√12 Langkah Cara Setor Tunai di ATM BRI Praktis dan Mudah

By

Saat ini, menabung di bank BRI bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa datang langsung ke bank dan setor uang tunai melalui teler bank BRI. Atau juga bisa menabung dengan cara setor tunai di ATM BRI.

Perbedaannya adalah jika menabung melalui teler, kamu harus rela antre. Sementara dengan melalui ATM bisa kamu lakukan  tanpa harus lama mengantre kapan saja.

Mesin CDM atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ATM setor tunai ini bisa kamu jumpai di berbagai kantor cabang BRI.

Jadi ketika ingin setor tunai melalui teler tapi terlihat padat dengan antrean. kamu bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan setor melalui mesin ATM.

Saat ini mesin ATM BRI tidak hanya bisa digunakan untuk tarik tunai, daftar internet banking BRI, daftar SMA banking dan lain sebagainya. Tapi juga bisa digunakan untuk setor tunai.

Bagaimana Cara Setor Tunai di ATM BRI?

Cara setor tunai di ATM BRI sebenarnya sangat mudah sekali. Namun, kebanyakan orang merasa takut setor tunai di ATM, karena berbagai alasan. Seperti takut uangnya tidak masuk ke rekening, takut uangnya malah menyangkut di mesin ATM dan lain sebagainya.

Padahal melakukan penyetoran secara tunai di ATM BRI sangat mudah dan aman sekali. Ketika melakukan penyetoran di mesin ATM, maka uang yang kamu setor akan langsung masuk ke rekening saat itu juga.

Tanpa menunggu waktu lama, saat memencet tombol setor  di mesin ATM, maka uang akan otomatis masuk ke rekening BRI kamu.

Namun, meskipun demikian tetap saja masih banyak orang yang merasa ketakutan saat melakukan penyetoran di ATM.

Untuk kamu yang ingin melakukan setor tunai pada mesin ATM BRI silahkan ikuti langkah-langkah cara melakukan setoran tunai di ATM BRI berikut ini:

1. Kunjungi ATM Setor Tunai BRI

Langkah cara setor tunai di ATM BRI pertama kamu harus kunjungi dulu CDM atau mesin ATM setor tunai terdekat dari rumah kamu. Jangan salah, mesin ATM yang harus kamu gunakan itu adalah mesin ATM BRI setor tunai.

Karena jika kamu pakai mesin ATM biasa, maka kamu tidak akan bisa melakukan setor dana secara tunai melalui ATM.

Mesin ATM setor tunai biasanya atau tulisan keterangan di mesin ATM tersebut “Setor Tunai”.

Ciri lainnya yaitu ada kotak pengambilan uang yang kamu ambil dari atas bukan dari bawah mesin ATM biasa. Mesin ATM seperti ini adalah mesin ATM setor tunai.

2. Bawa Uang dan Kartu ATM

Saat kamu mengunjungi mesin ATM setor tunai BRI, jangan lupa untuk bawa uang yang akan kamu setorkan. Kamu cukup bawa uang tunai dan juga kartu ATM saja. Buku tabungan tidak akan kamu butuhkan.

Uang tunai yang harus kamu bawa ini adalah uang tunai dengan kelipatan 50 ribu dan 100 ribu. Hanya 2 jenis pecahan ini saja yang bisa digunakan untuk setor tunai ke ATM BRI.

Jika kamu punya uang tunai dalam pecahan selain 50 ribu dan 100 ribu, sebaiknya kamu tukarkan dulu. Karena sudah pasti mesin ATM akan menolak uang yang akan kamu setorkan.

Selain itu, pastikan juga bahwa uang tunai yang kamu bawa tersebut dalam kondisi baik, tidak basah dan tidak terlipat. Mesin ATM akan menolak uang yang terlipat dan tidak bisa disetorkan.

Pastikan kondisi uang yang kamu setorkan dalam kondisi baik. Selain itu, pastikan juga kartu ATM yang kamu gunakan dalam kondisi bagus, tidak terblokir dan tidak rusak.

3. Masukan Kartu ATM ke Mesin CDM BRI

cara setor tunai di atm bri
Gambar Ilustrasi memasukan Kartu ATM ke CDM BRI | Carapedi.id

Langkah cara setor tunai di ATM BRI selanjutnya kamu masukan kartu ATM ke mesin CDM seperti biasa ketika kamu melakukan transaksi lainnya di ATM. Lihat pada gambar  di atas.

4. Pilih Bahasa

cara setor tunai di atm bri
Gambar ilustrasi memilih bahasa pada CDM BRI | carapedi.id

Setelah kamu memasukkan kartu ATM ke mesin CDM BRI, nanti akan muncul pilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Klik pada bahasa Indonesia jika kamu ingin menggunakan bahasa Indonesia. Klik pada bahasa Inggris jika kamu ingin menggunakan bahasa Inggris.

5. Klik Lanjutkan

cara setor tunai di atm bri
Gambar ilustrasi panduan setor tunai BRI | carapedi.id

Sebelum transaksi dilanjutkan, mesin CDM atau ATM setor tunai akan memberikan peringatan kepada pengguna mengenai kerahasiaan PIN ATM. Untuk melanjutkan transaksi silahkan pilih menu “lanjutkan”.

6. Masukan PIN ATM

cara setor tunai di atm bri
Gambar ilustrasi cara transaksi setor tunai di ATM BRI

Masukan PIN ATM, namun perhatikan jangan sampai salah memasukkan nomor PIN, apalagi sampai 3 kali salah. Jika 3 kali salah memasukkan omor PIN ATM maka ATM akan di blokir dan tidak bisa digunakan kembali.

7. Pilih Setor Tunai

cara setor tunai di atm bri
Gambar ilustrasi cara setor tunai di mesin ATM BRI

Setelah memasukkan nomor PIN ATM, akan muncul berbagai pilihan menu transaksi. Untuk melakukan penyetoran tunai maka silahkan pilih pada menu “setor tunai“.

8. Klik Tombol Lanjutkan

cara setor tunai di atm bri
Gambar ilustrasi panduan cara transaksi setor tunai di mesin ATM BRI

Pada mesin CDM atau ATM setor tunai akan muncul tulisan pemberitahuan bahwa uang yang harus di setorkan adalah uang yang memiliki nominal Rp. 50.000 atau Rp. 100.000an.

Pastikan kembali bahwa uang yang akan masukan bernominal Rp. 50.000 atau Rp. 100.000. Jika benar, silahkan pencet tombol “lanjutkan”.

9. Masukan Uang Ke Mesin CDM

cara setor tunai di atm bri
Gabar ilustrasi setor tunai di ATM BRI | carapedi.id

Selanjutnya silahkan masukan uang yang akan di setorkan ke mesin ATM dengan benar. Jangan sampai uang dalam keadaan basah, terlipat, kusut ataupun yang lainnya. Karena jika demikian maka ATM akan menolak transaksi.

10. Tunggu Proses Penyetoran Selesai

cara setor tunai di atm bri
Gambar ilustrasi cara transaksi setor tunai via mesin ATM BRI | carapedi.id

Tunggu beberapa saat, sampai mesin CDM selesai menghitung jumlah uang yang disetorkan.

11. Tunggu Proses Penyetoran Selesai

cara setor tunai di atm bri
Gambar ilustrasi cara transaksi setor tujnai di mesin ATM BRI

Mesin ATM akan menghitung uang yang disetorkan dan akan menampilkannya rincinya di layar.

Jika nominal uang yang akan  di setorkan sesuai dengan yang dimasukkan, silahkan pencet tombol “setor“. Tunggu hingga proses cara setor tunai di ATM BRI selesai.

12. Proses Penyetoran Selesai

cara setor tunai di atm bri
Gambar ilustrasi cara transaksi setor tunai di ATM BRI

Pada layar mesin ATM akan muncul pemberitahuan transaksi setor tunai telah berhasil. Jika tidak ingin melakukan transaksi lagi silahkan pencet tombol “tidak”, dan ambil kartu ATM.

Tapi, jika ingin melakukan transaksi lainnya silahkan pencet tombol “lanjutkan“.

 Kesimpulan

Bagaimana cukup mudah bukan cara melakukan setor tunai di ATM BRI itu?. Cara ini bisa digunakan ketika mau setor tunai ke bank, dari pada mengantre, kamu bisa menggunakan cara alternatif ini.

Setor tunai di mesin ATM sangat mudah sekali, kamu hanya perlu:

  1. Mengunjungi CDM BRI terdekat
  2. Membawa uang tunai beserta kartu ATM BRI
  3. Ikuti langkah – langkah cara setor tunai di ATM BRI seperti di atas.

Lebih lengkapnya kamu bisa saksikan pada video setor tunai BRI berikut ini:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.