Bisnis Sampingan PNS

12 Bisnis Sampingan PNS yang Paling Menggiurkan

Diposting pada

Menjadi seorang PNS bukan berarti harus selalu mengerjakan tugas negara. Anda juga bisa menjalankan bisnis sampingan jika anda memang mau. Ada banyak  kok jenis bisnis sampingan PNS yang bisa di jalankan sepulang kerja dari kantor.

Gaji sebagai seorang PNS memang cukup lumayan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun jika anda memiliki keinginan yang lain dan membutuhkan dana besar, maka tidak bisa hanya mengandalkan gaji PNS saja. Bisnis adalah jalan keluar yang paling tepat untuk dijalankan.

Jika anda bingung, berikut ini adalah beberapa inspirasi bisnis yang mungkin bisa anda jalankan sebagai sampingan dari tugas PNS anda.

1. Buka Les Privat

Jika anda merupakan seorang guru PNS, salah satu jenis bisnis sampingan yang paling tepat anda buka di rumah adalah membuka kursus atau les privat. Anda sudah memiliki pasarnya yaitu beberapa anak didik anda di sekolah.

Anda bisa menawarkan diri anda kepada beberapa orang tua siswa untuk ikut les premium terpisah di rumah. Agar lebih mudah dan terlihat lebih murah anda bisa menawarkan sistem pembayaran bulanan atau harian. Dengan cara seperti itu maka orang tua siswa akan tertarik dengan penawaran bisnis yang anda miliki.

2. Buka PPOB atau Pembayaran Online

Membuka PPOB bisa Online selama 24 jam loh, bisnis ini adalah yang paling rekomended. Anda bahkan masih bisa menjalankan bisnis ini walau anda sedang dalam masa tugas dinas sekalipun. Karena jenis bisnis ini bis di remote dari manapun untuk bisa tetap berjalan.

Anda juga bisa memanfaatkan orang-orang kantor sebagi objek dari bisnis anda. Dengan demikian maka anda bisa mendapatkan 2 keuntungan. Pekerjaan anda akan terus jalan, bisnispun akan terus berjalan walau anda di kantor.

3. Buka Jasa Rental Mobil atau Motor

Jika anda memiliki kendaraan motor atau mobil maka salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai bisnis adalah membuka rental. Bisnis ini terbilang cukup menggiurkan, karena harga sewa akan dihitung per jam setiap harinya.

Sedangkan untuk harga sewa 2 kendaraan ini terbilang cukup mahal. Namun saya sarankan, jika anda memutuskan untuk membuka rental ini kendaraan, pastikan anda memiliki asuransi kendaraan yang lengkap sebagai antisipasi terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

4. Membuka Jasa Desain Grafis

Jika anda memiliki keahlian desain grafis, maka salah satu jenis bisnis sampingan yang paling memungkinkan untuk dijalankan sebagai seorang PNS adalah membuka jasa desain grafis. Kalaupun anda tidak ahli, maka anda bisa hire orang lain untuk bekerja dengan anda. Hanya saja, anda harus berani membayarnya terlebih dahulu.

Anda bisa mencari jobnya di berbagai situs freelancer yang ada di internet. Ada banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis ini. Jika bisa di manfaatkan dengan baik maka ini bisa memeberikan keuntungan yang lumayan besar.

5. Menjual Frozen Food

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, frozen food adalah salah satu jenis makanan beku yang paling banyak di cari orang. Menjalankan bisnis ini memberikan keuntungan yang lumayan tinggi.

Selain itu bisnis ini juga mudah sekali untuk di jalankan. Anda yang berprofesi sebagai seorang PNS sekalipun juga bisa menjalankan bisnis ini sebagai sampingan saat pulang tugas dinas. Jadi kerjaan bisa jalan bisnis pun akan tetap lancar.

6. Menjadi Transleter

Seorang transleter diberikan harga yang lumayan tinggi untuk satu pekerjaannya. Jika anda memiliki keahlian tersebut maka anda bisa membuka jasa translate di internet. Namun pastikan anda memang fasih dalam berbicara bahasa asing. Transleter yang paling banyak di cari adalah transleter bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

Jika bisa kedua bahasa itu saja, maka anda bisa memiliki bisnis sampingan PNS yang cukup menggiurkan loh. Bahkan dari hasil bisnis ini bisa lebih gede daripada penghasilan anda sebagai seorang PNS.

7. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang blogger sangat cocok dijalankan oleh anda yang berprofesi sebagai seorang PNS. Bukan tanpa alasan, blogger ini bisa di jalankan kapanpun anda memiliki waktu. Bahkan pekerjaan anda sebagai seorang PNS sekalipun tidak akan terganggu sama sekali.

Anda hanya perlu membuat sebuah website dan mengisinya dengan konten yang solutif dan bermanfaat untuk orang lain. Sedangkan untuk menjadikannya uang anda bis monetise dengan Google adsense, MGID ataupun dijadikan sebagai blog affiliate.

8. Menjadi Seorang Youtuber

Saat pulang ngantor anda bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk membuat konten video dan menguploadnya ke Youtube. Karena sekarang ini Youtube menjadi kanal tempat berkarya tanpa batas. Anda bisa menjadikan keterampilan apapun menjadi konten Youtube.

Contoh, jika anda senang memasak, maka anda bisa menjadikannya sebagai konten Youtube anda. Jika anda jado menulis, maka anda bisa berbagi tips and trik cara menulis yang baik dan benar. Keterampilan apapun yang anda miliki, bisa di jadikan sebagai konten video yang menarik.

9. Menjadi Video Editor

Memiliki keahlian dalam mengedit video juga bisa anda manfaatkan untuk membuka jasa video editor. Saya lihat di beberapa situs frelance ada banyak sekali orang yang mencari jasa edit video untuk berbagai kebutuhan bisnisnya.

Hal ini tentu menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk anda tekuni dengan baik. Sistem kerjanya juga sangat fleksibel, jadi anda bisa menjalankan bisnis video editor ini tanpa mengganggu kerjaan utama anda sebagai abdi negara.

10. Menjadi Affiliater

Bisnis affiliate menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang sudah sukses dengan menjalankan bisnis ini. Di internet ada banyak situs yang menjalankan bisnis ini, anda bisa memanfaatkannya untuk bisnis sampingan anda.

Namun anda perlu memahami cara dan teknik menjalankan bisnis ini dengan baik.Karena terjun ke dunia bisnis affiliate ini bukanlah perkara yang mudah untuk anda jalankan dan berhasil begitu saja.

11. Membuka Online Shop

Bisnis Online menjadi salah satu jenis bisnis yang sedang menjamur saat ini. Selain mudah dijalankan, bisnis ini juga sangat menggiurkan, karena pasar yang dapat di sentuh jauh lebih luas. Meskipun produknya itu-itu saja, anda bisa memasarkan ke tempat yang berbeda.

Untuk berhasil di bisnis ini, anda harus  mempelajari produk yang paling laku di pasaran, dan cara memasarkannya dengan baik. Jika anda sudah paham kedua hal ini maka anda bisa menjalankan bisnis ini sebagai sampingan dari pekerjaan PNS anda.

12. Bisnis Trading

Untuk anda yang mengerti ilmu ekonomi atau yang selalu update dengan dunia bisnis dan saham. Maka salah satu jenis bisnis yang paling cocok anda jalankan sebagai sampingan dari tugas dinas PNS anda adalah menjalankan bisnis Trading.

Bisnis ini bisa sangat menguntungkan untuk anda jalankan. Namun anda harus memiliki modal dan sistem analisa yang tepat. Karena jika sampai salah meletakkan modal, maka anda bisa kehilangan semuanya.

Nah itulah 12 jenis Bisnis Sampingan PNS yang paling mudah di jalankan dengan keuntungan yang menggiurkan. Silahkan pilih salah satu jenis bisnis sampingan di atas yang paling mungkin anda jalankan dan sesuai dengan fashion anda.

Gambar Gravatar
Penulis Profesional di Hallokim.com | Jasa Penulis Artikel SEO Terpercaya | 0896-0896-0097

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.