cara berhenti merokok
Gambar perokok | Carapedi.id

Cara Berhenti Merokok Bagi Pecandu Dengan Cepat

Diposting pada

Sebagai seorang pecandu rokok mungkin terasa sulit sekali menghentikan kebiasaan buruk merokok. Cara berhenti merokok memang susah – susah gampang, tergantung kepada orang yang melakoninya. Namun, jika sudah masuk kedalam kategori pecandu mungkin hal ini akan terasa sedikit sulit. Butuh waktu dan proses yang tidak akan sebentar. Maka dari itu banyak sekali yang menyarankan sebaiknya jangan berani – berani merokok jika tidak siap akan resikonya. Bahkan tidak sedikit yang melakukan riset mengenai rokok, yang mana di dalam sebatang rokok mengandung berbagai penyakit yang sangat berbahaya bahkan bisa beresiko kematian.

Pemerintah sendiri ikut andil dalam menyadarkan para perokok untuk berhenti dari kebiasaan merokoknya. Mulai dari memasang peringatan di bungkus rokok, seperti memasang peringatan bahaya dengan memasang gambar paru – paru rusak akibat candu rokok dan masih banyak lagi. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa hal tersebut tidak berpengaruh banyak bagi para perokok di Indonesia.

Cara Berhenti Merokok Dengan Gampang

Berhenti merokok memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, diperlukan kesadaran diri dan dukungan dari lingkungan sekitarnya. Selain daripada itu semua, perlu anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan jika anda berhenti merokok, diantaranya:

1. Terlihat Lebih Muda

Merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit kulit yang pada akhirnya berdampak buruk pada penampilan anda sehingga anda akan terlihat tua. Beberapa penyakit kulit akibat merokok tersebut diantaranya:

  • Penuaan Dini.

Beberapa senyawa kimia yang terkandung didalam rokok dalam menyebabkan kerusakan pada sel – sel kulit serta menggangu pertumbuhan sel kulit baru. Yang pada akhirnya akan terjadi penuaan pada usia  dini.

  • Menyebabkan Kulit Keriput.

Zat kimia dalam rokok akan merusak kolagen dan elastin dalam kulit sehingga kulit akan kehilangan elastisitasnya. Dengan begitu kulit akan cepat kendor dan keriput.

  • Menimbulkan Jerawat.

Zat kimia dalam rokok dalam merusak tekstur kulit dan menyebabkan sumbatan pada kulit terutama pada area wajah, sehingga hal ini akan memicu munculnya jerawat.

  • Bibir Menjadi Hitam

Panasnya rokok bercampur dengan sat kimia yang terkandung didalamnya berakibat pada warna kulit bibir sehingga berubah menjadi hitam.

Dengan berhentinya merokok berbagai penyakit ini akan jauh dari diri anda.

2. Meningkatkan Kesuburan

Seperti yang kita ketahui dari informasi yang tertera dalam  bungkus rokok, bahwa merokok tidak bagus untuk wanita. Merokok dapat menyebabkan beberapa gangguan bagi wanita seperti gangguan pada janin. Namun, selain dari pada itu merokok juga akan berdampak bagi kesuburan. Dengan merokok kualitas sperma akan berkurang.

3. Terhindar Dari Penyakit Mematikan

Jika anda pernah baca peringatan yang tertera didalam bungkus rokok, maka anda akan mengetahui berbagai penyakit mematikan akibat rokok tersebut. Berbagai penyakit itu diataranya seperti Kangker paru – paru, Hipertensi, Stroke, Serangan Jantung, Kangker Rahim dan masih banyak lagi. Dengan berhenti merokok maka anda akan terhindar dari resiko berbagai penyekit berbahaya tersebut.

4. Menghemat Uang

Dengan berhenti merokok selain akan terbebas  dari berbagai penyakit anda juga bisa berhemat dari sisi keuangan. Bagaimana tidak kebutuhan merokok tidak jauh beda bahkan hampir lebih besar ketimbang kebutuhan makan anda sehari. Bayangkan saja, bila anda merokok sehari menghabiskan sebungkus rokok dengan harga RP.15.000 maka dalam sebulan anda bisa menghabiskan uang sebesar Rp.450.000. Dengan berhenti merokok anda bisa sedikit lebih hemat dari pada saat anda merokok.

Nah, maka dari itu sesegeralah anda hentikan kegitan merokok anda dengan berbagai tips dan cara berhenti merokok berikut ini:

Tips Cara Berhenti Merokok Jitu

A. Kuatkan Niat Untuk Berhenti Merokok

Perbuatan itu tergantung pada niatnya, bagi pecandu berhenti merokok bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jika niatnya setengah – setengah, maka hasilnya juga ya cuma setengah. Masih mending kalo setengah, niat yang gak kuat pada akhirnya akan berbuah kegagalan. Maka dari itu sebelum memulainya, sebaiknya kuatkan niat anda terlebih dahulu untuk berhenti merokok.

B. Langsung Berhenti Total

Jika niat sudah kuat saatnya anda mulai berhenti merokok. Tapi dalam menjalani prosesnya jangan nanggung – nanggung, harus totalitas. Sulit? tentu tidak bahkan cara ini, terbilang sangat efektif.

Kebanyakan yang gagal menjalani proses berhenti merokok dikarenakan mereka tidak secara totallitas. Melainkan dijalani secara perlahan – lahan yang akhirnya malah kembali kecanduan dan gagal. Memang berhenti merokok dengan cara seperti itu tidak akan menyiksa sipecandu. Namun, cara seperti ini tingkat keberhasilannya sangat rendah. Berhasil mungkin iya tapi hanya untuk beberapa minggu saja.

Hal semacam ini justru malah membuat sipecandu merasa berat untuk meninggalkan rokok dan akhirnya kembali merokok.

C. Menyibukan Diri

Berhenti merokok sama dengan melupakan mantan, apalagi yang udah kecanduan ibarat dipaksa ngelupain pacar pas lagi sayang – sayangnya. Terasa sulit memang tapi jika anda terbiasa nantinya akan lupa sendiri bahkan tak mau ingat lagi. Nah, salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan menyibukan diri.

Artikel Kamu Penting Baca: Cara hidup sehat dan bahagia

Biasanya, orang akan gampang move on dari mantannya jika sibuk, sehingga gak ada waktu untuk ngrurusin yang lain. Begitupun dengan rokok jika anda ingin lupa, salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk melupakan rokok adalah dengan menyibukan diri. Semakin anda sibuk semakin tidak ada waktu dan kesempatan untuk merokok.

D. Mengganti Rokok Dengan Cemilan Permen Karet

Pecandu rokok akan sulit untuk menghilangkan kebiasaannya,hal ini di akibatkan karena kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok. Sehingga membuat penikmatnya merasa ingin lagi dan lagi. Lembaga kesehatan nasional menyarankan untuk mengganti rokok menggunakan permen karet. Hal ini sudah tentu bukan tanpa alasan, permen karet akan mampu menarik efek nikotin dari sipecandunya sendiri.

E. Berolagraga Secara Rutin

Cara berhenti merokok selanjutnya yang harus anda coba adalah dengan berolahraga, olahraga juga bisa membuat anda move on dari kebiasaan merokok. Olahraga selama satu jam bisa membuat anda lupa akan rokok, gimana mau ngerokok kan lagi olahraga hehe. Anda bisa memilih berbagai jenis olahraga seperti lari, renang, bersepeda dan lain sebagainya.

F. Konsultasi Pada Ahlinya

Jika berbagai cara sudah anda coba untuk berhenti merokok maka saya sarankan anda untuk melakukan konsultasi kepada ahlinya,  seperti dokter atau psikolog. Anda bisa di terapi secara medis  dan teratur. Dengan terapi medis yang baik maka secara perlahan anda akan bisa berhenti dari kebiasaan merokok.

G. Kunjungi Tempat – Tempat Bebas Rokok

Selanjutnya yang harus anda coba adalah dengan mengunjungi tempat – tempat yang terbebas dari polusi rokok. Orang jadi ingin merokok biasanya karena terbawa oleh suasana lingkungannya. Maka dari itu jauhilah tempat – tempat yang memang banyak perokok kemudian kunjungi tempat yang bebas dari asap rokok. Dengan begitu anda akan lupa bagaimana rasanya merokok.

H. Katakan tidak pada rokok dan kurangi interaksi dengan pecandu rokok

Setelah anda melakukan berbagai cara untuk menghindari rokok maka sebaiknya mulai dari sekarang katakan tidak pada rokok. Jangan pernah sentuh lagi kemudian kurangi interaksi dengan pecandu rokok. Jika keseringan anda berinteraksi dengan pecandu rokok lama kelamaan anda juga akan ikut – ikutan merokok juga. Jangan anda yang pernah merokok bagi yang belum pernah sekalipun jika sering berinteraksi dengan pecandu rokok pasti terpengaruh dan mau juga ikutan ngerokok.

Beberapa cara diatas bisa anda jadikan referensi dan anda terapkan untuk mulai meninggalkan rokok. Sebenarnya masih banyak cara berhenti merokok yang lainnya. Namun, saya rasa beberapa cara diatas merupakan cara – cara yang paling mudah dan efektif untuk anda coba lakukan.

Karena beberapa cara diatas sudah dibuktikan sendiri oleh penulis, jadi tidak asal – asalan. Jika saya bisa kenapa anda tidak. Semoga berhasil.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.