cara ampuh obati sakit tenggorokan saat menelan

Cara Ampuh Obati Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Diposting pada

Sakit tenggorokan terkadang sangat mengganggu sekali. Terkadang selera makan kitapun menjadi terganggu karena merasa tidak nyaman saat menelan. Tak heran bila pada akhirnya banyak orang yang mencari berbagai cara ampuh obati sakit tenggorokan saat menelan.

Sakit tenggorokan memang bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Banyak sekali yang menjadi penyebab rasa sakit saat menelan. Kondisi seperti ini pada umumnya merupakan reaksi tubuh terhadap alergi atau infeksi.

Beberapa penyakit yang menjadi penyebab timbulnya sakit tenggorokan biasanya adalah flu, batuk, radang amandel, atau asam lambung yang naik ke kerongkongan kemudian menimbulkan infeksi pada tenggorokan.

Rasa sakit pada saaat menelan yang kamu rasakan, bisa berasal dari kerongkongan yang rukas atau bisa juga dari kondisi otot – otot leher yang mengontrol gerakan menelan menjadi melemah.

Tenggorokan sakit saat menelan ludah

Sakit saat menelan ludah merupakan gejala yang paling umum yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Ada banyak sekali yang menjadi penyebab kenapa bisa terjadi sakit ketika menelan ludah. Beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab sakit menelan ludah adalah:

  1. Radang amandel.
  2. Infeksi saluran pernapasan.
  3. Infersi kelenjar getah bening.
  4. Gastroesophageal reflux disease ( GERD ).
  5. Iritasi tenggorokan.

Cara ampuh obati sakit tenggorokan saat menelan

cara ampuh obati sakit tenggorokan saat menelan
Ilustrasi sakit tenggorokan | Carapedi.id

Untuk mengatasi rasa sakit pada saat menelan, sebenarnya ada banyak sekali. Mulai dari menggunakan cara – cara yang alami hingga menggunakan berbagai obat – obatan kimia. Semua itu syah – syah saja dilakukan. Selama masih berada dalam batas kewajaran dan pengawasan serta petunjuk dari dokter.

Berikut ini adalah beberapa cara ampuh obati sakit tenggorokan saat menelan yang bisa kamu gunakan.

a. Obat sakit tenggorokan susah menelan

Ketika kamu mengalami rasa sakit atau susah menelan maka kamu bisa mengobatinya dengan beberapa cara berikut:

  1. Perbanyak minum air putih yang hangat.
  2. Berkumur dengan air garam.
  3. Menjaga kebersihan gigi dan mulut.
  4. Menghindari minum air dingin.
  5. Selalu menggunakan masker.
  6. Hindari makanan yang mudah menyebabkan iritasi tenggorokan seperti makanan berminyak, makanan pedas, serta makanan instan.
  7. Istirahat dengan cukup.
  8. Konsumsi obat – obatan pereda nyeri seperti paracetamol.

b. Obat sakit tenggorokan di apotik

Untuk mencegah rasa sakit yan berlebih serta untuk memulihkan tenggorokan seperti sediakala, kamu bisa menggunakan bantuan obat – obatan yang bisa kamu peroleh dari apotik. Namun, ketika  kamu membeli obat dari apotik pastikan kamu mengkonsumsinya sesuai dengan resep dokter ya. Berikut adalah obat – obatan apotik yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit tenggorokan saat menelan:

  1. Ibu propen, obat ini berguna untuk meredakan nyeri, bengkak atau demam. Konsumsi obat ini antara 4-6 jam sekali.
  2. Aspirin, dalam  dosis 300-900mg obat ini akan berfungsi untuk meredakan nyeri dan demam. Sebaiknya gunakan obat ini dalam kurun waktu 4-6 jam. Dosis maksimum obat ini adalah 4g/hari, jangan lebih.
  3. Naproxen, obat ini merupakan obat sakit tenggorokan yang dapat meredakan rasa nyeri pada tenggorokan. Konsumsi obat ini 2 kali sehari dengan dosis 200mg-500mg.
  4. Methylprednisolone, merupakan obat sakit tenggorokan yang dapat mengurangi gejala peradangan seperti pembengkakan dan nyeri.

Untuk dapat informasi detail mengenai dosis dan cara konsumsi berbagai obat diatas bisa kamu tanyakan kepada dokter secara langsung. Kalaupun tidak, kamu bisa mengikuti dosis diatas, dengan catatan jangan melebihi dosis tersebut.

c. Obat radang tenggorokan anak

Radang tenggorokan pada anak kecil biasanya disebabkan oleh virus. Namun, sistem kekebalan tubuh pada si kecil biasanya bisa mengatasi virus tersebut dalam waktu satu minggu.

Penanganan rasa sakit atau radang tenggorokan pada anak kecil bisa diatasi dengan cara yang alami seperti:

  1. Rutin minum air hangat.
  2. Berkumur dengan air garam.
  3. Menggunakan Vaporizer atau humidifier di kamar, ini bertujuan untuk melembabkan udara di sekitar kamar.
  4. Meminum teh hangat dan madu.
  5. Mengkonsumsi kaldu ayam dan bawang putih.

d. Obat radang tenggorokan dewasa

Sementara cara ampuh obati sakit tenggorokan saat menelan untuk orang dewasa bisa dengan berbagai cara diantaranya:

  1. Minum susu kunyit.
  2. Minum teh lemon dan madu.
  3. Berkumur dengan air garam.
  4. Memakan bawah putih mentah.
  5. Memperbanyak minum air mineral yang hangat.
  6. Mengkonsumsi obat pereda nyeri dari dokter atau apotek.

Dari menggunakan berbagai cara atasi sakit tenggorokan diatas maka kamu akan jauh dari sakit saat menelan. Semoga ga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.