Beberapa Servis Utama Dari Data Center

By

Seperti yang kita ketahui, data center merupakan sebuah fasilitas yang biasa digunakan sebagai perkumpulan data, mengatur data, memproses data, dan menyimpan data. Maka dari itu, dalam dunia bisnis, memiliki pusat data merupakan hal yang. Agar kamu memahami lebih lanjut, berikut ini beberapa servis utama yang  akan kamu terima ketika menggunakan pusat data. Yuk, disimak!

Infrastruktur Yang Menjamin Kelangsungan Bisnis

Business Continuance Infrastructure memiliki beberapa aspek yang dapat mendukung kelangsungan bisnis saat terjadinya kondisi kritis pada data center.Aspek-aspek itu antara lain kuantifikasi ruang pusat data, pemilihan lokasi dari pusat data, pengaturan jaringan infrastruktur yang scalable, fire suppression dan pengaturan sistem pendingan.

Infrastruktur Keamanan Pusat Data

Pada pusat data, memiliki dua sistem keamanan yang bisa menjaga data-datamu yaitu fisik dan non fisik. Fitur pada sistem keamanan fisik berupa akses user ke pusat data memakai kunci akses untuk masuk ke dalam suatu ruangan  (biometrik atau kartu akses) serta petugas keamanan yang bertugas untuk menjaga pusat data dan mengawasi keadaan dari pusat data.  Keamanan secara fisik ini pun bisa diterapkan untuk seperangkat infrastruktur dengan melakukan penguncian.

Sedangkan keamanan non fisik pada data center, dilakukan pada bagian-bagian software atau menggunakan sistem yang berjalan pada perangkat tertentu. Kamu dapat memasang beberapa perangkat lunak untuk keamanan (service), misalnya firewalls, IDSs, access control list, atau fitur-fitur keamanan software yang lain. Bisa juga menggunakan keamanan pada layer 2 (datalink layer), dan layer 3 (network layer) yang harus disertai dengan manajemen keamanan.

Optimasi Aplikasi

Optimasi aplikasi atau Application Optimization, akan berhubungan dengan layer 4 (transport layer), dan layer 5 (session layer) yang berguna untuk meningkatkan waktu respons suatu server. Layer 4 merupakan sebuah layer end-to-end detection & correction, end-to-end flow control, dan mungkin menyediakan congestion control tambahan. Berbeda halnya dengan layer 5 yang menyediakan  sebelas riteri dialog agar tersusun dengan  rapi bagian siapa untuk berbicara dan mengirim data).

Infrastruktur IP

Servis utama dari data center ialah infrastruktur IP. Servis yang menyediakan layer 2 dan layer 3. Layer 2 mempunyai hubungan antar server farms dengan perangkat layanan. Pada layer ini juga pusat data memungkinkan akses media, loop-free, mendukung penuh sentralisasi yang reliable, scalabe dan juga predictable. Untuk layer 3, memungkinkan fast convergence routed network yang seperti support pada default gateway.

Infrastruktur Penyimpanan

Untuk infrastruktur penyimpanan, yang diangkat merupakan isu arsitektur SAN, replikasi, fibre channel swtiching, back up dan juga archival. Banyak pihak yang terlibat untuk perencanaan juga pembangunan data center yaitu arsitektur dan para engineer, konsultan yang biasanya adalah konsultan bisnis dan teknologi, end user, serta perusahaan-perusahaan manufaktur atau vendor.

Itulah ulasan mengenai beberapa servis utama dari data center yang memang penting, apalagi untuk seorang yang memiliki bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.