Beragam Cara Membuat Bakso Ikan yang Paling Mudah

Beragam Cara Membuat Bakso Ikan yang Paling Mudah

Bakso ikan adalah salah satu jenis bakso yang dibuat dari campuran daging ikan dan tepung kanji atau tepung maizena. Bakso ikan tidak jauh berbeda dari bakso lainnya. Hanya saja rasanya berbeda, bakso ikan sedikit bau amis dan menyengat. Banyak orang yang kurang suka dengan bakso ikan karena hal tersebut. Namun untuk banyak orang bakso ikan justru sangat enak di konsumsi. Bagaimana cara membuat bakso ikan?

Membuat bakso ikan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Ada banyak sekali jenis olahan bakso ikan yang bisa anda buat. Namun tidak semua jenis ikan bisa dibuat menjadi bahan untuk pembuatan bakso. Hanya ikan-ikan tertentu yang bisa dibuat menjadi bakso ikan yang enak dan nikmat.

Di artikel ini sudah saya rangkum beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat bakso dari beragam jenis ikan. Jika anda ingin membuat bakso ikan, berikut ini saya jelaskan detail proses produksinya:

A. Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri dan Kuahnya

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang paling sering digunakan dalam pembuatan bakso ikan. Pemilihan ikan tenggiri untuk dibuat menjadi bakso adalah karena bau amisnya yang sangat kuat. Sehingga sangat bagus untuk dibuat menjadi bakso.

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat bakso ikan tenggiri maka ada beberapa bahan yang harus anda persiapkan sebelum proses produksi bakso dimulai. Adapun beragam jenis bahan bakso ikan tenggiri yang akan anda butuhkan di antaranya adalah:

2. Bahan Kuah Bakso Ikan Tenggiri

Selain bahan utama pembuatan bakso ikan tenggiri, anda juga harus mempersiapkan bahan untuk kuah baksonya. Beberapa bahan yang dibutuhkan di antaranya adalah sebagai berikut:

3. Cara Membuat Bakso Ikan Tenggiri

Jika semua bahan sudah disiapkan dengan baik, sekarang tinggal mulai proses produksi atau proses pembuatan bakso ikan tenggirinya. Berikut ini adalah proses dan cara membuatnya:

4. Cara Membuat Kuah Bakso Ikan Tenggiri

Jika kuah baksonya sudah jadi, sekarang tinggal anda buatkan kuah baksonya. Cara membuatnya sangat mudah sekali, berikut langkah-langkahnya:

B. Cara Membuat Bakso Ikan Tongkol

Selain ikan tenggiri, ikan tongkol juga bisa loh dibuat menjadi bakso yang enak dan nikmat. Proses dan cara pembuatannya juga tidaklah sulit. Berikut ini saya rangkum proses dan cara pembuatannya dengan muda:

  1. Bahan Utama Bakso Ikan Tongkol

Untuk membuat bakso ikan tongkol, maka anda membutuhkan beberapa bahan utama yang akan anda gunakan. Beberapa bahan yang akan anda butuhkan di antaranya adalah:

2. Bahan Kuah Bakso Ikan Tongkol

Selain bahan utama pembuat bakso ikan, anda juga harus mempersiapkan bahan untuk membuat kuah baksonya agar lebih nikmat. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah bakso ikan tongkol adalah sebagai berikut:

3. Cara membuat Bakso Ikan Tongkol

Setelah anda mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan, selanjutnya tinggal anda mulai proses pembuatan bakso ikannya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

4. Cara Buat Kuah Bakso Ikan Tongkol

Agar bakso lebih nikmat, maka buatkan juga kuah baksonya. Cara membuatnya sangat mudah kok, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

C. Cara Membuat Bakso Ikan Cakalang

Ikan cakalang adalah salah satu jenis ikan yang cukup nikmat untuk di konsumsi. Namun siapa sangka bahwa ikan ini ternyata juga bisa dibuat menjadi bakso yang juga sangat nikat. Nah berikut ini adalah resep dan proses membuat bakso ikan cakalang.

  1. Bahan Utama Bakso Ikan Cakalang

Untuk membuat bakso ikan cakalang, silahkan anda persiapkan berbagai bahan yang akan anda butuhkan untuk membuatnya. Adapun beragam bahan yang akan anda butuhkan di antaranya adalah sebagai berikut:

2. Bahan Kuah Bakso Ikan Cakalang

Agar bakso ikan cakalang lebih nikmat maka persiapkan bahan untuk membuat kuah baksonya. Beberapa bahan yang akan anda butuhkan untuk membuat kuah bakso ikan cakalang adalah:

3. Cara Membuat Bakso Ikan Cakalang

Jika anda sudah mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan, sekarang tinggal anda mulai produksi bakso ikan cakalangnya. Cara membuatnya sebagai berikut:

4. Cara Membuat Kuah Bakso Ikan Cakalang

Sekarang anda tinggal membuat kuah bakso ikan cakalangnya. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kuah baksonya:

Nah itulah 3 cara membuat bakso ikan yang bisa anda coba di rumah. Ketiga cara ini adalah yang paling mudah. Semua bahan-bahan yang digunakan bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar atau di warung dekat rumah anda.