30 Manfaat Daun Bidara dari Kecantikan Hingga Pengobatan

Orang Indonesia tentu sangat familiar sekali dengan daun bidara. Daun kecil yang satu ini biasanya tumbuh di pekarangan dan halaman rumah. Namun siapa sangka bahwa ternyata daun bidara memiliki banyak sekali manfaatnya lho. Setidaknya ada 30 manfaat yang dimiliki daun bidara.

Manfaat yang diberikan oleh daun bidara ini sangat banyak sekali. Mulai dari untuk kesehatan, kecantikan hingga digunakan untuk beragam pengobatan alternatif yang berbau hal gaibpun bisa.

Apa Saja 30 Manfaat Daun Bidara?

30 manfaat daun bidara
Gambar Dari Pixabay, Design In Canva

Daun bidara memiliki nama latin ziziphus Mauritiana yang merupakan tanaman kaya manfaat. Menurut beberapa ahli kecantikan dan kesehatan menyebutkan bahwa daun bidara ini memiliki banyak zat yang bagus untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Nah buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah daftar manfaat yang dimiliki oleh daun bidara:

1) Memperkuat Rambut

Buat kamu yang sering mengalami masalah dengan rambut rontok, mudah patah atau bercabang, kamu bisa menggunakan daun bidara untuk mengatasinya.

Daun bidara memiliki beragam zat yang dapat memperbaiki tatanan rambut dan memperkuat rambut dari akarnya. Kamu cukup menggunakan daun perasan bidara pada kepalamu secara langsung dan rutin.

2) Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan musuh nyata bagi wanita. Kehadirannya akan sangat mengganggu penampilan dan membuat wajah menjadi kurang menarik. jerawat juga tidak bisa di atasi dengan cara yang sembarangan, apalagi menggunakan bahan kimia.

Daun bidara ternyata bisa memberikan manfaat untuk mengatasi jerawat pada wajah dengan mudah. Boleh dikatakan, daun bidara merupakan obat alami yang bisa atasi jerawat dengan baik.

3) Mengatasi Kulit Kering

Kulit juga merupakan salah satu masalah yang cukup menjengkelkan dan mengganggu penampilan. Banyak orang yang mengatasinya dengan menggunakan body lotion.

Namun siapa sangka bahwa ternyata 1 dari 30 manfaat daun bidara juga bisa atasi masalah kulit kering dengan baik. Daun bidara dapat melembabkan dan merawat kulit dengan baik. Sehingga kulit akan nampak sehat dan terawat.

4) Mengobati Radang Kulit

Radang kulit merupakan salah satu penyakit yang cukup serius. Apabila tidak atasi dengan baik maka bisa menimbulkan masalah yang jauh lebih serius lagi.

Daun bidara memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah radang kulit dengan baik. selain itu, daun bidara juga bisa aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya karena berasal dari tanaman alami.

5) Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam daun bidara terdapat beragam zat antiinflamasi dan anti bakteri. Kedua zat ini tentu sangat bermanfaat sekali bagi tubuh terutama untuk atasi luka. Zat ini bisa mempercepat proses penyembuhan akibat goresan, sayatan ataupun lecet-lecet.

Cara menggunakan daun bidara untuk mempercepat proses penyembuhan luka adalah dengan menggunakannya sebagai obat oles. Caranya tumbuk daun bidara hingga halus, kemudian aplikasi kan pada luka secara rutin.

6) Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang sangat berbahaya bagi tubuh, terutama dalam kesehatan jantung. Memiliki kolesterol tinggi dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke dan penyakit berbahaya lainnya.

Nah manfaat ke 6 dari 30 manfaat daun bidara adalah dapat menurunkan kolesterol. Daun bidara memiliki serat yang larut dalam air yang dapat mengikat kolesterol dengan baik. Serat yang terkandung dalam daun bidara akan mengikat kolesterol dan membuangnya dalam bentuk peses.

7) Menjaga Kesehatan Jantung

Serangan jantung bisa mengakibatkan kematian secara mendadak. salah satu penyebabnya adalah karena memiliki kolesterol yang tinggi dan pola hidup yang tidak sehat.

Daun bidara bisa menangani hal tersebut dengan baik. Daun bidara memiliki serat baik yang larut dalam air. Sehingga semua kotoran dari tubuh akan di angkut keluar dari tubuh. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum air rebusan daun bidara secara rutin.

8) Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang bermasalah kerap kali menjadi biang masalah dalam tubuh yang. Mengkonsumsi daun bidara secara rutin akan membantu menyehatkan saluran pencernaan dengan baik.

Daun bidara dapat dengan baik mengangkut racun-racun dari dalam tubuh. Cara mengkonsumsi daun bidara untuk melancarkan pencernaan adalah dengan meminum air rebusan nya secara rutin.

9) Mengobati Wasir

Satu dari 30 manfaat daun bidara selanjutnya adalah dapat membantu mengobati masalah wasir. Meski tidak tergolong penyakit yang berbahaya namun memiliki penyakit wasir tentu membuat kita tidak nyaman, terutama saat duduk.

Daun bidara bisa membantu mengobati wasir dengan mudah. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan bidara atau dengan menumbuk daun bidara dan mengoleskannya pada bagian yang sakit.

10) Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes tergolong kedalam jenis penyakit yang berbahaya. Salah satu penyebab timbulnya penyakit ini adalah karena gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur serta tidak seimbang nya gizi dalam tubuh.

Daun bidara memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko diabetes dengan baik. Daun bidara memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat menekan gula darah dalam tubuh. Cukup konsumsi air rebusan daun bidara secara rutin, maka tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari risiko diabetes.

11) Mengusir Bakteri dan Virus

Tubuh sangat rentan sekali terkena bakteri dan virus. Bahkan setiap hari tubuh kita berisiko terkena bakteri dari luar. Ini tentu akan membahayakan kesehatan tubuh kita.

Daun bidara ternyata juga dapat mengusir bakteri dan virus dari tubuh kita lho. Bahkan beberapa jenis sabun mandi menggunakan bidara sebagai bahan utamanya. Kamu juga bisa menggunakan air rebusan untuk usir bakteri dari tubuh.

12) Menurunkan Berat Badan

Berat badan kerap menjadi masalah baik untuk penampilan ataupun bagi kesehatan. Berat badan berlebih menjadi salah satu masalah yang sangat serius, apalagi bagi para wanita.

Nah 12 dari 30 manfaat daun bidara ternyata juga bisa mengatasi masalah ini dengan baik lho. Daun bidara dapat menurunkan nafsu makan sehingga asupan makanan kedalam tubuh akan berkurang. Tubuh akan memakan lemak yang tertimbun dalam tubuh dan membuatnya lebih langsing.

13) Membersihkan Darah Haid

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa daun bidara memiliki kandungan antiseptik. Kandungan antiseptik yang dimiliki bidara ini sangat bagus digunakan untuk membersihkan darah haid dengan mudah.

Cara penggunaan daun bidara untuk membersihkan haid adalah dengan menggunakan air rebusan nya. Gunakan air rebusan daun bidara yang sudah dingin untuk membasuh kewanitaan hingga bersih.

14) Menyembuhkan Luka Bakar

Siapa sangka bahwa ternyata daun bidara juga bisa menyembuhkan luka bakar dengan baik. Antiseptik yang dimilikinya dapat membantu penyembuhan luka bakar dengan baik.

Cara mengobati luka bakar dengan menggunakan baun bidara sangat mudah. daun bidara yang asih segar, terus ditempel kan pada tubuh yang terdapat luka bakar, tapi jangan lupa dibersihkan terlebih dahulu.

15) Mengurangi Stres

Manfaat ke 15 dari 30 manfaat daun bidara adalah dapat mengurangi masalah stres dan tegang pada syaraf otak. beragam zat yang terdapat daun bidara dapat melakukannya dengan baik.

Cara menggunakan daun bidara untuk mengurangi rasa stres adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk teh. Keringkan daun bidara layaknya daun teh teh, kemudian seduh dengan air panas.

16) Mengatasi Gangguan Jin

Dalam beberapa kasus terapi ruqyah, daun bidara sering digunakan untuk atasi gangguan jin. Secara spiritual, daun bidara memiliki keistimewaan yang lebih daripada jenis tanaman lainnya.

Untuk mengusir gangguan jin dengan menggunakan bidara adalah dengan cara menumbuk dan mencampurkannya kedalam air. Kemudian dibacakan beberapa ayat-ayat ruqyah.

17) Digunakan Sebagai Sabun Jenazah

Daun bidara ternyata juga di anjurkan digunakan untuk memandikan jenazah lho. Daun bidara dapat mengangkat kotoran dan bakteri dari jenazah dengan baik.

18) Digunakan untuk Bahan Kosmetik

Manfaat ke 18 dari 30 manfaat daun bidara adalah dapat digunakan sebagai bahan kosmetik. Daun bidara memiliki beragam zat yang dapat jerawat. Maka tidak heran jika beberapa merek face wash menggunakan daun bidara sebagai bahan bakunya.

Daun bidara juga dapat melembabkan dan mencegah kulit kering. Sehingga ketika digunakan pada kosmetik akan bekerja dengan baik untuk menjaga dan melembabkan kulit.

19) Mengobati Lambung

Daun bidara juga dapat dengan baik menjaga kesehatan lambung lho. Beragam jenis bakteri yang ada dalam lambung akan dibuang keluar dari lambung oleh daun bidara.

Cara menggunakan daun bidara untuk atasi mengobati lambung adalah dengan cara mengkonsumsinya. Rebus daun bidara secukupnya, kemudian minum selagi asih hangat.

20) Menurunkan Demam

Berbagai kandungan zat dalam daun bidara ternyata juga dapat menurunkan demam dengan baik. Orang kampung biasanya menggunakan dan bidara sebagai obat demam alternatif.

Cara menurunkan demam dengan menggunakan daun bidara ini sangat mudah. Silahkan kamu tumbuk daun bidara campur dengan kunyit secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian kening, tangan dan punggung.

21) Cegah Kanker dan Tumor

Kanker dan tumor adalah salah satu penyakit yang sangat mematikan dan paling di takuti oleh semua orang. Namun kandungan ekstrak metanol yang terkandung dalam daun bidara dapat mencegah kanker dan tumor dengan baik.

Cara atasi kanker dan tumor dengan menggunakan daun bidara adalah dengan cara mengkonsumsinya dalam bentuk minuman ataupun mengkonsumsinya secara langsung.

22) Mencegah Keputihan

Manfaat ke 22 dari 30 manfaat daun bidara adalah dapat mencegah keputihan. Keputihan sering kali di alami oleh wanita, biasanya di sebabkan oleh virus dan bakteri yang terdapat pada area kewanitaan. Keputihan ini kerap kali menjadi masalah serius bagi para wanita.

Namun dengan adanya daun bidara maka hal tersebut dapat diatasi dengan baik. Cukup bersihkan area kewanitaan dengan menggunakan rebusan daun bidara secara rutin, maka bakteri dan keputihan akan hilang dengan mudah.

23) Atasi Ejakulasi Dini

Bukan hanya bermanfaat bagi wanita saja, daun bidara juga bermanfaat untuk kaum pria. Daun bidara dapat mengatasi masalah ejakulasi dini bagi pria yang mengalaminya.

Daun bidara dapat dengan baik mengatasi ejakulasi pada pria. Cara mengatasinya adalah dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau dengan meminum air rebusannya.

24) Atasi Insomnia

Jika anda merasa susah tidur, maka kamu bisa atasi dengan mengkonsumsi daun bidara. Daun bidara memiliki beberapa zat yang dapat mengatasi insomnia dengan baik.

Daun bidara dapat membangkitkan rasa ngantuk dan membuat kamu tidur lelap. daun bidara akan memberikan kualitas tidur yang jauh lebih bagus dan lebih nyenyak. Sehingga ketika bangun, kamu akan merasa sangat segar.

25) Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat ke 25 dari 30 manfaat daun bidara adalah dapat menjaga kesehatan mulut. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa daun bidara memiliki antiseptik yang dapat mengusir bakteri dari tubuh.

Begitu juga jika bakteri tersebut berada dalam mulut. Maka mulut akan bersih dan tidak mengandung bakteri yang berbahaya. Cara menggunakan adalah dengan meminumnya dalam bentuk teh.

26) Obat Alami Mag

Mag adalah salah satu penyakit yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Setiap orang yang mengalaminya akan merasakan tidak nyaman. Perih dan mual adalah puncak dari penyakit mag.

Namun ternyata daun bidara memiliki khasiat luar biasa yang dapat menyembuhkan penyakit mag tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Cukup konsumsi daun bidara dalam bentuk teh ataupun dengan mengkonsumsinya secara langsung.

27) Mengobati Flu

Flu merupakan salah satu gangguan saluran pernafasan. Saat kamu mengalaminya kamu akan merasakan tidak nyaman. Bukan hanya bersin, melainkan juga suka di ikuti degan bersin-bersin.

Antiseptik yang dimiliki daun bidara ternyata juga bisa menasihati flu dengan baik lho. Cara mengatasi flu dengan daun bidara juga sangat mudah, kamu bisa meminum air rebusan bidara ataupun menghirup air panas dari teh bidara.

28) Melancarkan Haid

Haid tidak lancar sering menjadi salah satu masalah yang cukup merepotkan bagi para wanita. Bukan hanya tidak nyaman, melainkan juga menimbulkan rasa nyeri yang lumayan parah.

Ketimbang kamu beli kiranti ataupun obat lainnya, kamu bisa menggunakan daun bidara untuk mengobati nya. Kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk teh.

29) Atasi Nyeri Buang Air

Nyeri buang air kecil biasanya sering kali di alami oleh pria, meski beberapa perempuan juga mengalaminya. Nah biasanya hal tersebut akan membuat penderitanya akan merasa tersiksa dengan hal tersebut.

Ketimbang ke dokter, daun bidara juga bisa digunakan sebagai obat alternatif yang dapat menyembuhkan masalah sakit buang air kecil. Caranya adalah dengan membuat daun bidara menjadi teh lalu meminumnya.

30) Menguatkan Gigi

Manfaat daun bidara yang ke 30 adalah dapat menguatkan gigi. Antiseptik yang dimiliki oleh daun bidara dapat menguatkan gigi dengan baik. Cukup konsumsi daun bidar ini secara rutin baik 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan air rebusan dan bidara ini sebagai air untuk kumur setiap hari guna menghilangkan bakteri dalam mulut.

Apa Bahaya dan Efek Samping Daun Bidara?

30 manfaat daun bidara
Gambar By Pixabay, Design In Canva

Bukan hanya memiliki banyak manfaat, daun bidara juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Ketika kamu mengkonsumsi ataupun menggunakannya maka kamu harus berhati-hati. Gunakan dengan cara yang baik dan dalam porsi yang cukup.

Sebelum kamu mengkonsumsi atau menjadikan daun bidara sebagai obat ataupun bahan kecantikan, pertimbangkan efek samping berikut:

1) Mengantuk

Ketika kamu konsumsi daun bidara, jangan heran jika kau akan merasa ngantuk. Karena daun bidara memang akan memberikan efek tersebut bagi siap saja yang mengkonsumsinya.

Makanya diatas di sebutkan bahwa bidara dapat digunakan sebagai obat insomnia. Karena daun bidara bisa menimbulkan rasa ngantuk. Jika kamu konsumsi saat jam kerja maka hal tersebut tentu tidak bagus.

2) Mual dan Muntah

Bagi beberapa orang daun bidara bisa menimbulkan rasa mual. Hal ini dikarenakan baunya yang kurang sedap. banyak orang yang merasa tidak cocok dengan bau daun ini.

Hingga ketika mereka paksakan konsumsi maka efek samping pertama yang akan mereka rasakan adalah mual dan ingin muntah.

3) Alergi Kulit

Daun bidara memang bagus digunakan bagi kesehatan kulit dan bisa melembabkan kulit dengan baik. Akan tetapi tidak semua jenis kulit bagus menggunakan daun bidara.

Orang yang memiliki kulit sensitif tidak disarankan untuk menggunakan daun bidara pada kulit mereka. Karena akan mengakibatkan alergi pada kulit.

4) Terasa Pahit di Lidah

Hal yang paling akan di rasakan ketika mengkonsumsi ari rebusan daun bidara adalah lidah akan terasa pahit. Rasa pahit yang di hasilkan ini berasal dari ekstrak daun bidara dan getahnya.

Jika ada tidak menyukai rasa pahit yang kuat, maka jangan sesekali mengkonsumsi daun bidara, baik langsung ataupun degan mengkonsumsi air rebusannya.

Nah itulah 30 manfaat daun bidara bagi kesehatan, kecantikan dan juga untuk hal gaib serta beragam efek sampingnya yang berbahaya. Saran saya, sebelum konsumsi daun bidara, terlebih dahulu kamu perhatikan efek sampingnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.