√ 9 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer dengan Mudah

√ 9 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer dengan Mudah

Bagi pelajar, mahasiswa atau pegawai kantoran, flashdisk ini sangat dibutuhkan untuk menyimpan berbagai file tugas ataupun pekerjaan. Namun salah satu kendal yang sering kali dialami adalah flashdisk yang suka error dan tidak terbaca. Kira-kira kenapa flashdisk bisa tidak terbaca? Bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di komputer?

Jika di dalam flashdisk tersebut terdapat data penting seperti data skripsi, tugas sekolah atau data perusahaan yang sangat dibutuhkan tentu akan sangat bermasalah.

Kamu pasti akan mati-matian mencari cara bagaimana agar flashdisk tersebut bisa diperbaiki. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di komputer.

Akan tetapi, cara ini tidak bisa menjamin bahwa flashdisk bisa langsung teratasi begitu saja. Namun tidak ada salahnya jika kamu mencobanya terlebih dahulu.

Berikut ini saya tuliskan 8 cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki (recovery) flashdisk yang rusak dan tidak terbaca di laptop atau komputer dengan mudah.

Faktor Penyebab flashdisk Tidak Terbaca di Komputer (PC)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan flashdisk tidak dapat dibaca dengan baik oleh komputer (PC), yaitu:

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sangat mudah. Jika kamu sudah tahu faktor penyebabnya seperti di atas, maka kamu bisa atasi dengan mudah. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca, adalah:

Cara 1: Cek USB Laptop

Bisa jadi flashdisk kamu tidak rusak dan baik-baik saja, tapi USB komputer kamu bermasalah. Maka dari itu, kamu cek terlebih dahulu USB komputer atau PC kamu terlebih dahulu.

Jika cara pertama flashdisk kamu dengan baik, maka gunakan cara selanjutnya.

Cara 2: Cek Flashdisk

Jika USB komputer kamu baik-baik saja, maka kamu harus melakukan pengecekan pada Port USB flashdisk. Bisa jadi Port USB flashdisk kamu sedang bermasalah. Untuk mengetahuinya dengan baik, gunakan cara ini:

Jika masih tidak terbaca, bisa jadi flashdisk kamu mengalami crash atau kerusakan pada hardware. Kamu coba cara lain untuk mengatasinya.

Artikel terkait: Cara Bootable Flashdisk Windows 7-8

Cara 3: Bersihkan USB Flashdisk

Di khawatirkan flashdisk yang kamu punya tidak terbaca karena Port USB atau konektor flashdisk kotor maka kamu atasi dengan cara membersihkan Port flashdisk tersebut.

Untuk membersihkannya, kamu gunakan minyak kayu putih yang ada di rumah. Ikuti langkah-langkah berikut:

Jika setelah dibersihkan dan kamu konekin flashdisk ke komputer terbaca dengan baik, artinya flashdisk kamu kotor. Tapi jika saat kamu konekin ke komputer dan masih tetap tidak terbaca, maka kamu harus coba cara lain.

Cara 4: Scan and Repair Drive

Microsoft Windows memiliki fitur scanning flashdisk yang tertanam secara default. Kammu bisa gunakan fitur ini untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer.

Proses scanning ini akan menunjukkan ada atau tidak kerusakan pada flashdisk. Jika ada kerusakan, maka Windows bisa langsung memperbaikinya. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan proses scanning adalah, sebagai berikut:

cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca
Tampilan Tombol Windows di Komputer
cara mengatasi flashdisk tidak terbaca
Manajer Perangkat
cara memperbaiki  flashdisk tidak terbaca

Setelah di scanning, akan muncul keterangan apakah driver flashdisk kamu bermasalah atau tidak. Jika bermasalah biasanya ada tanda kuning pada driver flashdisk kamu tersebut. Tinggal kamu klik repair untuk memperbaikinya.

Cara 5: Instal Ulang Driver Flashdisk

Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menginstal ulang driver flashdisk kamu.

Cara ini sangat mudah dilakukan, jika flashdisk kamu memang mengalami masalah driver, maka harusnya cara ini bisa mengatasi flashdisk yang yang tidak terbaca komputer.

Namun, jika setelah menggunakan cara ini flashdisk kamu maih tidak terbaca, kamu harus coba lagi cara lain. Mungkin flashdisk kamu memiiki masalah lain.

Cara 6: Format Flashdisk di CMD

Jika ke lima cara di atas masih belum bisa atasi flashdisk kamu yang tidak terbaca, mungkin kamu harus format flashdisk tersebut. Caranya kamu bisa gunakan aplikasi CMD.

Setelah proses formating selesai, kamu cabut dan colokan kembali flashdisk kamu ke komputer. Jika berhasil maka flashdisk akan langsung terbaca.

Cara 7: Format Flashdisk dari Disk Management

Jika kamu tidak bisa format flashdisk menggunakan CMD, kamu bisa format dari disk Management. Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca melalui disk management adalah sebagai berikut:

Proses formating akan berlangsung secara otomatis. Data-data di flashdisk kamu akan hilang dan bersih tanpa tersisa. Jika ini berhasil, flashdisk kamu akan langsung terbaca oleh komputer.

Cara 8: Update Windows

Salah satu masalah flashdisk tidak terbaca, mungkin bisa jadi karena fungsi driver flashdisk diblokir oleh Windows yang tidak di update. Maka dari itu, cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca ini bisa kamu lakukan dengan update Windows komputer kamu.

Untuk update Windows komputer (PC), kamu membutuhkan jaringan internet yang bagus. Karena file Windows ini memiliki ukuran yang besar sehingga butuh waktu lama untuk update.

Cara 9: Ganti Flashdisk

Jika ke 8 cara tadi tidak bisa memperbaiki flashdisk kamu yang tidak terbaca, maka saya sarankan untuk ganti saja flashdisk kamu dengan yang baru. karena bisa dipastikan bahwa flashdisk kamu tersebut rusak, tidak bisa diperbaiki lagi.

Di pasaran ada banyak kok flashdisk dengan harga murah. Ketimbang ribet kamu perbaiki, lebih baik kamu ganti saja. Karena hampir sudah tidak mungkin kamu perbaiki. Toh 8 cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca yang saya uraikan di atas pun tidak bisa atasi kerusakannya.

Tips Merawat Flashdisk

Agar flashdisk yang kamu miliki tidak cepat rusak, maka kamu harus merawatnya dengan baik. Flashdisk yang tidak terbaca ini disebabkan oleh penggunaan yang tidak bagus. Sehingga ia mengalami kerusakan. Maka dari itu, agar tidak rusak kamu rawat dengan baik.

Cara merawat flashdisk, bisa kamu lakukan dengan cara berikut:

Nah itulah 9 cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan mudah. Silakan kamu digunakan untuk mengatasi atau memperbaiki flashdisk yang kamu miliki. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen di bawah.