6 Cara Membuat Game Di PC dengan Mudah, Pemula Juga Bisa Lho!

Apakah kalian pernah berpikir bagaimana cara membuat game di PC? Kalian bisa membuat game ini loh di PC kalian. Kata game sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Tentunya game tidak langsung jadi, game pasti harus dibuat. Sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan yang membuat alat / aplikasi untuk membuat game, kalian jadi bisa membuat game sendiri.

Jika kalian ingin membuat game, tentunya kalian harus sudah menguasai kemampuan pemrograman. Jika kalian tidak menguasai kemampuan ini, kamu tidak akan bisa membuat game ini atau kalian akan kesulitan. Berikut adalah cara membuat game di PC yang bisa kalian ikuti agar kalian mampu membuat game.

Alat untuk Membuat Game

Untuk pertama-tama kalian harus mencari alat atau aplikasi pembuat game. Kalian juga harus menentukan game seperti apa yang akan kalian buat. Ada beberapa game yang bisa kalian buat di PC seperti game berbasis teks, game 2D dan game 3D.

Setelah kalian menentukan game apa yang kalian buat, kalian memerlukan skill pemrograman yang mumpuni. Jadi kalian harus lebih memfokuskan pemrograman kalian agar kalian mampu membuat game ini.

Langkah-Langkah Cara Membuat Game di PC

Untuk membuat game, tentunya ada beberapa aspek yang harus kalian pikirkan seperti menentukan konsep, membuat level, membuat level, menentukan game nya berjangka panjang atau pendek dan kalian harus melakukan uji coba.

Berikut langkah-langkah cara membuat game di PC:

1. Tentukan konsep

Pertama-tama kalian harus memikirkan konsep seperti apa yang akan kalian gunakan. Misalkan kalian ingin membuat konsep memecahkan sebuah teka teki atau mengalahkan musuh.

Kalian bisa membuat game teka teki dengan teka teki awal yang mudah, namun lama kelamaan teka teki semakin sulit.

Atau bahkan kalian membuat game untuk melawan musuh dari yang gampang sampai ke yang sulit atau boss dari game tersebut.

Untuk mengalahkannya kalian bisa menggunakan kombinasi pada game yang akan kalian buat tersebut.

2. Buat level sederhana

Langkah kedua cara membuat game di PC, kalian harus membuat dulu level sederhana terlebih dahulu seperti membuat karakter yang bergerak dan belajar menentukan latar belakang atau objek.

Kalian bisa mencoba untuk membuat karakter yang bergerak agar berinteraksi dengan objek-objek yang ada di sekitarnya.

3. Buat desain game utama

Untuk membuat game lebih menarik kalian harus menambahkan modifikasi yang begitu banyak. misalnya membuat gerakan yang begitu variasi dengan melakukan sebuah kombinasi maka akan membuat karakter mengeluarkan skill terbaiknya.

Kalian bisa membuat variasi lainnya misalkan seperti senjata yang digunakan bisa mengupgrade senjata tersebut agar lebih kuat dan mampu melumpuhkan lawan dengan mudah.

4. Buatlah beberapa level

Untuk membuat game lebih menarik, tentunya kalian harus membuat beberapa level. Misalkan dari level yang mudah hingga level yang sulit.

Untuk game yang mengalahkan musuh, kalian bisa menambahkan dari level ke level musuh akan memiliki kemampuan yang meningkat dan kalian harus membuat senjata tertentu untuk mengalahkannya.

5. Buat game jangka panjang

Untuk membuat game, kalian juga harus memikirkan agar game menarik misalnya kalian harus membuat game untuk mengumpulkan point, untuk mengupgrade dan membantu menamatkan permainan.

6. Lakukan uji coba

Setelah game nya selesai dibuat, kalian harus melakukan uji coba agar kalian bisa mengetahui kelemahan atau kekurangan pada game kalian.

Ketika sudah mengetahui kekurangan game tersebut kalian bisa memperbaikinya

Cara membuat game di PC ini lumayan rumitkan, apalagi bagi kalian yang belum memiliki kemampuan dalam pemrograman. Tetapi kalian jangan patah semangat, kalian bisa mencobanya terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.