iphone mati total tidak bisa di charge
Ilustrasi Iphone 6

Iphone Mati Total Tidak Bisa di Charge Begini Cara Atasinya

Diposting pada

Apa kamu tahu kenapa iPhone mati total dan tidak bisa di charge? Pernah alamin?. Atau iPhone 5s kamu mati total atau iPhone 6 kamu juga mati tidak bisa di charge sama sekali. Sebenarnya banyak sekali penyebab iPhone 5s tiba tiba mati dan penyebab iPhone mati total. Beberapa permasalahan tersebut diantaranya adalah iPhone mati total karena baterai habis atau iPhone yang mati total karena jatuh.  Sehingga iPhone tidak bisa di charge dalam keadaan mati. Lalu bagaimana cara mengatasi iPhone mati total tidak bisa di charge tersebut?

Pada dasarnya, banyak sekali penyebab iPhone yang rusak dan susah di charge.  Dan salah satu penyebab HP susah di charge adalah kesalahan penggunanya sendiri. Terkadang kelamaan di charge atau bahkan sering menggunakan iPhone sambil dicharge.

Ini merupakan salah satu kebiasaan kecil namun berdampak besar pada iPhone kamu. Maka dari itu hindarilah hal-hal kecil semacam ini untuk kebaikan iPhone kamu.

Penyebab iPhone mati total secara umum

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab iPhone mati total tidak bisa di charge. Beberapa faktor tersebut diantaranya:

  1. Habis baterai. Ini merupakan salah satu masalah yang paling sering ditemukan. HP apapun itu, jika digunakan secara terus menerus maka baterai nya akan habis. Jangan sampai kamu gunakan iPhone sampai baterai nya 0%. Maka akan berpengaruh terhadap daya baterai yang menjadi boros dan tidak tahan lama.
  2. Terjatuh. Faktor penyebab iPhone mati yang kedua adalah karena  terjatuh. Pada dasarnya iPhone sudah mengalami test goncangan, namun pada goncangan tertentu bisa saja mengakibatkan iPhone mati. Hal ini dikarenakan posisi baterai yang bergeser dan tidak memberikan daya normal atau sempat memutuskan arus daya. Namun hal tersebut bukan masalah karena iPhone akan nyala kembali jika kamu atasi dengan beberapa cara yang akan di bahas dibawah.
  3. Masuk air. Semua handphone jika terkena air maka dia akan mati. Pada dasarnya tidak ada satupun handphone yang tahan terhadap air. Meski hp yang water resist sekalipun. Hp yang water resist kuat terhadap air karena perlindungan perangkatnya dari air. Jadi air tidak bisa menyentuh bagian dalam mesin namun jika air bisa masuk kedalam, maka tetap tidak akan kuat, begitu juga dengan iPhone.
  4. IC yang rusak. Jika IC iPhone mengalami kerusakan maka sudah pasti dia tidak akan bisa hidup, sekalipun di paksa.

Phone 5 tidak bisa di charge

Banyak pengguna iPhone yang mengeluh karena iPhone 5 tidak bisa di charge. Banyak sekali yang menjadi penyebab kenapa iPhone 5 tidak bisa di charge. Diantaranya adalah seperti:

  1. Terlalu lama di charge. iPhone yang terlalu lama di charge bahkan melebihi dari 100% daya baterai maka efek buruknya adalah ke daya baterai dan connector charger.
  2. Membiarkan iPhone 5 mati. Jangan biarkan iPhone 5 kamu kehabisan daya hingga 0%. Karena kebiasaan charge iPhone 5 sampai baterai 0% akan berdampak buruk pada daya baterai Iphone tersebut.
  3. Terlalu sering menggunakan power bank. Hindari charge iPhone 5 kamu dengan power bank yang terlalu sering. Power bank buka merupakan alat charge permanen, sebaiknya gunakan power bank saat urgen saja.
  4. Menggunakan Charger palsu. Iphone memiliki charger sendiri dan tidak bisa disamakan dengan charger-charger lainnya. Jika kamu gunakan charger yang berlainan maka akan berpengaruh buruk terhadap iPhone 5 kamu. Iphone memiliki standar nya tersendiri yang memang secara teknologi tidak ada yang sama.

Cara mengatasi iPhone mati total tidak bisa di charge

Dari beberapa masalah iPhone mati total tidak bisa di charge diatas, rata-rata penyebabnya adalah dari user iPhone itu sendiri. Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa yang dilakukannya bisa berdampak buruk terhadap iPhone nya. Seperti kebiasaan Menggunakan Iphone sambil dicharge.

Hasil dari berbagai perlakuan tersebut adalah Iphone menjadi mati dan kadang sulit untuk di charge. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ketika kamu mengalami iPhone mati total tidak bisa di charge, sebaiknya kamu jangan buru-buru membawanya ke tempat services. Cobalah menggunakan beberapa cara berikut ini:

1# Restart paksa Iphone kamu

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan restart paksa Iphone kamu.  Cara ini tidak akan membahayakan Iphone, bahkan tidak berpengaruh juga terhadap data-data kamu di Iphone tersebut.  Cara restart untuk berbagai tipe Iphone sedikit berbeda.

  • Cara restart Iphone X, Iphone 8 dan Iphone 8 Plus:
    • Tekan secara berurutan, tekan kemudian lepas tombol volume atas.
    • Tekan kemudian lepas tombol volume atas.
    • Tekan kemudian lepas tombol volume bawah, Kemudian
    • Tekan dan tahan tombol samping hingga logo apple keluar.
  • Cara restart Iphone 7 dan Iphone 7 Plus:
    • Tekan dan tahan tombol samping bersamaan dengan tombol volume bawah selama 10 detik.
    • Tahan hingga muncul logo apple.
  • Cara restart Iphone 6s dan Iphone 5 serta Iphone 4:
    • Tekan dan tahan tombol home bersamaan dengan tombol volume atas selama 10 detik.
    • Tunggu hingga logo apple keluar.

Jika cara ini berhasil, silahkan kamu diamkan beberapa saat. Kemudian setelah itu charge hingga baterai Iphone terisi penuh.

2# Charge Iphone

Jika cara yang  pertama tidak berhasil dan Iphone masih tidak bisa menyala sama sekali. Selanjutnya kamu bisa gunakan cara ini. Charge Iphone kamu, karena mungkin saja baterai Iphone kamu habis.

Gunakan charger original bawaan iPhone, jika ketika kamu charge kemudian muncul icon baterai sedang dicharge berarti baterai berjalan normal.

Namun, jika ketika dicharge tidak muncul juga maka kamu coba dengan charger yang lain. Pinjam charger Iphone teman kamu. Pada percobaan kedua ini pastikan bahwa Port USB charger Iphone kamu berjalan dengan baik, listrik beserta charger juga berjalan dengan baik.

3# Hubungkan dengan Itunes

Ini merupakan salah satu cara yang sangat disarankan, karena dengan menggunakan Itunes biasanya semua masalah yang ada di Iphone terdeteksi dengan baik. Jangankan Iphone mati, Iphone yang hang sekalipun biasanya ketahuan masalahnya dimana.

  1. Sambung kan Iphone dengan menggunakan kabel USB ke Mac atau ke komputer yang sudah terpasang Itunes. Jika belum terpasang maka silahkan kamu Install dan download Itunes nya terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, silahkan kamu restart paksa seperti pada cara 1 diatas, hingga masuk ke recovery mode (mode pemulihan).
  3. Klik pada tombol diperbarui, maka secara otomatis Itunes akan mendownload dan menginstall los iPhone kamu. Namun, kamu tenang karena data masih aman.
  4. Jika tidak mucul tombol “memperbaharui” di recovery mode biasanya suka ada tombol “pulihkan”.
  5. Kamu bisa menggunakan tombol itu namun data di iPhone kamu akan hilang. Tapi jika kamu sudah membackupnya terlebih dahulu ke Icloud maka ini tidak akan jadi masalah.
  6. Setelah proses download selesai, selanjutnya tinggal kamu restart Iphone kamu dan selesai.

4# Bawa ke services Center Iphone

Cara mengatasi iPhone mati total tidak bisa di charge yang terakhir adalah dengan membawa Iphone kamu ke services Center Iphone. Saya sarankan langsung ke services Center ya biar lebih aman dan terpercaya. Bawa semua perlengkapan Iphone kamu, ceritakan semua kendala yang Iphone kamu alamin.

Iphone akan diperiksa oleh teknisi nya langsung. Kamu tinggal nunggu saja, jika ada part yang bermasalah pada Iphone kamu seperti pada IC atau yang lainnya biasanya mereka akan minta persetujuan kamu untuk pergantian part.

Nah itulah beberapa penyebab Iphone mati dan beberapa cara mengatasinya. Semoga artikel ini memberikan pencerahan kepada kalian yang membutuhkan khususnya pengguna Iphone. Jangan lupa syare artikel ini supaya banyak yang tahu dan memberikan manfaat lebih.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.