cara isi pulsa listrik
Halaman situs web PLN.co.id

Bagaimana Cara Isi Pulsa Listrik? Ini Jawabannya!

Diposting pada

Kemajuan teknologi membawa perubahan dan perkembangan di semua bidang termasuk dalam urusan listrik. Kini mayoritas pengguna listrik sudah jarang sekali kita temukan yang menggunakan KWH  pasca bayar. Sekarang pengguna listrik disarankan untuk menggunakan KWH yang pra bayar atau dengan sistem isi pulsa. Namun ternyata adanya regulasi baru seperti ini tidak semua orang mengetahui bagaimana cara isi pulsa listrik KWH   mereka.

Maka dari itu, carapedi selaku salah satu media informasi di internet akan memberikan sedikit arahan untuk memberitahukan mengenai cara-cara pengisian pulsa listrik. Bagi anda yang memang belum mengetahuinya bisa anda simak pada artikel carapedi ini.

Apa itu KWH pra bayar?

KWH pra bayar merupakan salah satu jenis KWH yang menggunakan sistem bayar dahulu baru gunakan. Secara sederhana bisa diartikan, anda harus membeli pulsa terlebih dahulu baru listrik di rumah anda akan menyala.

Sedikit berbeda dengan KWH pasca bayar, yang mana KWH jenis ini anda gunakan dahulu listriknya baru anda bayar dengan adanya tagihan listrik setiap bulannya.

KWH pra bayar di klaim lebih efektif ketimbang KWH pasca bayar. Karena dengan adanya KWH pra bayar tidak lagi ada kasus telat bayar listrik karena pengguna KWH sendiri yang mengaturnya. Jika listrik di rumah mau nyala ya harus isi pulsa listrik jika tidak ya siap-siap gelap-gelapan.

Lalu bagaimana cara isi pulsa listrik?

Cara mengisi pulsa listrik sebenarnya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu membeli pulsa listrik dari para penjual yang ada di sekitar rumah anda. Kemudian anda memasukkan 20 digit kode angka atau token yang diberikan oleh penjual tersebut ke KWH dengan menggunakan angka yang terdapat pada KWH.

Pada MPB (Meter pra bayar) anda akan melihat informasi sejumlah energi listrik (Kwh) yang masih bisa anda gunakan. Informasi jumlah listrik ini bisa menjadi acuan anda kapan jumlah listrik tersebut harus anda tambah.

Ketika jumlah listrik (Kwh) di MPB (Meter pra bayar) menunjukan nilai nol (0) maka listrik di rumah anda akan mati. Atau jika jumlah listrik (Kwh) pada MPB (Meter pra bayar) sudah mau habis maka akan berbunyi alarm, yang menandakan anda harus segera menambahnya.

a. Cara membeli membeli pulsa listrik

Sebelum kita membahas cara isi pulsa listrik lebih lanjut dan menambahkan jumlah listrik pada KWH di rumah, maka kita harus membeli pulsa listriknya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, anda bisa membelinya ke tempat bayar listrik, konter pulsa atau pun melalui Tokopedia atau Bukalapak. Kali ini saya akan menggunakan Tokopedia saja supaya lebih mudah.

Cara membeli membeli pulsa listrik di tokopedia

  1. Login ke Tokopedia menggunakan akun yang sudah anda buat. Jika anda belum memilikinya silahkan anda buat terlebih dahulu.
  2. Setelah login silahkan anda klik pada kategori.
  3. Klik listrik PLN.
  4.  Klik pada menu token listrik.
  5. Masukan nomor idpel ( ID pelanggan) atau nomor meteran KWH anda.
  6. Pilih nominal voucher pulsa listrik yang akan anda beli.
    • 20.000.
    • 50.000.
    • 100.000.
    • 200.000.
    • 500.000.
    • 1.000.000.
    • 5.000.000.
    • 50.000.000.
    • 10.000.000.
  7. Klik beli.
  8. Kemudian anda pilih metode pembayaran yang akan anda gunakan.
  9. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang anda pilih.
  10. Setelah selesai, maka anda akan mendapatkan notifikasi berhasil lengkap dengan nomor token nya. Catat nomor token ini untuk anda input ke KWH listrik di rumah anda.

b. Langkah-langkah cara isi pulsa listrik PLN

Nah setelah anda membeli dan mendapatkan token pulsa listriknya, selanjutnya tinggal anda masukan ke MPB (Meter pra bayar) yang ada di rumah anda. Nah, jika anda masih bingung bagaimana caranya memasukkan nomor token listrik ke MPB (Meter pra bayar) silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bawa nomor token yang anda telah beli tadi.
  2. Masukan 20 angka token tersebut pada meteran KWH anda dengan menekan tombol angka yang terdapat pada KWH.
  3. 20 angka token listrik yang anda masukan ke MPB (Meter pra bayar) akan tampil di layar.
  4. Setelah semua angka di masukan dengan benar selanjutnya anda tekan tombol enter (↩).
  5. Namun, jika anda salah ketika memasukkan angka token tersebut, anda bisa menghapusnya dengan menekan tombol backspace (⬅).
  6. Jika token yang anda masukan benar maka MPB (Meter pra bayar) akan tampil tulisan “accept“. Yang menandakan token anda di terima.
  7. Dan anda akan melihat jumlah meteran yang bertambah dari jumlah sebelumnya.
  8. Akan tetapi jika setelah anda memasukkan 20 angka token tersebut kemudian muncul tulisan “reject” berarti token anda di tolak atau salah. Jika hal ini terjadi maka anda harus input ulang nomor token tersebut dari awal. Jika sudah berkali-kali anda input tetap muncul tulisan “reject” sebaiknya anda cek kembali nomor token tersebut. atau anda komplain ke tempat dimana anda membeli nomor token listrik tersebut.

Nah begitulah artikel saya kali ini yang berjudul “Bagaimana Cara Isi Pulsa Listrik? Ini Jawabannya!“. semoga artikel ini bermanfaat, khusus untuk anda yang membutuhkan informasi seputar KWH pra bayar. Jangan lupa untuk di syare ya, biar bermanfaat untuk orang banyak.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.