Apa Itu Virus Corona? Bagaimana Cara Mengatasinya?

By

'

Akhir-akhir ini dunia di hebohkan dengan jenis virus baru bernama “Corona Virus”. Bukan tanpa sebab, virus ini selain bisa menyebar dengan cepat juga bisa mengakibatkan kematian pada banyak orang, contoh kasusnya di China. Apa itu virus corona? Bagaimana cara mengatasinya?

Sontak saja hal ini membuat banyak orang di seluruh dunia ketakutan dibuatnya. Bahkan beberapa bandara membatalkan jadwal penerbangan nya menuju negara China.

Dilansir dari halaman CNB Indonesia (26 Jan 2020), pemerintah China menyampaikan, virus ini di temukan di wilayah Wuhan dan sudah memakan korban sebanyak 25 orang serta berhasil menjangkit sebanyak 830 orang orang sejak pertama kali di temukan.

Dari laporannya, pemerintah China menyatakan, virus corona mulai menyebar di kota Wuhan pada bulan Desember lalu. Menurut penuturan para pejabat disana, virus corona mungkin berasal yang dijual di pasar makanan laut Huanan yang berpusat di kota Wuhan, China.

Hal ini bisa disimpulkan bahkan bisa di anggap benar, karena beberapa orang yang terjangkit virus corona ini adalah karyawan pasar makanan tersebut.

Apa itu Virus Corona?

Corona virus merupakan virus yang berasal dari familia Coronaviridae yang menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia, termasuk manusia.

Virus corona bisa dapat berikatan dengan glikoprotein di permukaan sel induk secara spesifik untuk mulai melakukan proses infeksi.

Dari jenis infeksi yang dilakukannya, virus corona ini dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:

  1. Menginfeksi mamalia (hewan)
  2. Menginfeksi manusia
  3. Meginfeksi hewan species avian (burung)

Baca Juga:

Manfaat Daun Kelor untuk Kulit Wajah

Gejala Penyakit Corona

Badan kesehatan dunia WHO (World Health Organization), mengatakan bahwa virus corona ini belum bersifat darurat layaknya SARS. Kendati demikian, kita harus tetap waspada.

Untuk memastikan nya, kita harus paham dengan baik apa saja gejala yang di timbulkan dari virus ini. Ternyata ada beberapa gejala yang ditimbulkan oleh virus corona pada korbannya, yaitu:

  1. Virus corona menyebabkan orang menderita sakit pada saluran pernapasan, mirip seperti saat flu
  2. Sering bersin-bersin seperti orang pilek
  3. Batuk-batuk
  4. Sakit tenggorokan
  5. Sakit kepala
  6. Demam tinggi

Namun semua gejala diatas dapat berlangsung selama beberapa hari. Bagi orang yang memiliki kekebalan yang lemah, virus ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan yang lebih serius.

Daftar Negara yang Terjangkit Virus Corona

Dari negara China, virus ini menyebar ke beberapa wilayah otonomi China lainnya seperti Hongkong dan Macau. Namun menurut kabar yang terakhir ternyata bukan hanya di China, virus corona juga sudah menyebar ke negara lainnya, yaitu:

  1. Negara Jepang, 2 orang terjangkit virus korona, 1 orang turis China dan 1 lagi seorang warga yang baru pulang dari China
  2. Negara Korea Selatan, 2 orang terjangkit yang baru pulang dari Wuhan, China
  3. Negara Hongkong, 1300 warga terjangkit virus corona
  4. Negara Macau, 2 orang wanita yang baru pulang dari Wuhan, China
  5. Negara Amerika Serikat, 1 orang pria di Seatle terjangkit corona
  6. Negara Singapura, 1 orang turis asal China
  7. Negara Thailand, 2 orang turis China
  8. Negara Taiwan, 1 orang wanita terjangkit corona setelah liburan dari China

Bagaimana Cara Mengatasi Virus Corona?

Saat ini semua negara tengah bersiaga untuk menjaga warga negaranya dari serangan penyakit virus corona, termasuk di Indonesia.

Meski belum di temukan adanya virus tersebut di Indonesia, namun langkah preventif perlu untuk dilakukan guna mencegah hal yang tidak di inginkan.

Sampai saat ini memang belum di ketahui dengan pasti apa penyebab virus corona secara spesifik. Serta belum diketahui cara penanganan yang pasti yang harus dilakukan.

Namun beberapa langkah preventif wajib dilakukan untuk mencegah dari tertular nya penyakit ini. Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan adalah seperti berikut:

  1. Menjaga pola hidup yang sehat
  2. Membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan rumah
  3. Kenalan masker saat pergi keluar rumah
  4. Hindari orang yang sedang pilek
  5. Selalu mencuci tangan setelah memegang benda-benda lain di tempat umum seperti pegangan di busway dan sejenisnya
  6. Selalu membawa anti septik di kantong
  7. Cuci baju setelah bepergian

Nah itulah sedikit uraian tentang apa itu virus corona dan cara preventif pencegahan nya. Virus ini sangat berbahaya, selalu waspada saat anda keluar rumah. Apabila ada saudara sepulang dari China lebih baik gunakan langkah preventif diatas sebagai pencegahan.