peluang usaha sampingan
Ilustrasi Freelacer | Pixabay

12 Peluang Usaha Sampingan Hasilnya Jutaan

Diposting pada

7 Peluang Usaha Sampingan- Sebagai seorang karyawan tentu kita sering berbicara besar kecilnya pendapatan. Tak sedikit karyawan yang mengeluh karena gaji mereka yang terbilang kecil. Padahal secara teori, uang atau gaji yang kita dapatkan adalah konversi dari tenaga dan pikiran yang telah kita keluarkan selama bekerja.

Namun bagaimana jadinya bila keringat dan pikiran kita tersebut tidak dihargai sesuai dengan standar kelayakannya. Sementara kebutuhan setiap harinya terus naik, sedangkan gaji tak kunjung naik. Apa yang harus dilakukan?. Jawabannya adalah kita harus bekerja lebih keras lagi.

Untuk menambah penghasilan, sebaiknya kamu memiliki pekerjaan lain disamping pekerjaan utama. Manfaatkan waktu luang dengan mengerjakan pekerjaan lain yang menghasilkan.

Diluar sana banyak sekali peluang usaha sampingan yang penghasilannya sangat besar sekali. Bahkan bisa mengalahkan gaji pokok kamu ditempat kerja.

Alasan Kenapa Kamu Harus Buka Usaha Sampingan?

Saya rasa alasannya sudah cukup jelas, tapi bila ada yang bertanya kenapa harus buka usaha sampingan sementara kerjaan pokok gajinya juga besar. Jika kamu memilih untuk berkarir dengan pekerjaan yang kamu tekuni saat ini itu tidak salah. Tapi kamu perlu tahu beberapa alasan berikut, kenapa kamu perlu buka usaha sampingan.

A. Banyak Peluang Usaha 

Jika melihat peluang, maka sekarang ini banyak sekali peluang usaha terbuka yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Baik itu dibidang jasa maupun produk. Bahkan dengan  tingkat persaingan pasar yang sangat rendah.

Jika kamu adalah orang yang kreatif maka segala hal bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha dan bisnis sampingan.

B. Penghasilan Tambahan

Jika kamu merasa penghasilan dari kerjaan pokok kamu kurang, maka usaha sampingan merupakan alasan yang tepat untuk kamu lakukan. Sebagai seorang karyawan, kamu pasti di gaji sesuai dengan standar kelayakannya.

Namun, untuk mendapatkan uang yang lebih daripada gaji mungkin akan sulit sekali. Maka salah satu solusinya adalah dengan memiliki usaha sampingan. Dengan memiliki usaha sampingan, kamu bisa menambah penghasilan kamu lebih besar lagi.

C. Persiapan Hari Tua

Bagi para karyawan swasta memiliki rencana di hari tua sangat penting dilakukan. Karena tidak akan ada yang berani menjamin kehidupan mereka di masa tua kelak. Maka dengan memiliki usaha sampingan, rencana hari tua tersebut akan lebih mungkin terwujud. Karena bisa menjadi penolong di masa tua kemudian.

D. Perkembangan Diri

Tidak sedikit karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan namun tidak sesuai dengan passion mereka. Jika kamu saat ini merasakan hal yang sama, maka usaha sampingan bisa menjadi solusi sebagai media penyalur skill kamu.

Mengapa Banyak Usaha Sampingan Yang Gagal?

Banyak orang yang enggan melakukan usaha karena takut gagal. Padahal menurut informasi yang saya baca dari berbagai media, bahwa pebisnis yang sukses mereka mengalami kegagalan berkali – kali. Tapi mereka tidak pernah berhenti melakukan usahanya.

Yang namanya usaha, baik itu usaha dengan skala besar maupun hanya sekedar sampingan pasti akan ada yang gagal. Namun, yang perlu di ingat adalah kegagalan itu terjadi bukan tanpa sebab. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan peluang usaha sampingan yang berujung kegagalan.

A. Rencana Yang Tidak Matang

Yang namanya usaha atau bisnis pasti butuh yang namanya rencana, baik itu usaha besar maupun hanya usaha sampingan saja. Namun, banyak yang mengalami kegagalan ketika menjalani usahanya disebabkan oleh kurang matangnya perencanaan.

Maka dari itu sebaiknya kamu persiapkan rencana usaha yang matang. Mulai dari rencana jangka pendek dan jangka panjang. Serta persiapkan pula semua faktor pendukungnya.

B. Sulit Membangun Jaringan

Kuat atau lunaknya sebuah bisnis yang berjalan bergantung pada kekuatan jaringannya. Semakin kuat dan semakin besar jaringan bisnisnya maka semakin kuat pula bisnis yang dijalankannya.

Jaringan yang dimaksud disini adalah berupa kolega bisnis, pelanggan, teman, saudara ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan interaksi bisnis.

C. Tidak Memahami Strategi Pemasaran

Dalam membangun usaha, kita membutuhkan pengalaman untuk mengembangkan usaha tersebut. Dengan kurangnya pengalaman inilah banyak para pelaku usaha terutama pelaku usaha sampingan tidak memahami strategi bisnis dan strategi pemasarannya.  Yang pada akhirnya mereka jath dan gagal.

D. Kurang Handal Dalam Mengelola Keuangan

Ini merupakan bagian terpenting, keuangan merupakan nyawa dari sebuah bisnis yang dijalankan. Pengelolaan keuangan dalam berbisnis harus berdasarkan histori administrasi keuangan yang valid. Sehingga kebijakan yang akan diambil tidak hanya mengandalkan insting melainkan berbasis data.

Meski hanya sebatas usaha sampingan saja, tapi dalam management keuangan, kamu harus bisa mengakumulasi atara pendapatan bulanan, mengkorelasikan antara pendapatan, penjualan dan penggunaan bahan baku. Sehingga bisa mengurangi resiko usaha dalam hal keuangan perusahaan.

7 Peluang Usaha Sampingan Yang Bisa Menghasilkan

Usaha sampingan memang tergolong kedalam kategori bisnis dengan skala kecil. Namun, meski skalanya kecil banyak orang yang pada akhirnya keluar dari tempat kerjanya dan melanjutkan usaha sampingannya ini menjadi usaha utamanya. Apa sajakah usaha sampingan tersebut?. Berikut uraian selengkapnya:

A. Jual Jasa

peluang usaha sampingan
Ilustrasi Freelacer | Pixabay

Jika kamu memiliki keahlian tertentu, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai usaha sampingan yang bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah. Berikut ini adalah beberapa ide dan peluang usaha sampingan yang bisa kamu coba.

1. Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki keahlian dibidang desain grafis kamu bisa memanfaatkannya menjadi usaha sampingan. Sudah banyak kisah orang yang sukses dari menekuni usaha sampingan dibidang desain grafis.

Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis kamu ke beberapa rekan kerja, ataupun rekan media sosial kamu di facebook, twitter, instagram ataupun yang lainnya. Atau kamu juga bisa mengambil beberapa job yang tersedia dibeberapa website freelancer desain grafis seperti 99esgins.com.

Teman saya sendiri ikut 99designs.com bisa menghasilkan puluhan juta darisana setiap bulannya. Job yang tersedia disana beraneka ragam, mulai dari desain logo, kartu nama, poster, banner dan lain sebagainya. Bayarannyapun cukup mahal untuk setiap jobnya, ada yang sampai di hargai sebesar USD 1500/job. Jika dikali dengan harga dollar hari ini 05 september 2018 seharga Rp.14.988 berarti job tersebut bernilai Rp.22.482.000.

2. Jahit Pakaian

Jika kamu bekerja diperusahaan garment sebagai seorang penjahit, kenapa tidak kamu jadikah keahllian tersebut sebagai usaha sampingan. Menjadi seorang penjahit kedengarannya kurang benefit kalo berbicara penghasilan. Tapi jika ini dijadikan  sebagai usaha sampingan menurut saya justru ini lebih dari cukup.

Di tempat saya di Bandung, penjahit dibayar cukup mahal untuk setiap pekerjaannya. Potong satu celana saja dihargai Rp.20.000 dan waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaannya hanya 5-10 menit saja. Bayangkan bila dalam sehari anda bekerja selama 8 jam berapa keuntungannya.

3. Menjadi Penerjemah Bahasa Asing

Ini merupakan usaha sampingan yang cukup benefit, pasalnya jasa penerjemah ini di bayar cukup mahal untuk setiap jobnya. Tapi hal itu berlaku bagi para transleter frofesional saja. Lalu bagaimana dengan anda yang masih pemula?. Anda tidak perlu khawaitr, bukankah yang frofesional juga berawal dari pemula?, so tidak ada alasan itu hal itu. Bedanya mungkin hanya tipis saja.

4. Jasa Pengetikan

Jika lokasi tempat kerja kamu berada di lokasi yang dekat dengan kampus atau lingkungan sekolah, salah satu peluang usaha sampingan yang cukup benefit adalah menyediakan jasa pengetikan. Biasanya banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa ini untuk mengerjakan tugas – tugas mereka.

Alasan usaha ini cocok dijadikan sebagai usaha sampingan karena pekerjaannya yang terbilang mudah. Cukup bermodalkan laptop atau komputer saja kamu sudah bisa menjalankannya.

Artikel menarik  lainnya: Inspirasi era revolusi

B. Jualan Produk Fisik

peluang usaha sampingan
Berjualan pakaian

Jika tidak ada keahlian yang bisa kamu jasikan sebagai usaha sampingan, maka berjualan produk bisa menjadi salah satu solusinya. Ada banyak sekali produk yang bisa kamu jual dijaman sekarang ini seperti:

5. Jualan Pulsa Elektrik

Jualan pulsa elektrik merupakan peluang usaha sampingan yang mudah untuk dijalankan. Pasalnya usaha ini tidak membutuhkan modal yang begitu besar hanya menggunakan handphone dan uang recehan saja sudah bisa memulainya.

Padahal keuntungan yang di dapatkan lumayan besar. Pasalnya market jual pulsa ini sangat luas sekali. Jaman sekarang siapa yang gak pake handphone, bukan hanya oran tua dan dewasa saja anak – anak sekalipun sudah menggunakannya.

Selain itu usaha ini juga cocok dijadikan usaha sampingan karena ditempat kerjapun pasti pada butuh denga pulsa, jadi bisa sambil kerja sambil usaha.

6. Jualan Pakaian

Jika kamu ingin usaha sampingan yang tahan lama, tak kenal basi dan kadaluarsa maka jualan pakaian adalah jawabannya. Usaha sampingan dengan berjualan pakaian cukup benefit jika dilihat dari sisi penghasilan. Pasalnya pakaian merupakan bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Kamu bisa menawarkan ke berbagai temen kamu di kantor ataupun tempat kerja. Kamu cukup memperlihatkan katalognya kepada mereka. Setelah mereka memesan kamu tinggak kirim barang  pesanannya.

7. Jualan Kosmetik

Bagi kamu para wanita pasti hapal banget kan dengan berbagai macam kebutuhan dan alat – alat kecantikan. Kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai usaha sampingan yang bisa menghasilkan loh.

Biasanya di sela – sela jam istirahat kator para wanita seneng ngerumpi dan senda gurau. Nah, hal tersebut bisa kamu manfaatin tuh  untuk promosi produk – produk kecantikan kamu. Biasanya wanita yang senengn shoping dan seneng dandan akan beli produk kamu.

C. Usaha Kuliner

peluang usaha sampingan
Usaha sampingan bisnis kuliner

Kamu ketika mendengar ini mungkin akan langsung tersirat  dikepala tuh ribetnya usaha kuliner. padahal sebenarnya usaha kuliner itu tidak susah kok. Meski kamu seorang karyawan kamu tetap bisa menjalankan peluang usaha sampingan ini. Beberapa jenis usaha kuliner yang bisa dijalankan oleh seorang karywan antara lain:

8. Berjualan Kue

Bagi kamu yang hobi dan senang membuat kue saya rasa akan sangat cocok sekali bila kamu menadikannya sebagi usaha sampingan. Hal  ini dikarenakan kamu memiliki hobi tersebut jadi akan dengan senang hati melakukannya. Sesuatu yang disukai bahkan sebelum memulainya akan menghasilkan sebuah karya atau hasil yang luar biasa.

Kamu bisa membuat kue di sore hari sepulang kerja dari kantor kemudian menjualnya ke tetangga atau ke rekan kerja kantor. Atau bahkan dijaman canggih seperti sekarang ini kamu bisa menjualnya lewat media online.

9. Buka Warung Kopi

Warung kopi merupakan peluang usaha sampingan yang paling sederhana tapi cukup enak untuk dijalanin. Jika kamu kerja di siang harinya maka kamu bisa buka warung kopi di malam hari sepulang kerja.

Usaha ini cukup mudah dan sangat ringan sekali dilakukan. Untuk mengawali usaha ini kamu bisa memulainya dengan menggunakan kopi instan biasa saja. Nah, jika usahanya telah berkembang kamu bisa membuat racikan kopimu sendiri agar memiliki ciri khas.

D. Bisnis Online

 peluang usaha sampingan
ilustrasi usaha online

Jaman milenial seperti sekarang ini, kehadiran internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan internet ini sangat ekat sekali dengan masyarakt. Jika kamu jeli, hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Beberapa bisnis online tersebut antara lain sebagai berikut:

10. Membuat Blog

Menjadi seorang blogger merupakan sebuah kombinasi yang keren dan menyenangkan antara pekerjaan dan hobi. Bagi kamu yang seneng nulis maka pekerjaan menjadi seorang blogger merupakan hal yang sangat luar biasa menyenangkan. Kamu bisa menulis di blog setiap hari sepulang kerja dari kantor.

Kalo bicara soal penghasilan blog jangan diragukan lagi, sudah banyak yang membuktikannya.Namun, meski demikian bekerja sebagai seorang blogger tidaklah mudah. Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk menjadi seooroang fulltime blogger sebaiknya kamu jadikan dulu usaha ini sebagai sampingan terlebih dahulu.

Jika kamu ingin menjadi seorang blogger yang sukses dengan penghasilan jutaan. Kamu wajib baca tulisan saya sebelumnya mengenai tips blogger pemula agar terkenal, Silahkan dibaca dulu sebelum dilanjut.

11. Menjadi Youtuber

Pernahkah kamu menonton video di Youtube?, pasti pernah kan!. Youtube merupakan sebuah situs streaming yang sangat populer di dunia. Setiap harinya ada 1 milyar lebih pengguna aktif disana.

Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai ladang usaha yang cukup menjanjikan. Kamu cukup membuat chanel dan memasukan beberapa konten videoa saja disana. Jika view video kamu mencapai ratusan ribu bahkan jutaan view maka kamu akan mendapat bayaran yang cukup lumayan. Bahkan bisa lebih besar daripada gaji kamu dari perusahaan tempat kamu bekerja.

12. Jualan Ebook

Ebook atau Elektronik Book atau buku elektronik merupakan sebuah produk yang bisa kamu jual di Internet. Untuuk membuat ebook kamu bisa memilih beberapa kategori sesuai engan passion kamu. Kamu bisa jual ebook tentang tutorial ataupun tentang informasi menarik lainnya.

Penutup………..

Itulah beberapa ide peluang usaha sampingan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menentukan jenis usaha sampingan yang akan kamu geluti. Sebenarnya masih banyak lagi jenis – jenis usaha sampingan yang bisa kamu coba. Daftar diatas hanya sebagian saja dari bebera jenis usaha yang populer belakangan ini. Masih banyak peluang usaha lainnya yang bisa kamu coba.