Begini Cara Cek Rincian Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online & Offline

Begini Cara Cek Rincian Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online & Offline

Memiliki kartu BPJS ketenagakerjaan tapi bingung cara cek saldo nya? Ada banyak loh cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui saldo BPJS ketenagakerjaan anda secara detail dan terperinci. Carapedi akan menjelaskan nya melalui artikel ini, silakan simak dengan dengan baik.

Seperti yang dicantumkan dalam undang-undang ketenagakerjaan, setiap pekerja baik yang bekerja di dalam negeri ataupun di luar negeri harus memiliki BPJS ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari risiko kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan lain sebagainya.

Selain itu, setiap perusahaan wajib memberikan dan memfasilitasi setiap pekerja untuk mendapatkan BPJS ketenagakerjaan sebagai timbal balik rasa peduli kepada setiap anggota pekerja nya.

A. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Bagi anda anggota BPJS ketenagakerjaan yang ingin melakukan pengecekan saldo BPJS nya, maka anda bisa melakukan pengecekan secara online melalui website resmi BPJS.

Cara ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk anda gunakan. Karena anda bisa melakukan pengecekan saldo BPJS tanpa datang langsung ke kantornya.

Berikut ini adalah tahapan dan tata cara melakukan pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan melalui website resminya.

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Situs web BPJS ketenagakerjaan

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Layanan peserta BPJS KEtenagakerjaan

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Layanan peserta BPJS Ketenagakerjaan Online

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Halaman Pilihan BPJSTKU dan Antrian Online

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Halaman Login Ke BPJSTKU

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Halaman Formulir Pendaftaran Baru BPJSTKU

cek rincian saldo bpjs

Halaman Kode OTP verifikasi akun BJSTKU

cek rincian saldo bpjs

Formulir Data Pengguna Baru BPJSTKU

B. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang paling mudah dan paling di gemari oleh para anggota BPJS ketenagakerjaan adalah dengan menggunakan SMS. Selain lebih mudah, cara ini juga lebih simpel.

Para anggota BPJS ketenagakerjaan tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS. Mereka cukup cek saldo BPJS mereka melalui ponsel yang mereka miliki. Berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkahnya:

Catatan:

C. Cek Sldo BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTKU

Bagi para pengguna smartphone, anda bisa cek saldo BPJS ini dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU. Cara ini tidak kalah praktisnya dari kedua cara di atas. Anda hanya perlu menginstal aplikasi BPJSTKU pada smartphone yang anda miliki.

D. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan ke Kantor BPJS

Jika ketiga cara di atas, tidak ada satupun yang anda bisa lakukan karena keterbatasan perangkat yang anda miliki ataupun hal lainnya, anda bisa kok cek saldo BPJS ketenagakerjaan anda langsung ke kantor BPJS.

Cara ini memang mudah, namun anda harus sabar dan rela antre dengan peserta lainnya. Karena biasanya kantor BPJS akan selalu penuh bahkan antrean nya lebih panjang daripada di bank.

Dari ke empat cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan di atas, silahkan pilih salah satu cara yang paling mudah untuk anda gunakan. Saya sendiri lebih sering menggunakan cara ketiga. Karena simpel dan sederhana, saya cukup Install saja aplikasi BPJSTKU di smartphone saya. Anda pilih aplikasi yang mana?