asuransi pendidikan

Pilih Asuransi Pendidikan Atau Tabungan Pendidikan?

Diposting pada

Merencanakan pendidikan anak memang sangat penting. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa anak akan mendapatkan pendidikan yang bagus dan berkualitas. Untuk memastikan nya, anda bisa memilih asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan.

Banyak orang yang mendefinisikan kedua hal tersebut dengan arti yang sama. Mengingat tujuan dari kedua produk ini pun sama yaitu untuk mempersiapkan pendidikan anak dimasa mendatang.

Padahal jika kita tinjau dari sisi kinerja antara kedua produk ini maka jelas akan kita temukan perbedaan yang signifikan. Tabungan pendidikan sifatnya tidak jauh berbeda dengan tabungan konvensional dengan menggunakan bunga tertentu.

Nasabah yang menggunakan tabungan pendidikan hanya bisa mencairkan dana dalam waktu tertentu sesuai dengan ketentuan produk yang telah ditentukan. Sementara asuransi pendidikan merupakan  salah satu produk yang kinerja nya tidak jauh berbeda seperti investasi.

Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Supaya  tidak semakin membingungkan antara kedua produk tersebut, mari kita bedakan keduanya. Perbedaan antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan adalah sebagai berikut:

A. Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan atau yang lebih akrab dikenal oleh masyarakat sebagai tabungan rencana, termasuk kedalam jenis tabungan berjangka. Yaitu sebuah jenis tabungan yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan.

Sehingga jika dilihat dari sisi keamanannya tabungan pendidikan lebih aman karena dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Artinya, jika suatu saat kantor cabang bank tempat kita menabung dan meyetorkan dana tabungan pendidikan tersebut mengalami kebangkrutan, maka akan dijamin oleh LPS.

Disamping itu, tabungan pendidikan juga merupakan salah satu produk tabungan berjangka. Yang mana biasanya hanya memiliki jangka waktu dua tahun keatas.

Ketika Anda menggunakan tabungan pendidikan, maka Anda memiliki kewajiban untuk menyetor sejumlah uang dalam tempo tertentu sesuai dengan yang telah ditentukan.

B. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan berbeda dari tabungan pendidikan, yang mana produk ini tidak termasuk kedalam salah satu produk perbankan serta  tidak mendapat jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Karena sejatinya asuransi ini merupakan salah satu produk perusahaan asuransi yang menawarkan produknya lewat bank yang  berperan sebagai agen unit link nya. Produk asuransi ini lebih fokus terhadap perlindungan, tabungan serta investasi.

Sistem kerja produk asuransi pendidikan adalah dengan menghimpun dana dari nasabah asuransi yang kemudian memanfaatkan dana tersebut sebagai jaminan atas pendidikan anak dimasa mendatang.

Sebagai contoh, saat anak Anda masuk sekolah, dari SD hingga perguruan tinggi. Maka pihak asuransi akan mengeluarkan dana untuk membiayai segala keperluan pendidikan anak Anda tersebut.

Dana tersebut diambil dari tabungan yang selama ini Anda setor kan. Meskipun terjadi sesuatu dengan Anda yang mengakibatkan Anda (orang tua) meninggal dunia, uang tabungan akan secara otomatis di setor kan dan biaya pendidikan anak Anda tetap dijamin oleh pihak asuransi.

Kelebihan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Dari masing-masing produk tersebut tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Kelebihan produk-produk tersebut antara lain:

A. Kelebihan Tabungan Pendidikan

Jika Anda memilih menggunakan tabungan pendidikan atau tabungan berjangka maka besarnya bunga yang akan Anda dapatkan sesuai dengan ketetapan bunga yang telah disepakati.

Maka salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan tabungan  pendidikan Anda akan mendapatkan bunga sesuai dengan yang telah disepakati dan tidak mungkin kurang.

Semakin tinggi tabungan Anda maka semakin tinggi pula bunga yang Anda dapatkan.

B. Kelebihan Asuransi Pendidikan

Sementara jika Anda menggunakan asuransi pendidikan maka suku bungan yang akan Anda dapatkan dari produk asuransi pendidikan unit link tersebut bersifat tidak pasti atau tidak tetap.

Hal ini dipengaruhi oleh produk investasi itu sendiri. Namun jika Anda merupakan orang yang ahli dalam berinvestasi tak ada salahnya menggunakan produk ini untuk jaminan pendidikan anak Anda.

Jadi, Mana yang Harus Dipilih?

Dari data riset dan penelitian yang dilakukan oleh ZAFRIN Research Division, hasilnya menunjukan bahwa kenaikan biaya pendidikan di Indonesia setiap tahunnya mencapai 15%.

Jika kita menggunakan data tersebut sebagai acuan, jelaslah sudah bahwa dengan menggunakan tabungan pendidikan hal tersebut tidak akan ter kejar. Kenapa?, karena tabungan pendidikan hanya memberikan bunga sebesar 6% saja dari dana pokok.

Disisi lain, jika Anda memilih untuk menggunakan asuransi pendidikan maka ada sisi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Kenapa?, karena ada faktor kinerja investasi serta gejolak pasar yang membuat pertukaran nya tidak menentu karena suatu waktu nilai saham bisa turun atau naik tanpa terduga.

Mempersiapkan dana pendidikan Anda sejak dini, memang tidak ada salahnya bahkan sangat dianjurkan.

Dan jika Anda memang ingin mempersiapkan dana pendidikan anak Anda sedini mungkin, pertanyaannya adalah produk mana yang akan Anda gunakan untuk menjembatani dana pendidikan anak Anda tersebut?

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan dana tersebut?, dan lain sebagainya. Nah, dari pertanyaan tersebut, mungkin uraian ini akan membantu Anda.

A. Tabungan Pendidikan

  • Produk ini cocok digunakan untuk tabungan rencana jangka pendek, karena secara umum tabungan pendidikan hanya berjangka 2-5 tahun saja.
  • Bunga yang di dapatkan sesuai dengan kesepakatan namun dikenakan biaya administrasi tabungan.
  • Bunga tabungan yang diberikan berkisar antara 3% sampai 6%.

B. Asuransi Pendidikan

  • Asuransi pendidikan ini cocok digunakan sebagai tabungan jangka panjang, karena waktunya sangat panjang yaitu hingga 10 tahun.
  • Produk ini cenderung lebih memberikan manfaat perlindungan. Jadi tidak hanya memberikan asuransi jiwa tapi juga asuransi kesehatan. Yang mana apabila terjadi kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit maka biaya perawatan akan ditanggung pihak asuransi.
  • Meski bunga yang diberikan tidak pasti, namun besarnya bunga yang akan diberikan jauh lebih besar yaitu mencapai 15 sampai 23% pertahun.

Nah setelah melihat beberapa data perbandingan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan, kira-kira produk manakah yang akan jadi pilihan Anda?.

Semoga artikel ini bisa membantu memecahkan permasalahan Anda terkait pilihan kedua produk tersebut serta mampu memberikan wawasan tambahan bagi yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Penulis Profesional di Hallokim.com | Jasa Penulis Artikel SEO Terpercaya | 0896-0896-0097

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.