8 Langkah Cara Cuci Tangan yang Benar dan Manfaatnya

Mencuci tangan adalah salah satu bagian penting dari gaya hidup sehat yang paling mudah dilakukan. Namun meski mudah dilakukan, ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara cuci tangan yang benar. Mayoritas orang mencuci tangan mereka dengan cara yang salah.

Padahal, mencuci tangan adalah hal utama yang harus mereka lakukan dengan baik sebelum melakukan kegiatan yang lainnya. Apalagi sesaat sebelum dan sesudah makan.

Tangan sering kali bersentuhan dengan berbagai benda yang mengandung kuman dan virus. Tidak jarang berbagai bakteri jahat masuk kedalam tangan. Jika tidak di cuci dengan baik ia akan masuk kedalam tubuh.

Namun bukan hanya sekedar mencuci tangan, ada teknik dan cara khusus agar virus dan kuman yang menempel pada tangan bisa hilang dengan baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan langkah mencuci tangan yang baik dan benar menurut dokter.

A. Manfaat Cara Cuci Tangan yang Benar

Para dokter dan ahli kesehatan dunia menyarankan mencuci tangan setiap hari, terutama sesaat sebelum makan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, ada banyak loh manfaat yang bisa di dapatkan, yaitu:

1. Mencegah Penyakit Diare

Ketika seharian beraktivitas, tangan kita tentu sudah menyentuh banyak benda. Kita tidak tahu apakah benda tersebut memiliki kuman atau tidak. Seringnya orang tidak mencuci tangan, terutama pada saat makan.

Hingga pada akhirnya berbagai bakteri dalam tangan masuk kedalam perut yang mengakibatkan berbagai kuman penyebab diare masuk dan berkembang biak di dalam perut.

Dengan mencuci tangan maka tangan kita akan lebih steril, bersih dan aman dar kuman dan bakteri jahat yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit diare.

2. Terhindar Dari Cacingan

Saat kita beraktivitas di luar, apalagi saat kita menyentuh tanah, berbagai cacing kecil masuk ke sela-sela kuku dan kulit tangan. Jika tidak di cuci dengan baik dan benar maka cacing-cacing tersebut akan masuk kedalam perut.

Hingga pada akhirnya cacing-cacing ini akan tumbuh dan berkembang biak di dalam perut. Hal ini kerap kali di alami oleh anak kecil yang jarang sekali mencuci tangan mereka sebelum makan.

Maka dari itu, biasa kan untuk selalu mencuci tangan dengan baik sebelum dan sesudah makan. Agar terhindar dari cacingan.

3. Membunuh Kuman dan Bakteri

Tanpa kita sadari bahwa tangan kita setiap hari menyentuh banyak benda yang memiliki banyak sekali virus dan bakteri serta kuman yang sangat berbahaya.

Mencuci tangan dengan baik dapat membunuh berbagai virus dan bakteri serta kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Namun virus, bakteri dan kuman ini bisa mati jika kita mencuci tangan dengan baik dan benar.

4. Mencegah Infeksi Mata

Tidak hanya memberikan dampak buruk bagi perut saja, bagi mata juga bisa loh. Saat lupa cuci tangan, tangan tentu kotor dan memiliki kotoran yang menumpuk.

Kadang kita tidak sadar menggesek mata dengan menggunakan tangan yang kotor tadi. Bakteri dan kotoran bisa masuk kedalam mata dan mengakibatkan iritasi dan sakit mata.

Cuci tangan secara rutin dan baik dapat mencegah virus, bakteri dan kotoran dari tangan. Hingga hal ini dapat di cegah dengan baik.

5. Membiasakan Hidup Sehat

Mencuci tangan merupakan salah satu gaya hidup sehat. Jika kita membiasakan mencuci tangan dengan baik dan benar, maka 1 risiko yang dapat mengganggu kesehatan kita bisa teratasi dengan baik.

Mencuci tangan dengan baik dapat meningkatkan kesehatan yang jauh lebih baik. Kita akan terhindar dari penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita.

B. Langkah Cara Cuci Tangan yang Benar

Semua orang bisa mencuci tangan, tapi tidak semua orang tahu cara mencuci tangan dengan baik. Nah berikut ini saya jelaskan 8 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut dokter dan ahli kesehatan.

1. Bilas dengan Air

Air adalah salah satu element yang sangat penting. Saat mencuci tangan pastikan mencuci tangan dengan menggunakan air bersih yang jernih dan mengalir.

Tahap pertama cara mencuci tangan yang benar adalah dengan membasuh telapak tangan dengan menggunakan air bersih. Air bersih dapat menghilangkan semua kotoran di bagian permukaan tangan.

2. Tambahkan Sabun

Kedua, tambahkan sabun pencuci tangan khusus pada telapak tangan. Kemudian gosok kan pada tangan dengan baik dan menyeluruh hingga semua celah di tangan termasuk kuku tangan terkena cairan sabun.

Sabun yang digunakan boleh dari berbagai jenis dan merek seperti lifebuoy ataupun yang lainnya. Gunakan sabun khusus untuk mencuci tangan agar kuman bisa hilang dengan baik.

3. Gosok Telapak Tangan

Setelah telapak tangan di beri sabun, silahkan gosok telapak tangan dengan menggunakan sabun tersebut. Gosok secara melingkar hingga pada semua celah-celah telapak tangan dengan baik.

Silahkan gosok telapak tangan mulai dari 10 hingga 15 detik . Pastikan bahwa telapak tangan sudah di cuci dengan baik dan bersih hingga ke sela-selanya.

4. Gosok Bagian Punggung Tangan

Bukan hanya bagian telapak tangan saja, bagian punggung tangan juga sangat penting sekali. Ini adalah bagian yang seringkali orang lupakan dan jarang di cuci.

Padahal bagian punggung tangan juga merupakan bagian yang sangat penting yang harus diperhatikan kebersihan nya. Gosok bagian punggung tangan ini hingga bersih selama 10 hingga 15 detik.

5. Gosok Sela-Sela Jari

Bagian sela-sela jari adalah bagian yang sangat penting. Bagian ini harus di cuci dengan baik. Karena bakteri dan kuman serta virus biasanya akan sangat betah sekali di bagian ini.

Maka dari itu cuci dengan cara menyilangkan jari pada bagian sela-sela jari lainnya. Gosok selama 10 hingga 15 detik hingga sela-sela jari benar-benar bersih dan bakteri hilang dari jari tangan.

6. Gosok Bagian Ibu Jari

Ibu jari butuh perhatian khusus ketika di cuci. Agar tangan bisa lebih bersih, maka cuci ibu jari satu persatu dengan baik. Gosok ibu jari mulai dari tangan kanan hingga ke tangan kiri.

Gosok ibu jari selama 10 hingga 15 detik. Waktu bisa di sesuaikan dengan kebutuhan hingga ibu jari benar-benar bersih.

7. Gosok Bersihkan Sela Kuku

Ini adalah bagian penting lainnya yang harus di cuci saat kita mencuci telapak tangan. Biasanya kuman, bakteri dan cacing akan ada disini. Bagian kuku ini menjadi tempat diamnya cacing, karena tangan kita yang mudah menyimpan tanah biasanya di bagian ini.

Maka dari itu bersihkan bagian ini dengan baik agar cacing, kuman dan bakteri bisa hilang dan bersih. Pastikan tidak ada tanah yang masih menempel pada bagian celah kuku. Lebih bagus bersihkan dengan menggunakan sikat.

8. Cuci Kembali dengan Air

Setelah tahapan dan langkah cara mencuci tangan dari poin 1 hingga 7 selesai dilakukan dengan baik dan benar, maka langkah ke 8 tinggal cuci kembali tangan dengan air bersih.

Cuci tangan sambil di gosok secara perlahan pada semua bagian tangan. Mulai dari telapak tangan, sela jari hingga bagian punggung tangan cuci dan gosok dengan halus hingga bersih.

Rekomendasi Sabun Pencuci Tangan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka disarankan untuk menggunakan sabun pencuci tangan yang bagus dan berkualitas baik serta memiliki standar yang bagus.

Nah berikut ini adalah beberapa rekomendasi sabun pencuci tangan yang paling bagus untuk digunakan.

1. Lifebuoy Cool Fresh

Ini adalah salah satu jenis sabun pencuci tangan yang paling rekomended. Kamu bisa merasakan sensasi cool ketika mencuci tangan dengan sabun cair yang satu ini. Selain itu, bentuknya juga sangat higienis, sehingga akan aman dari kuman yang ikut menempel pada kemasan.

2. Lifebuoy Total 10

Dengan formula active silver nya sabun pencuci tangan yang satu ini dapat mencegah 10 jenis kuman yang ada pada tangan dan memastikan tangan bersih dan bebas dari berbagai bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Lifebuoy Mild Care

Sabun pencuci tangan yang satu ini sabun anti bakteri yang mengandung kebaikan krim susu dan juga oat. Kedua bahan ini dapat menjaga kelembutan kulit tangan yang sensitif. Selain itu, juga dilengkapi dengan Activ Silver Formula yang dapat membunuh 10 jenis kuman yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

4. Lifebuoy Colour Changing

Sabun pencuci tangan yang satu ini dilengkapi dengan formula yang unik., yang dapat berubah warna saat menghasilkan busa. Pada saat busa berubah menjadi hijau itu tandanya sudah siap di bilas dan kuman ditangan sudah mati.

Nah itulah 8 langkah cara cuci tangan yang dan benar serta manfaatnya dan beberapa rekomendasi sabun pencuci tangan yang bagus. Cuci tangan dengan baik agar kesehatan kita lebih terjamin dan terhindar dari berbagai risiko kesehatan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.