cara menjaga kesehatan mata
Ilustrasi mata by pixabay

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

Diposting pada

Bagi anda, seberapa pentingkah kesehatan mata? Sangat penting? atau tidak sama sekali?. Jika menurut anda penting seberapa banyak anda mengetahui cara menjaga kesehatan mata anda?. Tahu banyak? atau tidak tahu sama sekali?. Jika anda tidak tahu sama sekali silahkan simak penjelasan lengkapnya disini.

Banyak sekali orang yang menginginkan kesehatan terutama pada matanya. Namun, sedikit sekali orang yang menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan mata. Padahal mata merupakan salah satu dari lima indra terpenting bagi manusia. Tanpa mata kita tidak bisa melihat keindahan dunia.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

cara menjaga kesehatan mata
cara untuk menjaga kesehatan mata

Lalau apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mata?

Menjaga kesehatan mata pada dasarnya sangat mudah sekali. Namun kebanyakan orang malas bahkan tidak mau melakukannya.

Jika anda menginginkan mata yang sehat silahkan lakukan beberapa langkah berikut untuk menjaga kesehatan mata anda.

Langkah – langkah cara menjaga kesehatan mata

A. Memeriksa mata secara berkala

Langkah pertama yang harus anda lakukan agar mata tetap sehat, periksalah mata anda ke dokter secara rutin minimal 1-2 tahun sekali. Memeriksa mata secara rutin berlaku untuk semua usia, baik itu usia muda ataupun tua. Hal ini perlu dilakukan untuk mengontrol sekaligus konsultasi mengenai mata anda kepada ahlinya. Agar penyakit mata yang berhubungan dengan usia bisa terdeteksi sejak dini seperti glaukoma dan katarak.

Anak – anak sekalipun tetap harus dilakuka pemeriksaan. Agar terdeteksi hal – hal yang berkaitan dengan gangguan pengliihatan yang bisa menghambat proses belajarnya nanti.

B. Periksa kesahatan secara berkala

Selain memeriksa mata, anda juga perlu memeriksa kesehatan tubuh secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi berbagai penyakit yang bisa mempengaruhi kepada penglihatan anda. Karena ada beberapa penyakit yang juga bisa berdampak kepada mata.

Salah satunya adalah diabetes dan darah tinggi. Diabetes merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan. Maka dari itu bagi anda yang memiliki gula darah tinggi, sebaiknya periksa ke dokter secara berkala untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Jika gula darah meningkat akan mengakibatkan mata anda menjadi bengkak dan akan mempengaruhi penglihatan. Selama gula darah anda tinggi maka penglihatan akan menjadi kabur tidak seperti biasanya. Dalam jangka waktu tiga bulan mata anda akan kembali normal setelah gula darahnya normal kembali.

Selain itu diabetes juga berdampak pada penyakit mata lainnya seperti katarak, glukoma dan retinopaty.

Penyakit katarak memang bisa kena kepada siapa saja tanpa pandang usia. Namun, orang yang menderita penyakit diabetes beresiko lebih tinggi ketimbang orang normal.

C. Makan nutrisi dan vitamin untuk mata yang cukup

Langkah selanjutnya cara menjaga kesehatan mata adalah dengan makan nutrisi dan vitamin dalam porsi yang cukup.

Kekurangan nutrisi, vitamin dan mineral yang penting dan dibutuhkan oleh mata akan berdampak buruk terhadap mata. Penyakit yang akan ditimbulkan oleh kurangnya vitamin, nutrisi serta mineral pada mata adalah penyakit katarak dan degenerasi makula. Yaitu menurunnya penglihatan akibat penuaan pada pusat retina sebagai pengatur ketajaman penglihatan.

Untuk mengatasi timbulnya penyakit ini anda bisa mengkonsumsi beberapa vitamin dan nutrisi berikut ini:

  • Beta carotene

Beta carotene terkandung dalam wortel, sayuran ini gampang sekali anda temui. Fungsi beta carotene untuk mata adalah sebagai antioksidan yang mampu mencegah rabun senja dan mata kering. Selain itu beta carotene juga berfungsi untuk menguatkan sel – sel mata sehingga mata anda terhindar dari bakteri dan virus.

  • Bioflavonoids

Makanlah bioflavonoids untuk mencegah mata anda dari katarak, glaukoma dan penurunan fungsi retina mata. Bioflavonoids bisa anda temui pada sayuran berwarna hijau, kacang kedelai, strawbery, anggur merah dan juga teh.

  • Omega 3

Omega 3 berfungsi untuk menangkal glaukoma, sindrom mata kering serta degenerasi makula. Anda bisa menemukan omega 3 ini pada ikan seperti salmon dan tuna serta suplemen minyak ikan.

  • Vitamin A

Vitamin A memang sangat dibutuhkan sekali oleh mata seperti beta carotene. Anda bisa mendapatkan vitamin A ini dari daging ayam, daging sapi, telur, hati, susu dan mentega.

  • Vitamin C

Fungsi vitamin C bagi mata adalah sebagai anti oksidan. Selain itu mengkonsumsi vitamin secara rutin dapat mencegah serta menyembuhkan penyakit katarak pada mata. Anda bisa mendapatkan vitamin C ini pada buah buahan seperti buah jeruk, strawbery, jambu, brokoli dan paprika.

  • Vitamin E

Vitamin E bisa dengan mudah kamu temukan yaitu pada kacang hijau, biji bunga matahari, kacang tanah dan sayuran hijau.

  • Zinc

Zinc berguna sekali bagi penderita katarak tahap awal. Karena zinc ini mampu menstimulasi sel  – sel lapisan paling luar lensa. Anda bisa mendapatkan zinc ini pada daging sapi, kambing dan daging merah sejenis. Selain itu anda juga bisa mendapatkannya dari sayuran dan kacang – kacangan seperti kacang tanah, biji bunga matahari, labu, jamur dan gandum.

D. Gunakan pelindung mata

Semakin majunya teknologi kita tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Setiap pagi, siang, sore bahkan malam kita selalu berinterksi dengan gadget. Radiasi cahaya yang ditimbulkan oleh gadget seperti handphone atau komputer sangat berpengaruh pada penglihatan anda. Gunakan kacamata anti radiasi ketika anda bekerja di depan komputer anda di saat menggunakan handphone dalam jangka waktu lama.

E. Lakukan senam mata

Cara menjaga kesehatan mata yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan senam mata. Selain gratis anda juga bisa melakukannya kapan saja anda mau. Senam mata ini berfungsi untuk melatih otot – otot mata anda agar tidak kaku. Jika anda belum tahu bagaimana cara melakukan senam mata silahkan tonton video tips senam mata berikut ini:

F. Istirahat yang cukup

Porsi tidur yang cukup akan berdampak baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Tidurlah secara teratur jangan membiasakan diri begadang, selain tidak bagus untuk kesehatan tubuh hal ini juga buruk  untuk kesehatan mata anda.

G. Hindari melihat pusat cahaya secara langsung

Melihat pusat cahaya secara langsung seperti melihat matahari tidak baik untuk mata anda. Jika anda melakukannya dalam waktu yang sangat singkat anda bisa kehilangan penglihatan.

H. Mengurangi penggunaan obat tetes mata

Pada dasarnya obat tetes mata bertujuan untuk mengatasi mata merah. Namun, jika terlalu sering digunakan hal ini justru akan berdampak buruk bagi kesehatan mata anda.

Apalagi jika anda menggunakan obat mata yang mengandung steroid. Steroid dapat mengakibatkan katarak bahkan kebutaan jika  di gunakan secara berlebihan.

Nah itulah 8 cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat ala carapedi.id. Semoga beranfaat.

Terimakasih.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.