses mendulang jutaan, ratusan bahkan milyaran rupiah dari adsense ini.

Sebut saja eka lesmana, blogger asal semarang ini dikabarkan memiliki penghasilan Rp. 120 juta dalam satu bulan. Itu duit semua? iya duit semua bro, lumayan kan buat bayar uang semesteran di kampus. Jangankan uang semesteran buat kawin 5x juga bisa ini mah hehe.

Nah buat anda sebagai seorang mahasiswa bisnis ini sangat cocok sekali. Silahkan anda coba.

M. Jualan online usaha yang cocok di kalangan mahasiswa

Jualan online merupakan salah satu dari sekian banyak jenis usaha yang wajib anda coba sebagai seorang mahasiswa. Jenis usaha ini tidak memerlukan lokasi atau tempat yang tetap.

Jualan online bisa dijalankan tanpa  harus mengeluarkan modal. Kenapa bisa begitu? dalam internet marketing khusus untuk bagian penjualan barang, ada yang dinamakan sistem dropship.

Apa itu dropship?

Dropship adalah salah satu jenis usaha online yang mana kita sebagai penjual tidak melakukan stok produk dan melakukan pengiriman barang. Stok barang ada pada suplier kita hanya membantu memasarkan produknya suplier. Ketika ada pengriman kita hanya meminta suplier mengirimkan barangnya ke customer.

Jenis usaha ini bisa anda coba, sebagai mahasiswa tentu tidak  cukup banyak waktu untuk packing barang dan nyiapin stok produk. Maka dari itu bisnis dropship ini sangat cocok untuk anda coba dan kembangkan.

N. Jasa Desain usaha yang cocok untuk mahasiswa

Bagi anda yang seneng desain atau anda yang jurusan desain grafis, usaha ini cocok dan wajib anda coba. Jasa desain banyak sekali yang membutuhkan, mulai dari industri rumahan sampai dengan industri gede – gedean. Benefitnya juga sangat lumayan sekali jika anda benar – benar menjadikannya sebagai ladang bisnis.

Yang dibutuhkan untuk jasa desain ini biasanya desain untuk logo, banner dan lain sebagainya.

Jika anda ingin mencobanya silahkan anda daftar  di freelance.com atau di 99designs.com. Banyak sekali yang sudah sukses yang pernah mencoba disana. Temen saya sendiri sudah membuktikannya dia pernah mendapat Us$ 900 hanya dari satu kali ikut lomba kontes saja.

Jika anda kenal dengan yang namanya Ahmad Agus Arifin anak informatika dari Amikom yogyakarta. Anda bisa tanya sendiri kepadanya, dia sudah menghasilkan ribuan dollar dari jasa desain yang pernah di ikutinya. Hal ini membuktikan betapa luar biasanya bisnis desain ini.

Anda sendiri jika memang memiliki keahlian dibidang ini anda bisa memulainya sekarang.

O. Jasa edit poto usaha yang cocok untuk mahasiswa

Selain jasa desain yang benefitnya cukup lumayan anda juga bisa membuka bisnis jasa edit foto. Bagi anak kuliahan bisnis ini cukup lumayan menjanjikan. Karena biasanya banyak anak kampus yang membutuhkan jasa ini.

Mulailah bisnis ini secara kecil – kecilan dulu mulai dari meja kampus anda atau lewat internet. Jika pelanggannya sudah banyak anda bisa buka lapak sendiri dan mengembangkan usaha edit poto ini.

P. Penulis artikel usaha yang cocok di kalangan mahasiswa

Jenis usaha yang cocok untuk seorang mahasiswa yang terakhir adalah menjadi seorang penulis artikel.

Siapa bilang menulis artikel tidak bisa menjadi ladang bisnis?. Justru bisnis ini sangat menguntungkan sekali jika anda pandai membuat artikel yang memang berkualitas.

Banyak sekali yang membutuhkan jasa ini salah satunya adalah babe news. Di babe satu artikel anda bisa dihargai mulai dari 10-100 ribu. Lumayan kan dan masih banyak lagi yang membutuhkan jasa penulisan artikel ini.

Usaha menulis artikel ini sangat gampang dijalankan. Anda sendiri bisa membuka usaha ini tanpa modal sama sekali loh. Cukup bisa menulis, kreatif dan imajinatif itu saja sudah cukup. Selain itu usaha ini juga tidak terikat oleh waktu, jadi anda bisa melakukannya dari mana saja dan dimana saja.

Mulai dari sekarang dan kembangkan usaha anda

Referensi semua jenis usaha yang cocok untuk mahasiswa yang telah di uraikan diatas silahkan anda pilih salah satu. Pilih lah jenis usaha yang paling cocok dengan kemampuan anda. Mulai lah dari hal kecil yang paling anda bisa lakukan. Jangan menunggu nanti dan esok tapi segera lakukan sekarang. Karena kesuksesan bukanlah hal yang patut di tunda – tunda.

Jangan lupa gunakan management pengelolaan dan pengembangan yang bagus. Agar usaha yang anda yand dimulai dari kampus ini bisa menjadi topangan hidup anda setelah lulus kuliah nanti.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Jangan lupa baca juga: