cara membuat video dari foto
Aplikasi slideshow foto dengan musik di google playstore

10 Cara Membuat Video Dari Foto di Android Dan di PC

Diposting pada

Membuat video tidak harus di rekam secara langsung, menggunakan foto yang sudah adapun kini bisa. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video dari kumpulan foto. Bahkan cara membuat video dari foto tersebut juga terbilang sangat mudah.

Aplikasi yang digunakan untuk membuat video dari foto tersebut bisa berupa aplikasi berbasis android ataupun dengan menggunakan aplikasi untuk PC atau laptop.

Sahabat pedi hanya perlu mempersiapkan kumpulan foto yang akan digunakan untuk membuat video dan menginstal aplikasi edit fotonya di android atau di PC.

Apa saja yang dibutuhkan?

Sebelum sahabat pedi mulai membuat video dari foto, terlebih dahulu harus mempersiapkan beberapa perangkat dan hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat videonya.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang dibutuhkan untuk membuat video dari kumpulan foto:

  1. Perangkat komputer (PC)
  2. Smartphone android atau IOS RAM 2GB
  3. Koneksi internet
  4. Foto -foto yang akan di jadikan video



Bagaimana cara membuat video dari foto?

Jika sahabat pedi sudah mempersiapkan semua perangkat yang dibutuhkan untuk membuat videonya, selanjutnya tinggal mulai eksekusi. Sahabat pedi bisa membuatnya menggunakan smartphone maupun menggunakan laptop.

Untuk mempermudah menjelaskannya, kali ini kasmin akan membahas keduanya, dengan menggunakan laptop dan juga menggunakan android. Berikut bahasan selengkapnya:



A. Cara membuat video dari foto di android

1. Menggunakan aplikasi video editor

cara membuat video dari foto
Aplikasi video show google play

Salah satu aplikasi yang bisa sahabt pedi gunakan untuk membuat video dengan menggunakan foto adalah menggunakan aplikasi video editor. Aplikasi ini tersedia di google playstore maupun di appstore.

Silahkan sahabat pedi download dan Install terlebih dahulu. Pada aplikasi ini sahabat pedi bisa menemukan 30 tema lebih untuk membuat video dan berbagai filter gambar yang menarik.

Sahabat pedi tinggal instal, kemudian masukkan foto yang akan dijadikan video. Pilih template nya, kemudian atur tampilannya, maka video foto pun sudah jadi.



2. Dengan aplikasi picmotion

cara membuat video dari foto
Aplikasi picmotion di Google playstore

Selain menggunakan aplikasi video editor, sahabat pedi juga bisa menggunakan aplikasi picmotion. Buat sahabat pedi yang masih pemula dalam amsalah editor video, coba deh aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi paling rekomended untuk sahabat pedi gunakan.

Aplikasi ini juga cocok diigunakan oleh sahabat pedi yang memang sedang dalam tahap belajar membuat video. Membuat video dengan aplikasi ini hanya tinggal drag and drop saja. Maka video menarik yang anda inginkan sudah jadi.



3. Menggunakan aplikasi viva video

cara membuat video dari foto
Aplikasi Viva Video di google playstore

Aplikasi ini membuat sahabat pedi bisa membuat video bukan hanya menggunakan foto saja namun bisa juga live menggunakan kamera lho. Aplikasi ini cukup menarik dimana sahabat pedi juga bisa menambahkan element lain seperti teks, stiker, musik, transisi, fiilter dan alat-alat lainnya yang bisa digunakan untuk membuat video editan yang jauh lebih menarik.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, sahabat pedi bisa mendownloadnya secara gratis di google playstore atau melalui appstore.



4. Menggunakan Picsvideo

cara membuat video dari foto
Aplikasi picsvideo di google playstore

Aplikasi ini memungkinkan sahabat pedi untuk membuat video dengan menggunakan gambar dan efek-efek yang lucu. Sahabat pedi bisa menambahkan berbagai element kedalamnya seperti efek, musik, transisi dan pengaturan lainnya pada video ini sehingga hasilnya jauh lebih bagus.

Aplikasi ini juga bisa sahabat pedi download secara gratis melalui aplikasi google playstore atau melalui appstore.



5. Menggunakan aplikasi photo slide show with music

cara membuat video dari foto
Aplikasi slideshow foto dengan musik di google playstore

Jika sahabat pedi mau tahu bagaimana cara membuat video foto dengan lagu lewat hp yang keren, aplikasi ini jawabannya. Di mana dengan menggunakan aplikasi ini, sahabat pedi bisa membuat video foto dengan live musiknya.

Jadi video yang sahabat pedi buat bisa menjadi lebih menarik tidak terlihat membosankan seperti dengan menggunakan aplikasi lainnya. Aplikasi ini bisa sahabat pedi download gratis di google playsstore dan appstore.



B. Aplikasi edit foto jadi video pc

Selain menggunakan aplikasi android, sahabat pedi juga bisa membuat video foto dengan menggunakan PC (perangkat komputer). Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video foto.

Nah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan aplikasi windows movie maker



Movie maker merupakan salah satu aplikasi menggabungkan foto menjadi video untuk pc yang bisa sahabat pedi gunakan. Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan windows. Secara default tampilannya khas banget layaknya aplikasi lain buatan windows.

Cara membuat video dari foto di PC dengan menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Bahkan untuk sahabat pedi yang masih pemula, aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling rekomended. Karena sangat mudah sekali digunakan.

Jika sahabat pedi belum tahu cara menggunakannya, berikut kasmin beriikan tutorial selengkapnya:

  1. Silahkan sahabat pedi download aplikasi windows move maker nya terlebih dahulu disini
  2. Setelah terdownload, langsung sahabat pedi instal aplikasinya
  3. Persiapkan beberapa foto dan gambar yang akan digunakan untuk membuat slideshow atau video fotonya
  4. Buka aplikasi windows movie maker
  5. Setelah masuk ke halaman dahboardnya, klik menu add video and photos
  6. Silahkan sahabat pedi masukkan semua foto yang akan digunakan untuk membaut video fotonya
  7. Setelah itu, apliaksi windows movie maker akan memprosesnya, sahabat pedi akan melihat deretan foto yang masuk ke aplikasi windows movie maker yang berderet dan berurutan antara foto satu dan foto lainnya
  8. Gunakan fitur animation dan visual efect untuk membuat efek tertentu pada slide video yang sahabat pedi buat, namun jangan berlebihan menggunakannya agar dapat menciptakan video foto yang bagus
  9. Sahabat pedi bisa menambahkan musik juga lho caranya cukup klik add music yang ada pada tab menu home
  10. Kemudian akan muncul popup menu, langsung sahabat pedi pilih dan klik add music from pc
  11. Pilih musik yang akan sahabat pedi masukkan kedalam video foto tersebut
  12. Pastikan durasi musik dan videonya samaa gar tidak terjadi mis dalam videeo tersebut
  13. Jika di rasa sudah selesai, silahkan simpan video tersebut dengan cara klik tab file, lalu piilih dan klik save
  14. Selesai



2. Menggunakan aplikasi virtualdub

Salahs satu aplikasi membuat foto menjadi video di laptop adalah aplikasi virtualdub. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat mempermudah sahabat pedi dalam mengedit video. Beberapa fitur yang di tawarkan oleh aplikasi ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memisahkan video menjadi beberapa bagian
  2. Memperkecil ukuran video atau kompress video
  3. Membuat video menjadi lebih cepat
  4. Memasukkan musik kedalam video
  5. Dan lain sebagainya



3. Menggunakna aplikasi blender

Jika sahabat pedi memang sedang mencari cara membuat video foto dengan lagu di komputer maka aplikasi ini adalah jawabannya. Dengan menggunakan aplikasi ini maka sahabat pedi bisa memasukkan file musik yang anda inginkan dengan mudah.

Selain menawarkan banyak fitur, aplikasi ini juga menyediakan banyak objek yang bisa sahabat pedi manfaatkan untuk membuat video yang lebih keren. Nah beberapa objek yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah:

  1. Circle
  2. Cube
  3. Plane
  4. Dan lain sebagainya



4. Menggunakan aplikasi avidemux

Jika sahabat pedi merupakan orang yang masih pemula, dalam hal edit video foto maka sahabat pedi harus menggunakan aplikasi avidemux ini. Dengan aplikasi ini sahabat pedi bisa membuat slide foto yang menarik dengan sangat mudah.

Aplikasi ini memiliki fitur dan tampilan yang sederhana, sehingga sangat mudah digunakan. Anda yang masih pemula sekalipun, bisa membuat video foto dengan sangat mudah.



5. Menggunakan aplikasi VSDC Freevideoeditor

Cara membuat video dari foto yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi VSDC Freevideoeditor. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembuat video yang paling keren. Aplikasi ini bisa edit video dalam berbagai format, sehingga anda tidak perlu lagi menggunakan video converter.

Aplikasi ini bahkan memiliki banybak fitur menarik yang bisa anda gunakan untuk membaut video foto. Nah, beberapa fitur tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fitur untuk memotong video
  2. Fitur untuk menghapus video
  3. Fitur export video dari gambar
  4. Fitur slide show
  5. Fitur untuk memindahkan objek video
  6. Fitur transformasi objek
  7. Fitur koreksi warna
  8. Dan masiih banyak lagi



Kesimpulan

Jadi berdasarkan uraian di atas, cara membuat video dari foto teresbut adalah bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi android juga bisa menggunakan berbagai aplikasi edit video PC.

Aplikasi yang digunakan utuk memuat video di android di antaranya adalah seperti:

  1. Aplikasi video editor
  2. Aplikasi picmotion
  3. Aplikasi viva video
  4. Aplikasi vics video
  5. Aplikasi photo slide show with musi

Sementara aplikasi yang digunakan untuk membuat video foto di PC di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi windows movie maker
  2. Aplikasi virtualdub
  3. Aplikasi blender
  4. Aplikasi avidemux
  5. Aplikasi VSDC Freevideoeditor
Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action